Potret Keindahan Kampung Halaman Glenn Fredly di Ambon Maluku dan Sekitarnya

Beberapa hari yang lalu, Indonesia baru saja berduka karena kehilangan salah satu putra terbaiknya. Musisi Indonesia Glenn Fredly berpulang pada Rabu, 8 April 2020 lalu karena mengalami sakit Meningitis atau radang selaput otak. Sungguh sebuah kabar yang mengejutkan karena selama ini kita melihat beliau dalam kondisi yang baik.

Seperti yang kita ketahui, Glenn Fredly merupakan salah satu musisi dan penyanyi terbaik tanah air yang berasal dari kawasan Indonesia Timur, tepatnya Ambon Maluku. Sudah sejak lama kawasan Ambon Maluku dan sekitarnya menjadi tempat pencetak musisi dan penyanyi bersuara emas di Indonesia. Hal ini tentu membuat kita penasaran dengan wilayah Ambon Maluku. Benarkah keindahan alam Ambon Maluku sebanding dengan keindahan suara para penyanyinya? Daripada penasaran, yuk langsung simak potret keindahan kampung halaman Glenn Fredly di Ambon Maluku dan sekitarnya ini!

Inilah pemandangan Ambon Maluku dari atas. Kota yang menjadi kampung halaman musisi Glenn Fredly ini memiliki pesona yang luar biasa. Terletak di Pulau Ambon dan dikelilingi oleh laut serta perbukitan hijau membuat Ambon begitu cantik dan indah. Siapapun pasti akan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Ambon, seperti Sweet Couple yang jatuh hati dengan suara Glenn Fredly saat pertama kali mendengarnya.

Salah satu spot terbaru di kampung halaman Glenn Fredly ini adalah Jembatan Merah Putih Ambon. Jembatan Merah Putih ini berada di atas Teluk Ambon dan menghubungkan wilayah barat dan timur Pulau Ambon dengan lebih singkat. Jembatan Teluk Ambon ini berguna banget untuk yang ingin menuju Bandara Pattimura dari pusat kota Ambon karena gak perlu mengelilingi Teluk Ambon lagi. Jembatan Merah Putih Ambon ini baru diresmikan pada 2019 silam loh jadi masih baru banget ya Sweet Couple.

Kalau batu karang dengan lubang besar menganga ini adalah Pintu Kota. Pintu Kota merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Ambon. Pintu Kota ini ibarat gerbang dari lautan menuju ke kota kampung halaman penyanyi Glenn Fredly ini. Di sini kita bisa menyaksikan pemandangan pantai berbatu dengan laut biru di sekitarnya. Indah banget!

Pada tahun 1999 silam. kota kebanggaan sekaligus kampung halaman musisi Glenn Fredly ini pernah porak poranda akibat kerusuhan bermotif SARA. Akibatnya korban banyak berjatuhan dan membuat Ambon dilabeli sebagai kota yang tidak aman dan suasananya mencekam. Namun, masyarakat Ambon berhasil mengatasi kerusuhan tersebut dan sepakat untuk hidup dalam damai dan kerukunan satu sama lain. Saat ini, Ambon Maluku menjadi salah satu kota yang paling aman dan toleran di Indonesia. Tak heran jika kampung halaman Glenn Fredly ini dibangun sebuah Monumen Gong Perdamaian Dunia sebagai simbol bahwa kedamaian adalah esensi kehidupan masyarakat Ambon Maluku dan akan terus melekat sampai kapanpun.

Kota Ambon yang menjadi kampung halaman Glenn Fredly ini memang dikelilingi oleh laut sehingga tak heran jika pemandangan pantai dan laut mendominasi di sini. Berkeliling kota, menyaksikan aktivitas masyarakat setempat, atau sekadar duduk di tepi laut sambil menyaksikan perahu dan kapal lalu lalang hilir mudik di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Maluku bisa menjadi suatu hal yang mengasyikan tersendiri.

