5 Fakta Teriyaki, Masakan Jepang yang Terkenal

Sweet Couple pencinta makanan serba teriyaki? Penggemar masakan teriyaki memang cukup banyak karena rasanya yang menggugah selera.

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan, seperti ayam teriyaki saori, beef teriyaki, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada beberapa fakta teriyaki yang belum diketahui oleh banyak orang. Teriyaki sebenarnya bukan jenis atau nama masakan. Namun, teriyaki merupakan teknik memasak yang berasal dari Jepang.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Mau tahu apa saja fakta unik tentang teriyaki? Simak 5 fakta teriyaki berikut ini!

1. Teriyaki Bukan Nama Masakan

Selama ini masih banyak orang yang keliru dan mengira kalau teriyaki merupakan nama masakan, sama seperti nasi goreng atau sate ayam taichan. Padahal, teriyaki bukan nama masakan.

Teriyaki merupakan sebuah cara atau teknik memasak yang berasal dari Jepang. Bahan utama yang dimasak dilapisi atau dicampur dengan saus teriyaki. Teriyaki merupakan kecap yang dicampur dengan mirin.

Teknik memasak teriyaki biasanya digunakan untuk memasak ayam dan daging sapi. Namun, ada juga beberapa modifikasi masakan yang menggunakan teriyaki, seperti ikan salmon dan sosis.

Baca Juga :  Resep Garang Asem Ayam Kampung

Jangan lupa coba resep salmon panggang teriyaki dan resep sosis teriyaki!

2. Teriyaki Berarti Bersinar

Fakta teriyaki yang selanjutnya ini belum diketahui oleh banyak orang. Istilah teriyaki ternyata mempunyai arti yang unik. Kata Teri berarti bersinar dan Yaki artinya dipanggang atau dibakar.

Sebutan ini diberikan karena makanan yang diolah dengan teknik teriyaki tampak bersinar dan keemasan dari kandungan gula karamelnya.

3. Teriyaki Pertama Kali Muncul di Jepang

Fakta teriyaki yang satu ini sebenarnya sudah diketahui oleh sebagian besar orang. Ya, teriyaki memang pertama kali disajikan di masyarakat Jepang. Namun, bagaimana asal-usul munculnya teriyaki yang sebenarnya? Simak fakta nomor 4!

4. Teriyaki Pertama Kali Diperkenalkan oleh Imigran Hawai

Dilansir dari Bobo.grid.id, teriyaki pertama kali diperkenalkan pada abad ke-17 ketika imigran Hawai datang ke Jepang.

Saat itu, para pendatang dari Hawai mengolah makanan dari bahan-bahan seadanya di Jepang, seperti kecap dan mirin.

Setelah melalui berbagai tahapan percobaan memasak, lahirlah teknik memasak lezat yang menjadi masakan teriyaki.

Seiring dengan perkembangan waktu, teriyaki mulai dikenal di kawasan Asia hingga ke negara-negara Barat. Orang-orang di Eropa lebih sering memasak teriyaki menggunakan daging merah.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Tanpa Ungkep

5. Teriyaki ala Indonesia

Saat ini teriyaki semakin terkenal di Indonesia. Banyak restoran Jepang di Indonesia yang menyajikan beef dan chicken teriyaki. Bahkan, beberapa menu best sellers di restoran tersebut merupakan beef teriyaki atau chicken teriyaki.

Teriyaki ala masakan Indonesia biasanya menggunakan tambahan bumbu, yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, dan irisan bawang bombai. Oleh karena itu, rasanya sedikti otentik dengan masakan nusantara.

Itulah 5 fakta teriyaki yang menarik untuk diketahui. Salah satu rekomendasi menu yang paling mudah untuk dimasak sendiri adalah resep ayam teriyaki saori. Selamat memasak!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini