Kalori Tumis Buncis yang Wajib Kalian Tahu

Tumis buncis memang makanan yang lezat. Banyak yang menyukainya karena tumisan ini murah meriah, mudah didapat, dan juga mudah dimasak. Soal rasa, juga sudah pasti enak dengan citarasa khas tumis yang berbumbu dan aroma yang menggugah selera.

Sweet Couple pasti tahu jika tumis buncis merupakan hidangan sayuran. Bahan utamanya tentu saja tanaman buncis. Sudah banyak yang tidak asing dengan buncis karena memang bisa dijadikan beragam resep masakan super lezat.

Buncis sendiri biasanya berbentuk panjang dan memiliki tekstur kulit yang renyah apalagi jika hanya dimasak sebentar. Dengan warna hijau dan bentuknya yang khas, buncis begitu mudah dikenali saat belanja di pasar maupun supermarket.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Buncis juga memiliki sejumlah kandungan gizi di dalamnya. Buncis mengandung vitamin, mineral, dan serat. Di dalamnya juga mengandung asam folat yang cocok untuk meningkatkan kesuburan laki-laki.

Dengan kandungan tersebut, tak heran jika buncis memiliki sejumlah manfaat mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, bahkan hingga mencegah depresi loh. Luar biasa sekali ya manfaat dari buncis ini.

Sebagai bahan makanan yang dipercaya mampu menurunkan berat badan, maka sudah pasti buncis cocok banget untuk Sweet Couple yang sedang diet. Ngomongin soal ini, tentu ada kaitannya dengan kandungan kalori dalam buncis. Berapa sih kandungannya?

Baca Juga :  Resep Kangkung Crispy ala Masterchef Devina Hermawan

Apakah sama antara kandungan kalori buncis dan kandungan kalori tumis buncis? Lebih baik mengonsumsi yang mana jika ingin diet? Daripada penasaran, simak saja langsung ulasannya berikut ini!

Kandungan Kalori Buncis

Buat yang sedang ingin diet atau program menurunkan berat badan, tak usah ragu untuk mengonsumsi buncis. Pasalnya buncis merupakan makanan yang rendah kalori dan berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Menurut data dari Tabel Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buncis terdapat kandungan kalori sebanyak 34 kkal. Angka ini tergolong rendan dan masih dalam batas aman untuk dikonsumsi setiap harinya.

Selain itu, di dalamnya juga terkandung 2,4 gram protein, 0,3 gram lemak, 7,2 gram karbohidrat, dan 1,9 gram serat. Banyak juga ya kandungan nutrisi baik dalam buncis. Jadi gak ragu lagi den buat mengonsumsinya secara rutin

Kandungan Kalori Tumis Buncis

Jika tadi Sweet Couple sudah mengetahui kandungan kalori dalam buncis, maka sudah terbayang kan kira-kira mau memasak dan mengolahnya seperti apa? Anda bisa membuatnya jadi sop ataupun tumis sayur.

Namun, ada beberapa orang yang ragu jika mengolahnya menjadi tumis buncis. Hal ini karena banyak yang beranggapan jika ditumis, maka malah jadi tidak sehat. Apalagi jika menggunakan minyak dan bumbu-bumbu lainnya. Inilah yang membuat orang bingung apa yang sebaiknya dilakukan.

Baca Juga :  Resep Rolade Tahu ala Mama Ina Super Praktis

Tenang saja, Sweet Couple tak perlu khawatir. Kandungan kalori tumis buncis ini tidaklah setinggi yang kita kira. Berdasarkan data fatsecret Indonesia, dalam setiap 100 gram tumis buncis mengandung kalori sebanyak 65 kkal. Jika dikonsumsi seporsi pun tak akan jadi soal karena berada di kisaran angka 75 kkal. Semuanya masih dalam batas aman konsumsi sehari-hari.

Kesimpulan

Tentunya, bila ingin lebih sehat Anda bisa menggunakan minyak rendah lemak ataupun minyak sayur. Bisa juga memasak tumis buncis dengan menggunakan mentega rendah kalori agar lebih sehat. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing

Dengan mengetahui kandungan kalori tumis buncis, maka Anda tak usah ragu lagi untuk mengonsumsi tumis buncis secara rutin setiap harinya. Hidangan ini bisa menjadi sajian yang menyehatkan untuk Anda dan keluarga di rumah.

Yuk konsumsi tumis buncis mulai dari sekarang!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari food.detik.com dan fatsecret.co.id