7 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak tahu kacang kedelai? Tanaman jenis kacang-kacangan ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kacang yang satu ini banyak diolah menjadi bumbu dan makanan.

Beberapa produk olahan kacang kedelai yang terkenal yakni Kecap Manis dan tentu saja tidak ketinggalan duet maut Tahu serta Tempe. Bisa dibilang tahu dan tempe adalah dua produk kacang kedelai yang paling laris manis serta banyak digemari masyarakat. Sweet Couple setuju kan?

Bisa dibilang, tidak masalah tidak ada lauk asalkan tersedia tahu dan tempe. Keduanya dianggap mampu menggantikan lauk dan sama-sama bisa bikin kenyang. Anda bisa mengolah tempe menjadi tempe goreng, tempe bacem, atau tempe mendoan. Selain itu, tahu pun juga bisa dimasak menjadi pepes tahu, tahu campur, atau tahu petis. Banyak ya pilihannya.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Semua pasti sudah tahu jika kacang kedelai sehat untuk dikonsumsi. Salah satu kandungan gizi yang dimilikinya yaitu kaya dan tinggi akan protein nabati. Namun, apakah kacang kedelai hanya memiliki protein? Kira-kira manfaat lain apa saja ya yang ada dalam kacang kedelai?

Yuk langsung saja simak manfaat kacang kedelai untuk kesehatan berikut ini!

Kandungan Gizi Dalam Kacang Kedelai

Pertama kita bahas dulu yuk kandungan gizi dalam kacang kedelai. Seperti yang kita ketahui bersama, kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati. Namun, kacang kedelai ternyata tak hanya mengandung protein. Ada banyak kandungan gizi lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak Omega 3 dan Omega 6
  • Serat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Antioksidan
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Zinc
Baca Juga :  Resep Tempe Goreng Tepung yang Gurih

Wah tidak menyangka ya jika ada sebanyak itu kandungan gizi dalam kacang kedelai. Pantas saja banyak yang gemar mengonsumsinya karena kandungannya.

Manfaat Kacang Kedelai

Jika tadi kita sudah membahas kandungan gizi dalam kacang kedelai, maka kali ini kita akan membahas ragam manfaat kacang kedelai untuk kesehatan. Dengan kandungan gizi yang kaya di dalamnya, menjadikan kacang kedelai memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaatnya:

1. Mengurangi risiko kanker

Manfaat kacang kedelai bagi kesehatan yang pertama yakni mampu mengurangi risiko kanker? Mengapa demikian? Karena kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat tinggi mampu menurunkan risiko kanker.

Tak hanya kedelai, buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat juga baik untuk dikonsumsi juga agar tubuh semakin kecil risikonya terkena kanker. Kalau seperti ini sih jadi bersemangat untuk mengonsumsi makanan berserat ya.

2. Melancarkan pencernaan

Tahukah Sweet Couple jika salah satu manfaat kacang kedelai adalah melancarkan pencernaan? Hal ini karena kedelai mengandung isofvalon, sebuah antioksidan yang ternyata mampu membantu kerja pencernaan pada usus. Cocok banget buat Sweet Couple yang sering mengalami sembelit susah buang air besar.

Dengan rutin mengonsumsi kedelai, Anda juga mampu mengurangi peluang untuk terkena penyakit pencernaan seperti wasir, kanker usus besar, dan sembelit.

Baca Juga :  Resep Sambal Geprek Super Pedas

Jadi, kacang kedelai ini adalah sahabat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

3. Mengurangi berat badan

Sweet Couple sedang berusaha untuk diet? Atau tengah menjalani program diet? Jika ya, maka alangkah baiknya untuk menjadikan kacang kedelai sebagai salah satu asupan sehari-hari Anda.

Kacang kedelai berkhasiat untuk membantu mengurangi berat badan. Hal ini karena kedelai kaya akan kandungan serat dan protein yang tinggi. Anda tidak akan mudah merasa lapar usai mengonsumsinya. Pantas saja kita mudah kenyang bila mengonsumsi tahu dan tempe ya.

Kacang kedelai juga memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya tubuh tidak terlalu cepat mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Hal ini juga membuat Anda kenyang lebih lama. Jadi, Sweet Couple bisa mengendalikan keinginan untuk makan camilan nih. Benar-benar membantu program diet.

4. Menjaga kesehatan tulang

Sebagai salah satu makanan yang mengandung kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon, kacang kedelai menjadi baik dan bermanfaat untuk kesehatan tulang serta sendi. Kacang kedelai juga telah diteliti oleh banyak peneliti mampu mengurangi risiko osteoporosis khususnya bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Namun, untuk Anda yang masih berusia muda juga tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi kacang kedelai. Kesehatan tulang harus dijaga sejak dini toh?

Baca Juga :  Resep Sup Tahu Sutra yang Paling Lembut

6. Meredakan gejala menopause

Bagi Anda perempuan yang berusia 40 tahun ke atas, pasti akan mulai mengalami masa menopause. Pada masa ini, siklus mentruasi akan berkurang dan berhenti. Akan ada sejumlah gejala yang dialami seperti moody, susah tidur, mudah kepanasan dan berkeringat saat malam hari, serta kepala pusing. Hal ini karena hormon estrogen mulai menurun secara drastis.

Kabar baiknya, gejala tersebut bisa terasa lebih ringan apabila Anda mengonsumsi kacang kedelai. Jadi, cukup konsumsi kacang kedelai atau olahannya, maka gejala menopause akan lebih ringan dan tidak mengganggu Anda.

7. Alternatif Pengganti Susu Sapi

Sweet Couple mengalami intoleransi laktosa alias alergi susu sapi? Susu kedelai bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi. Susu yang berasal dari kacang kedelai ini mengandung protein nabati dan baik untuk kesehatan. Selain cocok untuk yang alergi, juga cocok untuk Anda yang sedang diet.

Itulah 7 manfaat kacang kedelai untuk kesehatan. Ternyata luar biasa ya manfaatnya. Jika seperti ini, maka jadi semakin semangat dan tidak ragu untuk mengonsumsi kedelai ya.

Yuk mulai rutin konsumsi kacang kedelai dari sekarang!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari alodokter.com dan hellosehat.com