10 Tips Tetap Sehat dan Bugar saat Traveling

Traveling memang menyenangkan karena kita bisa refreshing, menyaksikan tempat-tempat indah dan baru, mempelajari budaya masyarakat setempat, bahkan berkenalan dengan orang baru. Semuanya tentu menambah pengalaman kita jika kita rutin traveling. Namun, traveling juga kadang melelahkan karena harus merasakan jet lag, melalui aktivitas yang padat dan berat, bahkan bisa saja malah kurang istirahat. Tak jarang, terkadang kita kelelahan dan jatuh sakit karena traveling.

Sweet Couple tentu tak ingin momen traveling yang harusnya menyenangkan malah menjadi runyam karena sakit? Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar selama traveling. Apalagi di tengah maraknya wabah penyakit virus corona yang sudah mendunia termasuk di Indonesia, tentunya kita perlu waspada. Mau tau gimana tips sehat dan bugar saat traveling? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Olahraga sebelum, saat, dan sesudah traveling

Tips sehat dan bugar saat traveling yang pertama adalah olahraga. Ya, olahraga memang bertujuan untuk membuat tubuh kita lebih sehat dan kuat. Tak hanya itu, rutin olahraga juga membuat kita lebih bugar karena berkeringat dan melakukan metabolisme dalam tubuh. Gak ada salahnya untuk olahraga rutin, terutama sebelum, selama, dan sesudah traveling. Gak usah yang berat-berat, cukup jogging, jalan santai, atau senam di rumah. Itu aja udah bikin kalian lebih sehat dan bugar kok.

Lakukan pengecekan kesehatan/medical check up sebelum dan sesudah traveling bila perlu

Mengingat sedang marak kasus wabah virus korona yang mendunia, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan kesehatan/medical check up sebelum dan sesudah traveling. Hal ini biar Sweet Couple tahu kondisi kesehatan kalian. Gak mau kan saat traveling eh malah ketularan atau membawa penyakit? Yang ada malah bikin kita ribet sendiri. Jadi jangan malu untuk medical check up sebelum dan sesudah traveling ya Sweet Couple.

Baca Juga :  11 Tips Aman Naik Kendaraan Umum untuk Perempuan

Jangan terlalu banyak jajan kuliner sembarangan saat traveling

Ini dia yang sering dilanggar saat traveling. Mentang-mentang sedang traveling, Sweet Couple jadi terlalu banyak jajan kuliner sembarangan. Ya memang sih tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas setempat di destinasi traveling yang dikunjungi, tetapi jangan sampai berlebihan apalagi kalau kulinernya terlalu banyak yang gorengan, pedas, dan bersantan. Salah-salah nanti malah bisa sakit. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk tidak terlalu banyak jajan kuliner sembarangan saat traveling, apalagi jika tempatnya sangat kotor dan tidak higienis. Mending cari aman aja biar tetap sehar dan bugar selama traveling.

Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi saat traveling

Tips ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Biar Sweet Couple tetap sehat dan bugar selama traveling, jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi saat traveling. Walau sedang traveling, bukan berarti kalian abai dengan kebutuhan gizi dan nutrisi ya. Selalu konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran selama traveling. Jika susah, maka bisa beli di pasar/toko sayur-mayur dan buah setempat. Pastikan kondisinya yang segar agar manfaatnya tetap terasa saat kita konsumsi.

Terapkan gaya hidup bersih dan sehat saat traveling

Tips ini juga sering diabaikan oleh Sweet Couple selama traveling. Mentang-mentang traveling jadi kadang suka lupa cuci tangan, malas mandi, makan sembarangan, terlalu banyak kotor-kotoran, dan kurang istirahat. Padahal gaya hidup bersih dan sehat saat traveling itu penting loh agar tubuh kita tetap sehat dan bugar selama traveling. Selain itu, dengan gaya hidup bersih dan sehat pun kita juga jadi lebih nyaman selama traveling tanpe perlu takut terkena sakit penyakit. So, jangan lupa terapkan gaya hidup bersih dan sehat saat traveling ya Sweet Couple!

Baca Juga :  10 Ide Outfit Traveling untuk Perempuan

Istirahat yang cukup selama traveling

Tips berikut ini juga sering dilupakan oleh Sweet Couple kala traveling. Di manapun dan kapanpun, kita harus istirahat yang cukup. Kegiatan traveling biasanya memang menyita waktu dan tenaga, apalagi jika berada di outdoor. Oleh karena itu, seusai kegiatan traveling biasanya memang cukup melelahkan sehingga perlu waktu istirahat yang cukup. Luangkan waktu tidur 7-8 jam di malam hari saat traveling agar energi Anda terisi kembali dan Sweet Couple bisa kembali bugar untuk aktivitas esok hari.

Rutin minum air putih

Kayaknya banyak Sweet Couple yang suka lupa untuk minum air putih selama traveling. Pasti Sweet Couple lebih sering minum minuman rasa-rasa karena “mentang-mentang” lagi traveling. Padahal kita harus rajin dan rutin minum air putih karena air putih itu menyehatkan. Selain itu, rutin minum air putih membuat kita terhindar dari penyakit seperti kencing batu. Gak mau kan harus jatuh sakit dan bayar mahal hanya karena jarang minum air putih? Nah karena itu rajinlah untuk minum air putih secara rutin termasuk saat traveling ya Sweet Couple.

Konsumsi vitamin C agar tetap sehat dan bugar

Di musim rawan penyakit seperti ini, tips sehat dan bugar yang satu ini gak boleh diremehkan apalagi dilupakan. Vitamin C itu berguna banget untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh dari penyakit terutama di musim rawan penyakit. Vitamin C yang dikonsumsi gak harus selalu yang ada di toko-toko/pasaran, tetapi juga dari buah-buahan dan sayur mayur karena tingginya kandungan vitamin C di dalamnya. Selama traveling, vitamin C adalah kebutuhan wajib agar tubuh tetap sehat dan bugar serta terhindar dari penyakit.

Baca Juga :  [TRIVIA] Manfaat LDR yang Jarang Disadari

Bawa Obat-Obatan Pribadi selama traveling

Jika Sweet Couple takut tiba-tiba sakit atau kurang fit saat traveling, maka bawalah obata-obatan pribadi selama traveling. Bawa obat sesuai kebutuhan dan riwayat penyakit yang sering menghampiri Sweet Couple. Obat-obatan seperti obat maag, obat sakit kepala, obat batuk, obat flu, multivitamin, minyak kayu putih, obat tetes mata, dan obat luka merupakan obat yang lazim dan lumrah dibawa saat traveling terutama jika ada keadaan darurat.

Jika tidak enak badan, pertimbangkan kembali keputusan traveling

Tips terakhir adalah tips yang juga harus banget diperhatikan jika ingin traveling dengan sehat dan bugar. Jika Sweet Couple merasa tidak enak badan atau kurang fit, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan kembali keputusan traveling. Jangan terlalu memaksakan diri karena kesehatan dan fisik kalian yang utama. Jika kalian jatuh sakit, yang repot dan rugi adalah kalian sendiri. Intinya tetap perhatikan kesehatan kalian sebelum traveling ya.

Itulah tips untuk tetap sehat dan bugar selama traveling. Tentunya akan menyenangkan jika bisa traveling dengan keadaan tubuh yang sehat dan bugar. Oleh karena itu, selalu terapkan gaya hidup bersih dan sehat di manapun dan kapanpun kalian berada ya Sweet Couple. Kesehatan itu penting banget karena kalau sudah gak sehat malah susah untuk melakukan aktivitas, termasuk traveling. Gak mau kan?

Leave a Reply