Inilah 4 Alasan Mangkuk Ayam Jago jadi Doodle Google

Sweet Couple yang sudah buka Google hari ini pasti sudah menemukan Gambar Mangkuk ayam Jago jadi Doodle Google. Sudah tahukah Anda alasan mangkuk ayam jago jadi Doodle google?

Pastinya banyak di antara Anda yang belum tahu dengan alasannya. Bagaimana bisa mangkuk ayam jago yang begitu fenomenal dan legendaris ini dijadikan gambar/doodle di mesin pencari Google?

Tentunya Google tidak sembarangan memilih sesuatu untuk dijadikan doodle di laman mesin pencari. Pasti ada alasan tersendiri yang membuat Google menjadikan mangkuk ayam jago jadi doodle Google.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Kira-kira apa saja ya alasannya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Alasan Mangkuk Ayam Jago jadi Doodle Google 1: Memiliki Sejarah Perjalanan yang Panjang Lebih dari 100 Tahun

Alasan pertama mangkuk ayam jago jadi Doodle Google pada 12 September 2022 yakni memiliki sejarah perjalanan yang panjang lebih dari 100 tahun.

Baca Juga :  Resep Bakso Lohoa Ayam Udang

Ya, sudah setua ini mangkuk fenomenal ini ada di dunia. Awal mulanya, mangkuk ini berasal dari Guandong Cina dan dibuat oleh orang keturunan Hakka.

Selanjutnya, mangkuk ini kemudian diproduksi massal oleh sejumlah pengusaha pabrik keramik di kawasan Lampang, Thailand. Sejak itulah, mangkuk ini menjadi banyak dan ditemui di hampir seluruh kawasan Asia Tenggara.

Simak sejarah mangkuk ayam jago di sini untuk lebih lengkapnya.

Alasan Mangkuk Ayam Jago jadi Doodle Google 2: Sangat Populer di Asia Timur dan Asia Tenggara

Alasan mangkuk ayam jago jadi doodle google yang kedua yakni mangkuk ini sangat populer di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara. Hal ini tentunya tak lepas dari awal mula perjalanan si mangkuk dari kawasan Cina dan Thailand yang berlanjut hingga ke seantero Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, mangkuk ayam jago ini sangat terkenal dan mudah ditemukan di mana-mana. Mulai dari pedagang kaki lima, warung makan sederhana, hingga restoran. Biasanya, mangkuk ini digunakan untuk menyantap mie ayam, bakso, bubur, dan soto atau makanan berkuah lainnya.

Alasan Mangkuk Ayam Jago jadi Doodle Google 3: Didaftarkan oleh Pemerintah Thailand sebagai Produk Geografis

Alasan mangkuk ayam jago jadi doodle google berikutnya yakni memperingati 9 tahun didaftarkannya mangkuk tersebut oleh Pemerintah Thailand sebagai produk geografis dari Provinsi Lampang.

Baca Juga :  Resep Bakso Ayam Super Praktis

Ya, mangkuk ayam jago ini didaftarkan sebagai produk geografis Lampang pada 12 September 2013. Adapun tanggal 12 September 2022 jatuh pada hari Senin ini.

Hal ini menandakan bahwa pemerintah Thailand menyadari mahakarya itu sebagai salah satu produk unggulan negara mereka sehingga mereka merasa perlu memberikan hak cipta kekayaan intelektual.

Google juga menyadari bahwa mangkuk ini merupakan suatu warisan yang berhasil membentuk budaya dan gaya hidup masyarakat di wilayah tersebut.

Alasan Mangkuk Ayam Jago jadi Doodle Google 4: Memiliki Makna Filosofis yang Mendalam

Alasan lain dari pemilihan mangkuk ayam jago jadi Doodle Google pada hari ini karena gambar pada mangkuk ini memiliki makna filosofis yang mendalam.

Awalnya, mangkuk ini putih polos biasa. Namun, selanjutnya dibawa ke distrik Pang Khey untuk diberi warna.

Gambar di mangkuk tersebut berupa ayam jago dengan leher dan badan merah, ekor dan kaki hitam di atas rumput hijau, ditambah adanya bunga peoni ungu dan daun pisang hijau.

Gambar ayam jago tersebut melambangkan kerja keras dari orang yang membuat dan memakainya. Sedangkan daun pisang dan bunga peony melambangkan adanya mimpi dan keuntungan yang bagus bagi setiap insan yang memakainya.

Baca Juga :  Resep Baso Aci Kenyal Asli Jawa Barat

Luar biasa ya makna filosofis di dalamnya? Tak heran jika Google pun membuat si mangkuk ini terlihat istimewa.

Itulah 4 alasan mangkuk ayam jago jadi doodle google pada hari ini. Sudah paham kan alasannya? Rupanya mangkuk ini memang istimewa dan layak menjadi atensi dunia atas reputasinya.

Yuk makan dengan mangkuk ayam jago!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari makassar.tribunnews.com