Ambon Maluku memang lekat sebagai salah satu kota perjuangan yang penuh nuansa heroik. Salah satu tokoh yang melekat sebagai ikon perjuangan Ambon adalah Thomas Matulessy atau biasa dikenal dengan nama Pattimura. Sosoknya diabadikan menjadi nama bandara dan perguruan tinggi negeri di kota kampung halaman Gleen Fredly ini. Tak hanya itu, ada juga Taman Pattimura yang memiliki pesona indah saat malam hari dengan warna-warni cahaya lampu yang menyala. Ditambah lagi dengan ikon gitar yang menandakan bahwa Ambon adalah gudangnya musisi dan seniman di tanah air, termasuk mendiang Glenn Fredly salah satunya.

Baca Juga :  Musisi Berdarah Ambon Maluku Terkenal di Indonesia selain Glenn Fredly

Tak hanya Thomas Matulessy atau Patimura, kampung halaman Glenn Fredly di Ambon ini juga memiliki sosok pahlawan wanita yang namanya telah dikenal di seluruh Indonesia. Martha Christina Tiahahu, salah satu sosok pahlawan nasional yang gugur di usia muda dari Nusa Laut, Maluku. Sosoknya dikenang dan diabadikan dalam bentuk Patung Monumen Martha Christina Tiahahu di sebuah taman dekat Gedung DPRD Provinsi Maluku. Lokasinya yang menghadap ke arah barat dan berada di atas perbukitan Ambon membuat kita bisa leluasa menikmati pemandangan Kota dan Teluk Ambon, apalagi saat senja menjelang.

Ambon Maluku juga memiliki kawasan pemakaman cantik bagaikan taman kota, namanya Taman Makam Australia. Tempat ini merupakan pemakaman untuk para tentara sekutu yang meninggal saat Perang Pertempuran Ambon melawan Jepang pada masa perang dunia 2. Taman Makam Australia di Ambon ini cantik sekali karena tidak ada kesan seram sama sekali. Kesan yang ada malah asri, alami, dan cantik. Rasanya betah berlama-lama di sini sambil berteduh dari teriknya matahari di kampung halaman Glenn Fredly ini.

Kawasan Ambon Maluku ini sudah sejak lama berinteraksi dengan bangsa-bangsa dari Eropa seperti Portugis, Inggris, dan Belanda. Maka tak usah heran jika kita akan menemukan sejumlah benteng peninggalan bangsa Eropa di sejumlah sudut kota kampung halaman musisi Glenn Fredly ini. Salah satunya adalah Benteng Amsterdam di kawasan Kaitetu, bagian barat Pulau Ambon. Benteng ini terletak di tepi laut dan menjadi cagar budaya di Ambon yang banyak menarik minat wisatawan karena sejarahnya.

Kampung halaman Glenn Fredly di Ambon ini juga menjadi salah satu wilayah pertama di Indonesia yang menerima ajaran agama Kristiani. Oleh karena itu tak heran jika penduduk Ambon dan Maluku banyak yang memeluk agama Kristiani, termasuk almarhum Glenn Fredly sendiri.

Salah satu bukti sejarah Kekristenan awal di Ambon adalah Gereja Tua Immanuel di kawasan Kaitetu Ambon. Bangunannya masih terawat dan interiornya sederhana, padahal sudah dibangun dari tahun 1659. Gereja ini merupakan gereja tertua di Maluku.

Lokasinya berdekatan dengan Benteng Amsterdam. Tak hanya itu, di dekat Gereja Tua Immanuel Maluku juga berdiri Masjid Tua Wapauwe Negeri Kaitetu yang menjadi masjid tertua di Maluku karena sudah berdiri dari tahun 1414.

Melihat hal ini, tak heran jika sesungguhnya kampung halaman Glenn Fredly ini telah menerapkan hidup damai saling toleransi antarumat beragama sejak dahulu kala. Semoga akan tetap seperti itu sampai kapanpun ya.

