5 Fakta Unik Jakarta Wajib Tahu. Nomor 5 Sering Salah Kaprah!

Tepat hari ini 22 Juni, Ibukota negara Indonesia, Jakarta kembali berulang tahun. Tak lengkap rasanya jika tak membahas fakta unik Jakarta di hari ulang tahunnya ini.

Sebagai kota terbesar di Indonesia dan ibukota negara, tentunya Jakarta memiliki beragam fakta unik. Mulai dari sejarahnya, isi kotanya, penduduknya, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang punya “love-hate relationship” dengan Jakarta. Kadang ia begitu dicinta dan diincar terutama oleh mereka yang mencoba mencari peruntungan. Kadang ia begitu dibenci di saat terjadi banyak masalah seperti kemacetan, banjir, dan polusi.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Di usianya yang sudah tak lagi muda, Jakarta tetap memiliki jiwa muda dengan berbagai kemajuan yang ada di dalamnya. Apapun itu, Jakarta selalu punya daya tarik tersendiri yang mampu membius banyak orang untuk mendatanginya.

Biar makin kenal dengan Jakarta, maka alangkah baiknya Sweet Couple untuk mengetahui 5 Fakta Unik Jakarta berikut ini. Mungkin sebagian sudah diketahui oleh Anda, tetapi mungkin ada juga yang belum diketahui.

Kira-kira apa saja ya? Daripada berlama-lama, yuk simak ulasan lengkap fakta unik Jakarta berikut ini!

Fakta Unik Jakarta 1: Berganti Nama Sampai 15 Kali

Fakta unik Jakarta yang pertama adalah rupanya kota ini sudah pernah berganti nama hingga berkali-kali. Jumlahnya tak tanggung-tanggung loh. Bayangkan saja, sepanjang perjalanan hidupnya kota ini sudah berganti nama hingga 15 kali. Banyak banget kan?

Baca Juga :  7 Fakta Sarinah Mal Pertama di Indonesia

Awal mulanya, Jakarta dikenal dengan nama Sunda Kelapa dan nama tersebut diabadikan menjadi nama pelabuhan di Jakarta saat ini. Kemudian, pada 22 Juni 1527 berganti nama menjadi Jayakarta.

Selanjutnya, pada 1621 berganti nama menjadi Stad Batavia. Pada 1905 menjadi Gemente Batavia dan Stad Gemente Batavia. Pada 1945 menjadi Jakarta Toko Betsu Shi.

Pada 1950 kembali menjadi Stad Gemente Batavia. Pada 24 Maret 1950 menjadi Kota Pradja Jakarta, lalu Kota Praja Djakarta Raya (18 Januari 1958), Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya (1961), Jakarta (1964), dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sejak 1999 hingga sekarang.

Fakta Unik Jakarta 2: Kota dengan Mal dan Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Indonesia

Kalau fakta unik Jakarta yang satu ini sih sepertinya sudah banyak yang tahu ya. Sebagai ibukota negara sekaligus kota terbesar di Indonesia, Jakarta menjadi kota dengan Mal dan Gedung Pencakar Langit terbanyak di Indonesia, bahkan mungkin di dunia.

Dilansir dari IDNTimes, Jakarta memiliki 173 pusat perbelanjaan. Jumlah yang sangat fantastis bukan? Tak heran banyak yang menjadikan Jakarta sebagai salah satu surga belanja apalagi dengan kehadiran aneka brand baik lokal maupun internasional di setiap malnya.

Bukan hanya malnya yang banyak, gedung pencakar langitnya pun tak kalah banyak. Menurut Skyscrapercenter.com, Jakarta ada di urutan ke-14 kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia. Pantas saja ya banyak bangunan tinggi di kota ini.

Baca Juga :  Rekor Baru! Indonesia Negara Terindah di Dunia

Walau begitu, terkadang kehadiran mal dan gedung pencakar langit ini sekarang dianggap sudah terlalu berlebihan karena menimbulkan masalah seperti penurunan muka tanah, penyedotan air tanah yang berlebih, dan masih banyak lagi.

Fakta Unik Jakarta 3: Punya Julukan “Big Durian”

Fakta unik Jakarta yang satu ini mungkin ada yang sudah pernah mengetahuinya. Kota ini sering dijuluki sebagai “Big Durian” alias Durian Besar. Julukan ini kebanyakan diberikan oleh warga negara asing yang datang ke Jakarta.

Jika New York dijuluki “Big Apple”, maka Jakarta dijuluki “Big Durian”. Hal ini disebabkan Jakarta ini seperti Durian, banyak yang suka tetapi juga banyak yang benci. Keharumannya mampu membuat siapapun terbius untuk mendatanginya atau menjauhinya, terutama ketika sudah “masuk” ke dalamnya.

Intinya mungkin hanya sebagian saja yang bisa jatuh cinta dan tergila-gila dengan Jakarta. Kalau Sweet Couple cinta atau tidak nih dengan Jakarta?

Fakta Unik Jakarta 4: Logo Provinsi DKI Jakarta Hasil Karya Gubernur ke-6

Sweet Couple yang kebetulan merupakan warga DKI Jakarta atau bekerja di instansi pemerintahan Provinsi DKI Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan logo Provinsi DKI Jakarta kan?

Tahukah Anda bahwa logo provinsi yang digunakan oleh DKI Jakarta saat ini merupakan hasil karya Gubernur DKI Jakarta ke-6 yaitu Hendrik Hermanus Joel Ngantung (Henk Ngantung).

Logo tersebut berbentuk perisai dengan garis kuning di sekitarnya. Terdapat tulisan Jaya Raya di bagian atasnya. Di dalam logo tersebut juga terdapat Tugu Monumen Nasional (Monas), Padi, Kapas, Air dengan latar belakang warna biru.

Baca Juga :  10 Potret Sarinah Jakarta Zaman Now yang Semakin Glow dan Instagrammable

Rupanya, makna dari logo tersebut ialah:

  1. Jakarta sebagai kota revolusi dan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  2. Jakarta sebagai lbu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Fakta Unik Jakarta 5: Monas Bukan Maskot Ibukota

Jika ditanya mengenai maskot ibukota negara alias Jakarta, maka akan banyak orang yang menyebut Monas. Padahal Monas bukanlah maskot dari Jakarta loh.

Tahukah Anda bahwa Maskot dari Jakarta bukanlah Monas seperti yang selama ini dipikir oleh banyak orang? Maskot sesungguhnya dari Jakarta adalah Elang Bondol dan Salak Condet. Pasti banyak yang belum tahu dengan fakta unik Jakarta yang satu ini kan?

Hal ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 1796 Tahun 1989 oleh Gubernur Jakarta saat itu, Ali Sadikin. Maskot ini mungkin bisa dilihat jika Anda bepergian keliling Jakarta dengan Bus Transjakarta karena sering dijadikan stiker di badan bus.

Itulah 5 fakta unik Jakarta yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Dengan demikian, Sweet Couple jadi semakin tahu dan paham tentang Jakarta kan? Jadi bukan sekadar jadi warga atau pekerja di sini, tetapi juga paham akan wawasannya.

Sekali lagi selamat ulang tahun Jakarta! Semoga panjang umur, sehat warganya, sehat juga kotanya! Jayalah Jakarta!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari idntimes.com, travel.okezone.com, dan gensindo.sindonews.com