Asal-Usul Saus Teriyaki yang Terkenal di Dunia

Teriyaki merupakan teknik memasak yang populer di Jepang untuk mengolah daging ayam dan sapi. Teknik memasak ini tidak hanya terkenal di Jepang, tetapi semakin mendunia, termasuk di Indonesia.

Masakan teriyaki memang disukai oleh banyak orang. Sweet Couple pastinya tidak asing lagi dengan ayam teriyaki, beef teriyaki, dan lain sebagainya.

Meskipun masakan dengan saus teriyaki digemari oleh banyak orang, tapi pernahkah Anda mencari tahu asal-usul saus teriyaki?

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Hingga saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui sejarah saus teriyaki. Kalau ditanya, pasti hampir semua orang hanya mengetahui kalau saus teriyaki berasal dari Jepang. Namun, apakah saus ini pertama kali diracik oleh orang Jepang?

Simak sejarah teriyaki selengkapnya berikut ini!

Asal-Usul Saus Teriyaki

Teriyaki memang berawal dari budaya kuliner di Jepang. Bahkan, makanan ini sejak awal ditemukan menjadi masakan sehari-hari.

Dilansir dari Bobo.grid.id, teriyaki pertama kali diperkenalkan pada abad ke-17 ketika imigran Hawai datang ke Jepang.

Pada waktu itu, para imigran dari Hawai mengolah makanan dari bahan-bahan seadanya di Jepang, seperti kecap dan mirin.

Berawal dari eksperimen mencampurkan kecap dan mirin, maka tercipta saus teriyaki yang dilumuri pada bahan protein, yaitu ayam atau daging sapi.

Baca Juga :  Resep Telur Kribo ala Tiktok untuk Buka Puasa

Sejak awal kemunculannya, daging ayam atau sapi memang menjadi bahan utama yang paling cocok untuk dimasak dengan teriyaki.

Teriyaki mulai Terkenal di Negara Barat

Bermula sebagai makanan khas Jepang, teriyaki akhirnya mulai dikenal oleh orang-orang dari berbagai negara, termasuk di Eropa.

Seiring dengan perkembangan waktu, penduduk di kawasan Eropa mulai mencoba dan menyukai teriyaki. Teriyaki ala Western lebih sering menggunakan daging merah. Sweet Couple pastinya sangat familiar dengan beef teriyaki.

Masakan Teriyaki di Indonesia

Teriyaki juga menjadi santapan favorit masyarakat Indonesia. Saat ini berbagai restoran Jepang menyajikan menu teriyaki. Bahkan, beberapa restoran menjadikan makanan tersebut sebagai menu best seller mereka.

Beef dan ayam teriyaki juga sering disajikan sebagai masakan rumahan. Resep Ayam atau beef teriyaki memang cukup sederhana. Salah satu rekomendasi yang mudah untuk dicoba adalah resep ayam teriyaki saori.

Ada juga beberapa ide masakan teriyaki lainnya, seperti resep salmon panggang teriyaki dan resep sosis teriyaki.

Itulah asal-usul teriyaki yang sebenarnya.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini