Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Bau Amis

Ikan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Ikan berperan penting sebagai sumber protein tubuh. Tidak heran kalau ikan selalu menjadi Rekomendasi makanan sehat.

Sweet Couple pastinya tidak asing dengan aneka olahan ikan, seperti ikan tongkol balado, pindang patin, dan lain sebagainya. Baik ikan laut maupun ikan tawar mengandung omega 3 yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Banyak orang yang menyukai olahan ikan, tetapi jarang mengonsumsinya karena dianggap sulit untuk dimasak. Salah satu kendala yang dialami banyak orang saat mengolah ikan, yaitu mencuci atau membersihkan ikan agar tidak bau amis.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

4 Langkah dan Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Bau Amis

Sweet Couple tidak perlu khawatir saat mengolah ikan karena terdapat beberapa Tips atau cara membersihkan ikan agar tidak bau amis. Simak dan ikuti cara membersihkan ikan selengkapnya berikut ini.

1. Cuci Bersih Ikan

Cara membersihkan ikan yang pertama kali harus dilakukan adalah mencucinya dengan air dingin yang mengalir. Anda bisa mencucinya di bawah air keran dan tidak biarkan aliran air keran terus mengalir kecil.

Setelah itu bersihkan sisik bagian luar menggunakan pisau tajam. Membersihkan sisik ikan yang benar dimulai dari bagian ekor ditarik ke arah kepalanya.

Baca Juga :  Inilah 6 Ikan Laut yang Bergizi dan Sehat

2. Belah Perut Ikan

Setelah membersihkan sisik ikan, Anda harus membelah perut ikan dan membersihkan bagian dalamnya. Belah perut ikan dan keluarkan bagian dalamnya. Cara membersihkan ikan yang satu ini memang cukup krusial dan wajib dilakukan.

Saat mengeluarkan bagian dalam perut ikan, Anda harus berhati-hati supaya empedunya tidak pecah. Cairan empedu ikan yang pecah akan membuat daging ikan pahit.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian insangnya. Bukalah sedikit bagian kepala ikan, keluarkan insangnya dan cuci bagian kepala ikan agar semua kotoran terangkat.

3. Cuci Kembali Sampai Bersih

Setelah bagian perut dan insang sudah dipisahkan, Sweet Couple perlu mencuci kembali ikan sampai bersih, mulai dari bagian luar sampai ke dalamnya.

4. Memberi Perasan Air Jeruk

Cara membersihkan ikan yang terakhir ini cukup penting. Pada dasarnya semua jenis ikan memang memiliki bau yang amis. Kalau Sweet Couple benar-benar ingin menghilangkan bau amis pada ikan, maka balurkan ikan air jeruk nipis dan rendam sekitar 15 menit.

Kemudian cuci lagi kalau Anda ingin menyimpannya di kulkas. Selain air jeruk nipis, Anda bisa juga menghilangkan bau amis ikan dengan cuka.

Baca Juga :  7 Macam Sambal Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Itulah 4 langkah atau cara membersihkan ikan yang benar supaya tidak bau amis. Setelah ikan dibersihkan dengan benar, Sweet Couple dapat mengolahnya menjadi berbagai hidangan lezat.

Anda tidak perlu khawatir lagi dengan olahan ikan yang sudah dibersih total. Anda bisa berkreasi sepuasnya membuat aneka hidangan berbahan dasar ikan, seperti resep ikan tongkol balado, resep pindang patin, resep ikan tenggiri bumbu kuning, dan masih banyak lagi.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Medicillin.com