5 Manfaat Seblak Bandung untuk Kesehatan

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang populer di berbagai daerah. Seringkali makanan ini dianggap tidak baik bagi kesehatan karena rasanya yang sangat pedas. Ciri khas seblak memang berupa cita rasanya yang pedas, tetapi terdapat juga berbagai manfaat seblak Bandung untuk kesehatan.

Khasiat seblak tidak hanya didapatkan dari bumbu cabai sebagai sumber vitamin C. Seblak juga mengandung asupan nutrisi lainnya yang bisa menyehatkan kondisi tubuh. Mau tahu apa saja manfaat seblak Bandung? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi seblak Bandung ternyata berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Mengapa demikian? Kandungan cabai sebagai bumbu utama seblak memiliki senyawa yang membuat jantung lebih sehat.

Pada dasarnya cabai memang memiliki berbagai khasiat. Tidak hanya memberikan vitamin C, tetapi cabai dapat mencegah risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Manfaat seblak Bandung selain menjaga kesehatan jantung adalah mencegah risiko kanker. Manfaat ini berasal dari cabai pada seblak.

Baca Juga :  Resep Seblak Makaroni Basah

Zat kapsiasin pada cabai mampu mematikan sel-sel kanker yang membahayakan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencicipi seblak kuah sesekali.

3. Manfaat Seblak Bandung sebagai Sumber Energi

Komponen seblak yang terdiri dari bakso, daging, dan sumber protein lainnya sangat bermanfaat untuk mengisi energi tubuh. Protein merupakan sumber energi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan karbohidrat dan lemak.

Asupan protein juga sangat penting untuk masa pertumbuhan. Selama mengonsumsi seblak secara tidak berlebihan, maka makanan tersebut memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

4. Manfaat Seblak Bandung sebagai Sumber Vitamin C

Manfaat seblak Bandung yang berikutnya berasal dari bumbu cabai, yaitu sumber vitamin C. Cabai merupakan buah yang kaya akan vitamin C.  Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal tersebut membuat daya tahan tubuh kita lebih terjaga. Vitamin C dari seblak juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang tidak menyadari kalau mengonsumsi seblak Bandung ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kebanyakan orang akan berkeringat saat makan seblak karena sensasi pedasnya. Hal tersebut membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga membakar kalori makanan di tubuh dan berpengaruh pada penurunan berat badan. Namun, bukan berarti Sweet Couple harus sering mengonsumsi seblak karena makanan yang pedas tersebut dapat merusak lambung jika dimakan terus-menerus.

Baca Juga :  Review Seblak Selingkuh CS Teh Dina ala Mgdalenaf

Itulah 5 manfaat seblak Bandung untuk kesehatan tubuh. Pada intinya, mengonsumsi seblak tidak sepenuhnya berbahaya. Bukan berarti juga kita dapat menyantap makanan ini secara berlebihan karena makanan pedas yang terlalu sering kita konsumsi dapat merusak lambung dan memicu masalah pencernaan.

Kalau mau mencoba makanan sedap ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkahnya pada artikel resep seblak Bandung. Selamat mencoba!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari steemit.com