Cara Ungkep Ayam dengan Benar. Seperti Beli di Warung!

Suka makan ayam? Suka masak ayam? Pastinya Sweet Couple yang suka makan dan masak ayam tidak asing lagi dengan ungkep ayam. Ya, teknik masak ini adalah merebus ayam dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah agar menyerap ke dalam daging. Semakin meresap, maka semakin lezat ayam tersebut.

Biasanya, kita akan melakukan teknik ungkep ini saat akan membuat ayam goreng bumbu atau ayam bakar. Keduanya membutuhkan bumbu yang meresap hingga ke dalam agar citarasa dagingnya lezat. Buat yang sering makan ayam di warung atau rumah makan, pasti merasa kalau ayam buatan mereka bumbunya benar-benar meresap sempurna.

Kita seringkali kecewa saat melakukan teknik ungkep ayam sendiri. Hal ini karena kita merasa sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi saat disantap ternyata bumbunya masih kurang meresap. Alhasil acara makan ayam menjadi kurang nikmat.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Kalau begini, apa sih yang perlu dibenahi? Pasti ada cara yang kurang tepat saat melakukan teknik ungkep ayam. Oleh karena itu, kami akan memberikan Sweet Couple tips cara ungkep ayam dengan benar. Dijamin, hasilnya akan seperti membeli ayam di warung makan favorit Anda.

Penasaran seperti apa? Langsung saja simak ulasan lengkap tips cara ungkep ayam dengan benar berikut ini!

1. Buatlah potongan ayam menjadi berukuran kecil

Siapa di sini yang mengolah ayam langsung benar-benar utuh dengan ukuran besar tanpa dipotong-potong? Atau kalaupun dipotong, masih berukuran besar. Jika masih seperti itu, maka alangkah baiknya untuk memotong ayam menjadi ukuran yang lebih kecil.

Dengan ukuran ayam yang lebih kecil, maka bumbu-bumbu rempah akan lebih mudah terserap saat diungkep. Semakin tebal daging dan semakin besar, maka bumbu akan lebih sulit untuk terserap. Alhasil, citarasanya hanya bertahan di bagian permukaan. Kurang mantap kan?

Selain itu, ukuran ayam yang lebih kecil juga mempermudah kita saat menyantapnya. Bayangkan jika menyantap potongan ayam yang besar? Pasti sulit dan sudah klenger duluan.

2. Buat bumbu halus secukupnya

Untuk melakukan teknik ungkep ayam, tentunya Anda memerlukan bumbu-bumbu halus dari beragam rempah. Bumbu halus inilah yang mampu memperkaya citarasa ayam. Bahan yang digunakan untuk mengungkep ayam biasanya bawang merah, bawang putih, jahe, serai, lengkuas, kunyit, kemiri, ketumbar, dan daun salam.

Baca Juga :  Resep Soto Ayam Bening yang Segar dan Bikin Hangat

Untuk menghaluskan bumbu-bumbu halus tersebut, Anda bisa menggunakan cobek dan diulek karena akan lebih terasa ketimbang diblender.

Bumbu halus yang disiapkan untuk mengungkep ayam juga tak perlu banyak-banyak. Gunakan secukupnya saja. Jika terlalu banyak, maka bumbu akan medok dan rasa ayam menjadi terlalu berbumbu. Baunya juga akan menjadi terlalu kuat. Selain itu, bumbu yang terlalu banyak malah membuatnya jadi lama teresap dan keburu kering di permukaan lalu menguap. Sayang sekali kan?

3. Simpan ayam dalam kulkas semalaman

Salah satu cara ungkep ayam agar bumbunya teresap sempurna yakni dengan menyimpannya dalam kulkas semalaman. Tentunya, Anda harus membumbui dan menggorengnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Cukup goreng sampai agak mendidih dan dinginkan. Selanjutnya, masukkan ke dalam plastik kedap udara bersama kuah bumbu dan simpan dalam kulkas bagian bawah (bukan freezer) selama semalaman. Esoknya, dijamin bumbu ayam sudah meresap dengan sempurna dan siap dimasak.

4. Gunakan api kecil saat ungkep ayam

Jika Sweet Couple sedang melakukan ungkep ayam,maka masaklah dengan api berukuran kecil. Metode ini biasa juga disebut slow cooking. Hal ini bertujuan agar bumbu semakin meresap ke dalam daging ayam karena melalui proses memasak yang lama.

Baca Juga :  Resep Ayam Woku Manado Pedas

5. Gunakan air secukupnya

Jangan berlebihan menggunakan air saat merebus ayam selama proses ungkep. Hal ini karena ayam biasanya akan mengeluarkan cairan ketika direbus. Air yang berlebihan saat direbus bisa menutup rasa bumbu yang sudah terserap dalam daging ayam.

Khusus Sweet Couple yang menggunakan ayam kampung, gunakan air agak banyak karena proses merebusnya lebih lama sampai tekstur ayam melunak.

Itulah sejumlah tips cara ungkep ayam yang benar. Semuanya mudah dipraktikkan di rumah. Anda tak usah takut lagi untuk gagal dalam mengungkep ayam.

Kalau begini sih, jadi tertarik untuk membuat aneka resep ayam untuk olahan di rumah ya.

Kira-kira mana cara ungkep ayam favorit Sweet Couple?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari happyfresh.id