Ambon Maluku memang dianugerahi oleh cuaca yang cerah dan panas sepanjang tahun. Tak heran jika butuh suasana yang segar-segar kala berada di Ambon. Salah satunya adalah Bendungan Laha. Terletak di kawasan Laha, dekat Bandara Pattimura Ambon, Bendungan Laha menawarkan kesederhanaan yang menyegarkan. Air di bendungan ini tak pernah surut walau musim kemarau. Rasanya cocok banget menikmati hari sambil memandangi air terjun mini di Bendungan Laha Ambon Maluku.

Baca Juga :  11 Lagu-Lagu Cinta Romantis Glenn Fredly yang Cocok Dinikmati Bareng Pasangan

Kampung halaman Glenn Fredly ini memang dikenal sebagai mutiara dari timur karena kecantikan alamnya. Salah satu kecantikan alam Ambon Maluku adalah pantai dan lautnya.. Wajar saja Ambon memang dikelilingi oleh laut dan Provinsi Maluku sendiri merupakan provinsi kepulauan terbesar dan terluas di Indonesia dengan banyak pulau dan laut. Pantai-pantai di Maluku termasuk dalam jajaran pantai paling indah di Indonesia, termasuk yang ada di Ambon. Salah satunya adalah Pantai Liang di utara Pulau Ambon. Pasirnya putih, airnya jernih, dan lautnya berwarna biru gradasi. Sungguh memanjakan mata! Pantai ini pernah menjadi salah satu pantai terindah di dunia loh!

Sejak dulu, Ambon Maluku juga dikenal sebagai orang-orang pelaut yang berani dan gemar menjelajah lautan. Hal ini masih berlaku hingga sekarang. Jika Sweet Couple berkunjung ke kota tempat kelahiran Glenn Fredly ini, maka akan dengan mudah melihat aktivitas masyarakat di kawasan pantai dan laut, entah itu nelayan atau sekadar berenang dan bermain. Seperti yang terlihat di kawasan Pantai Natsepa ini, seorang anak muda tengah asyik berperahu kecil. Laut dan sekitarnya sudah menjadi bagian dari masyarakat Ambon Maluku sejak dulu kala.

Hanya di Ambon Maluku kita bisa bersantai di pantai setiap hari dengan leluasa. Maklum saja, Ambon Maluku merupakan kota pulau yang dikelilingi oleh laut. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh seorang pria dengan seorang anak kecil yang sedang berlarian di Pantai Natsepa Ambon. Terlihat asri dan begitu damai. Mungkin saja dulu Glenn Fredly juga pernah melakukannya bersama dengan ayahnya semasa kecilnya dulu di kampung halamannya ini.

Perpaduan indahnya pantai dengan lezatnya kuliner khas Ambon Maluku bisa ditemui di Pantai Natsepa Ambon Maluku. Di sini, Sweet Couple bisa mencicipi hidangan kuliner khas yakni Rujak Natsepa. Tak afdol rasanya jika berkunjung ke Pantai Natsepa tanpa mencicipi Rujak Natsepa. Rujak Natsepa hampir mirip dengan rujak lainnya yang menggunakan buah-buahan dan saus bumbu kacang. Yang membuatnya unik adalah tambahan ubi jalar di dalamnya yang membuat sensasi rasa tersendiri. Makan Rujak Natsepa siang-siang sambil menyaksikan indahnya panorama Pantai Natsepa Ambon Maluku ini terasa begitu sempurna. Kampung halaman Glenn Fredly ini memang menawarkan kesempurnaan sejati.

Pantai memang sudah menjadi ikon dari kampung halaman Glenn Fredly di Ambon Maluku. Salah satunya adalah Pantai Sopapei. Pantai Sopapei ini terletak berdekatan dengan Pantai Natsepa. Pemandangannya cantik dengan hamparan pasir putih dan air laut jernih berwarna biru gradasi. Rasanya betah sekali untuk berlama-lama di sini.

Kampung halaman Glenn Fredly ini seolah tak pernah kehabisan pesona pantainya. Pantai indah di Ambon lainnya adalah Pantai Batu Kapal Libiboi. Berjarak 45 menit dari pusat kota Ambon, pantai ini menawarkan keunikan pemandangan berupa lubang yang menyerupai pintu dan batu karang berbentuk kapal. Airnya sangat bersih dan jernih, ditambah lagi terumbu karang yang bagus dan terawat. Cocok untuk snorkeling!

