Alasan Daging Sapi Tidak Boleh Dicuci!

Selama ini kita memang dianjurkan untuk selalu mencuci bahan-bahan makanan sampai bersih demi menjaga kesehatan.

Mencuci bahan pangan, seperti sayuran, buah, dan bahan-bahan protein memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Air bersih yang mengalir diharapkan mampu menghilangkan risiko bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Namun, ternyata tidak semua bahan makanan dianjurkan untuk dicuci.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Menjelang Iduladha, biasanya daging menjadi masakan rumahan di keluarga, terutama orang-orang yang mendapatkan kiriman daging kurban.

Penjelasan berikut ini sangat penting untuk diketahui supaya Anda tidak keliru ketika membersihkan daging, termasuk saat mengolah daging sapi kurban.

Alasan Daging Sapi Tidak Boleh Dicuci

Membersihkan daging sapi justru tidak disarankan untuk dicuci. Mengapa demikian? Simak penjelasan dan alasan daging sapi tidak boleh dicuci berikut ini!

1. Kandungan Nutrisi Berkurang

Kalau mempertimbangkan aspek kesehatan, mencuci daging bukan cara membersihkan daging yang tepat. Ternyata bukan tanpa alasan kalau ahli gizi sering menyarankan supaya kita tidak mencuci daging segar.

Baca Juga :  Resep Nasi Goreng Babat Rempah

Daging yang dicuci justru akan menghilangkan kandungan nutrisinya. Padahal, daging mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting untuk kesehatan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan daging sapi yang benar kalau bukan dicuci? Salah satu Tips membersihkan daging yang benar adalah dengan merebus daging sapi.

Kalau air rebusan mulai keruh karena kotoran daging, maka ganti dengan air baru dan seterusnya sampai daging dan air rebusan bersih.

Dengan begitu, kandungan nutrisi daging tidak akan hilang. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan asupan protein, lemak, kalsium, dan lain sebagainya.

2. Daging yang Dicuci akan Mengkerut

Alasan daging sapi tidak boleh dicuci yang berikutnya berhubungan dengan tekstur daging. Hingga saat ini banyak orang yang mencuci daging dengan maksud untuk menghilangkan kotoran.

Tahukah Anda kalau mencuci daging akan membuat daging mengkerut? Padahal, banyak orang yang menginginkan agar daging yang dimasak tetap segar dan lezat. Namun, daging menjadi lebih kaku setelah dicuci.

Kalau mau membersihkan daging dan tetap mempertahankan kesegarannya, sebaiknya cukup gunakan tissue. Anda bisa membasuh permukaan daging dengan tissue, terutama bagian yang masih menyisakan bercak darah.

3. Daging Bisa Terkontaminasi Bakteri di Air

Sebagian besar orang mencuci daging dengan tujuan menghilangkan bakteri. Namun, cara tersebut justru berakibat fatal. Mengapa demikian?

Baca Juga :  Resep Daging Lapis Kecap Praktis untuk Bekal Sekolah

Daging ternyata bisa terkontaminasi bakteri dari air. Ketika mencuci daging, seringkali kita membasuhnya dari satu permukaan ke permukaan lain.

Cara tersebut hanya akan memperluas risiko bakteri yang timbul dari air, tangan, dan peralatan dapur yang sedang digunakan.

Itulah 3 alasan daging sapi tidak boleh dicuci.

Cara Membersihkan Daging Sapi yang Benar

Setelah mengetahui alasan daging sapi tidak boleh dicuci, pastinya kita harus mengetahui cara membersihkan daging yang benar.

Ada beberapa tips membersihkan daging yang baik dan benar tanpa menghilangkan nutrisinya. Cara yang dianjurkan adalah merebus daging dan mengganti airnya kalau sudah kotor, membasuh daging dengan tissue, dan lap daging dengan baik bersih.

Simak tips lengkapnya di artikel Cara Membersihkan Daging Kurban yang Benar, Jangan Dicuci!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini