Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Buncis merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buncis memang termasuk sayuran yang sederhana, tetapi memiliki banyak vitamin, zat mineral, dan kandungan nutrisi lainnya.

Sweet Couple sering makan tumis buncis? Yuk, kenali berbagai manfaat buncis untuk kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Manfaat Buncis untuk Kesehatan Jantung

Buncis merupakan sayuran yang paling dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini membantu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Buncis termasuk sayuran yang berserat sehingga berguna untuk kesehatan kita.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buncis yang satu ini jarang diketahui banyak orang. Mengonsumsi buncis ternyata membantu dalam menurunkan berat badan.

Dilansir dari Sehatq.com, satu cangkir sayur buncis hanya mengandung 31 kalori. Sayuran hijau ini juga tidak mengandung lemak. Jika Sweet Couple sedang menurunkan berat badan, sayuran ini dapat menjadi menu diet yang sehat dan recommended.

3. Mencegah Kanker

Manfaat buncis yang berikutnya tidak kalah penting, yaitu mencegah kanker. Buncis merupakan sayuran yang tinggi klorofil.

Baca Juga :  5 Sayuran Tinggi Serat yang Baik untuk Dikonsumsi

Sayuran ini dapat menjadi penawar atau menurunkan risiko kanker. Tidak heran kalau buncis sering disajikan bersama steak. Daging yang dipanggang dalam temperatur tinggi berpotensi menimbulkan efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang bisa menyebabkan kanker.

4. Mencegah Depresi

Siapa sangka bahwa sayuran hijau ini dapat mencegah depresi? Manfaat buncis untuk mencegah depresi berasal dari kandungan folatnya.

Kandungan folat yang tinggi dapat mencegah kelebihan homosistein. Homosistein merupakan asam amino alami yang kalau kadarnya berlebihan dapat menyebabkan risiko penyumbatan pembuluh darah, termasuk darah yang menuju otak. Hal ini dapat mengganggu produksi hormon serotonin dan dopamin yang mengatur suasana hati.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buncis merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K. Kandungan vitamin K berhubungan pada manfaat buncis dalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K bekerja dalam mengoptimalkan osteocalcin (protein non-kolagen utama) di dalam tulang. Senyawa ini mengunci molekul kalsium dan menguatkan tulang dari dalam.

Itulah 5 manfaat buncis untuk kesehatan tubuh. Manfaat sayur buncis ternyata cukup beragam, mulai dari mencegah penyakit ringan hingga risiko penyakit kronis.

Mulai sekarang Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi sayur buncis. Salah satu olahan buncis yang enak dan praktis adalah resep tumis buncis. Kalau mau memasak sayur buncis, Sweet Couple bisa mengikut langkah-langkahnya pada artikel resep tumis buncis.

Artikel disadur dari Sehatq.com