Baca Juga :  Musisi Berdarah Ambon Maluku Terkenal di Indonesia selain Glenn Fredly

Rasanya gak lengkap kalau di Ambon tapi gak menikmati pantai atau lautnya. Kampung halaman musisi Glenn Fredly ini menyimpan banyak wisata pantai yang luar biasa indah. Salah satunya adalah di kawasan Morela, utara Pulau Ambon. Di sini, tersedia spot snorkeling yang tak jauh dari pantai dengan air yang jernih dan terumbu karang yang terawat. Dijamin langsung jatuh hati seperti lagu Glenn Fredly yang berjudul Terpesona.

Pulau-pulau di sekitar Ambon juga menawarkan keindahan alam pantai dan lautnya. Seperti di Pulau Haruku, Pulau Saparua, dan Pulau Nusa Laut. Setiap pulau tersebut memiliki pantai yang indah, tipikal pantai idaman di Indonesia dengan pasir putih, ombak tenang, air yang jernih berwarna biru gradasi. Rasanya tak puas jika hanya berkunjung ke satu pantai kala berada di tanah kelahiran musisi Glenn Fredly ini.

Kalau sedang berada di tanah kelahiran Glenn Fredly di Ambon Maluku ini, jangan pernah melewatkan wisata pantainya. Salah satunya di Pulau Pombo. Pulau yang berada dekat Pantai Liang ini sangat cantik dan mudah dijangkau dari Ambon. Pulaunya berupa gusung pasir putih yang memanjang dengan air yang luar biasa jernih. Rasanya seperti di serpihan surga yang jatuh ke bumi. Tak heran jika Pulau Pombo menjadi salah satu bukti potret indahnya Mutiara dari Timur ini.

Puas menikmati keindahan pantainya, waktunya untuk menikmati keindahan alam bawah laut di Ambon Maluku. Kampung halaman Glenn Fredly ini memiliki sejumlah spot diving dan snorkeling dengan alam bawah laut superkece loh! Salah satunya di Batu Kapal Liliboi ini. Terumbu karangnya masih muda, terawat, dan lautnya pun bersih. Rasanya puas bisa snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut Ambon Maluku ini.

Setelah puas berkeliling tempat wisata di Ambon Maluku, ada baiknya untuk rehat sejenak di malam hari. Salah satu spot yang cocok adalah di dekat Jembatan Merah Putih Ambon. Saat malam hari, Jembatan Merah Putih Ambon ini terlihat sangat cantik dengan cahaya lampu berwarna-warni yang menerangi Teluk Ambon.

Di sini, tak ada salahnya juga untuk menikmati suasana Teluk Ambon saat malam hari sambil menyaksikan aktivitas anak muda yang bercengrama. Seringkali mereka memainkan alat musik dan bernyanyi dengan suara emas yang seolah sudah mendarah daging di masyarakat Ambon. Tak heran jika kampung halaman Glenn Fredly ini juga disebut sebagai Kota Musik Dunia karena banyaknya talenta musik yang dimiliki oleh warganya.

Itulah potret keindahan kampung halaman Glenn Fredly di kawasan Ambon Maluku dan sekitarnya. Sebenarnya masih ada banyak lagi, tetapi tempat-tempat di atas sudah mampu merepresentasikan keindahan tanah kelahiran Glenn Fredly di Ambon Maluku.

Mungkin untuk saat ini kita belum bisa berkunjung ke Ambon Maluku karena adanya wabah virus Corona, tetapi jika wabah virus Corona sudah usai tak ada salahnya untuk ke sana karena Ambon Maluku ini sangat indah dan luar biasa. Tak heran jika mendiang musisi Glenn Fredly begitu bangga dan cinta akan tanah kelahirannya ini. Inilah Ambon Maluku, Mutiara dari Timur Indonesia yang membanggakan.

Leave a Reply