Inilah Gizi Sosis Bakar yang Harus Anda Ketahui

Sosis bakar memang identik sebagai hidangan pesta barberque saat merayakan malam tahun baru, ulang tahun, dan lain sebagainya. Olahan daging sapi ini pada awalnya lebih populer di negara-negara Barat. Kini sosis bakar sangat terkenal dan digemari banyak orang dari berbagai negara.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, ternyata sosis yang dibakar memiliki kandungan gizi tersendiri. Sweet Couple pencinta sosis bakar? Yuk, ketahui gizi sosis bakar.

Kandungan Gizi Sosis

Sebelum membahas kandungan gizi sosis bakar, kita perlu mengetahui komponen gizi pada sosis yang belum dibakar. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), sosis yang ideal setidaknya mengandung 13% protein, lemak 25%, dan karbohidrat maksimal 8%.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Tidak bisa dipungkiri bahwa sosis mengandung kadar lemak, kolesterol, dan garam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Sweet Couple harus mengonsumsi sosis secukupnya atau tidak berlebihan.

Kandungan Gizi Sosis Bakar

Sosis yang dibakar tentunya tidak kehilangan kandungan gizi protein, lemak, dan karbohidrat. Kandungan gizi tersebut tetap bermanfaat ketika Anda mengonsumsi sosis bakar. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat sosis bakar agar tetap menjaga kesehatan.

Sosis bakar merupakan olahan daging. Olahan daging yang dibakar dengan suhu tinggi dapat memecah asam amino kreatin (asam amino yang terdapat pada otot) menjadi zat kimia heterocyclic amines (HCAs) yang bersifat karsinogenik. Heterocyclic amines merupakan senyawa kimia yang muncul dari daging yang diproses atau dimasak pada suhu tinggi.

Baca Juga :  Resep Muffin Merah Putih

Sosis bakar yang dimasak sampai berubah warna menjadi kehitaman ternyata banyak mengandung HCAs. Oleh karena itu, Sweet Couple perlu memperhatikan suhu dan lamanya waktu memasak. Membakar sosis dengan suhu yang lebih rendah memang membutuhkan waktu yang lebih lama karena apinya tidak terlalu panas.

Pada intinya sosis bakar merupakan makanan yang tetap bergizi asalkan dimasak dengan benar. Kalau ingin menyantap sosis bakar, Sweet Couple dapat mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah memasak pada artikel resep sosis bakar. Selamat mencoba resepnya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel gizi sosis bakar disadur dari foodforkids