5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet dan Tidak Rusak

Saat Hari Raya Idul Adha, banyak di antara kita yang mungkin mendapatkan daging kurban. Biasanya dagingnya adalah kambing dan sapi. Ada juga yang memberikan daging kurban untuk orang lain yang membutuhkan. Apapun itu, semuanya baik.

Sebagian besar orang akan menyimpan daging kurban dalam kulkas sebelum diolah menjadi aneka ragam masakan khas Idul Adha yang lezat.

Daging Kurban yang telah diperoleh memang sebaiknya disimpan di dalam kulkas atau freezer. Hal ini agar daging tetap awet, tidak basi, dan tidak mudah rusak. Sayang sekali kan jika daging kurban menjadi basi?

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Walau sudah disimpan di dalam kulkas, tetapi ada beberapa hal yang perlu Sweet Couple perhatikan. Jangan sampai sudah disimpan dalam kulkas, tetapi tetap tidak awet karena ada kesalahan yang kita lakukan.

Inilah tips dan trik 5 cara menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan tidak rusak.

1. Simpan Daging Kurban Tanpa Dicuci

Sebelum menyimpan daging kurban ke dalam kulkas, jangan mencucinya. Mengapa demikian? Hal ini karena air bisa membawa bakteri dan kuman ke permukaan daging. Selain itu, bila dicuci akan membuat daging menjadi semakin beraroma tidak sedap. Air juga mampu merusak serat daging sehingga kualitas daging akan menurun.

Baca Juga :  Resep Tongseng Ayam Kuah Segar

Anda tentu tidak mau kan bila daging kurban menjadi tidak layak olah? Alangkah baiknya untuk mencuci daging bila sudah dikeluarkan dari dalam kulkas dan saat hendak dimasak.

2. Letakkan Daging Kurban di Permukaan yang Bersih

Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang seringkali luput dari perhatian kita yakni kita langsung sembarangan saja meletakkannya. Yang terpenting bisa masuk ke dalam kulkas. Padahal hal itu salah.

Anda harus meletakkan daging kurban di permukaan yang bersih. Perhatikan permukaan freezer kulkas/wadah. Jangan sampai daging terkontaminasi bakteri karena kita meletakkannya di permukaan yang kurang bersih.

3. Potong Daging dan Simpan Daging Kurban Sesuai Porsi

Sebelum menyimpan daging kurban di kulkas, potonglah daging terlebih dahulu. Potong sesuai porsi yang biasa Anda konsumsi.

Jangan memasukkannya ke dalam kulkas langsung dalam bentuk utuh yang besar. Kulkas akan lebih mudah penuh. Selain itu, memotong daging mempermudah Anda saat akan menyiapkan daging kurban untuk diolah/dimasak. Potongan daging beku yang berukuran kecil akan lebih mudah cair dan melunak dibanding yang berukuran besar.

4. Masukkan Daging Kurban Dalam Wadah Kedap Udara

Cara menyimpan daging kurban di kulkas tentu tidak serta meletakkannya begitu saja. Alangkah baiknya untuk memasukkan daging kurban ke dalam wadah kedap udara. Selain lebih rapi, juga membuat kulkas tidak terlalu berbau daging. Area kulkas juga tidak penuh dengan daging sehingga bisa untuk menyimpan bahan makanan lain.

Baca Juga :  5 Masakan India Super Populer di Dunia

Usahakan untuk menggunakan wadah yang sudah berbahan food grade agar kualitas daging kurban tetap terjaga. Jadi lebih aman deh bila hendak mengolah dan mengonsumsinya nanti.

5. Jangan Sering Buka Tutup Kulkas

Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang seringkali terlupakan oleh Sweet Couple yakni jangan membuka tutup kulkas terlalu sering, khususnya di area freezer tempat Anda menyimpan daging kurban.

Semakin sering dibuka, suhu di dalam kulkas akan lebih cepat berubah. Yang seharusnya bersuhu dingin, menjadi tidak terlalu dingin. Hal ini bisa mengganggu proses pembekuan dan penyimpanan daging. Bisa-bisa kualitas daging kurban akan menurun.

Tak hanya itu, pintu kulkas yang sering dibuka-tutup membuat peluang bakteri, kuman, dan virus untuk masuk ke dalam kulkas menjadi lebih besar. Tak mau kan daging kurban terkontaminasi bakteri?

Itulah 5 cara menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan tidak rusak. Mudah bukan? Tak perlu usaha keras atau biaya mahal untuk menyimpannya.

Setelah disimpan, maka daging kurban siap diolah menjadi hidangan hari raya yang lezat seperti Tongseng Kambing ataupun Gulai Kambing.

Jadi, simpan daging kurban dengan baik dan benar yuk!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Baca Juga :  Resep Kari Kambing Spesial Idul Adha

Artikel disadur dari kompas.com dan lifestyle.kompas.com