Apa Sih Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan?

Sweet Couple yang suka memasak dan hobi dengan rempah-rempah, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kapulaga. Ya, rempah-rempah asal India ini sudah lama dipakai menjadi salah satu bumbu masakan tanah air.

Bentuk dari kapulaga ini bulat dan berwarna agak putih di dalamnya. Dari luar, tampak seperti biji. Wajar saja, kapulaga merupakan salah satu jenis biji-bijian dari keluarga Zingiberaceae yakni jahe-jahean. Di Indonesia sendiri dikenal 2 jenis yakni kapulaga Jawa dan kapulaga India. Keduanya sama-sama sering digunakan.

Tak hanya sebagai bumbu dapur, ternyata rempah-rempah ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan mineral dan zat-zat di dalamnya, tanaman ini berkhasiat jika dikonsumsi dan diolah secara benar. Penasaran apa saja sih Manfaat Kapulaga untuk kesehatan tubuh? Yuk simak ulasannya berikut ini!

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

1. Manfaat Kapulaga: Mencegah Bau Mulut dan Gigi Berlubang

Manfaat kapulaga untuk kesehatan yang pertama yakni mampu mencegah bau mulut dan gigi berlubang. Mengapa demikian? Karena bijinya mengandung antiperadangan dan antioksidan yang baik untuk mulut serta gigi.

Jika Sweet Couple mengunyah biji kapulaga, maka dipercaya bisa menghilangkan bau mulut dan menyegarkan nafas Anda. Namun, bukan berarti Anda jadi tidak menggosok gigi ya. Anda boleh kok menggunakan bahan ini sesekali.

2. Manfaat Kapulaga: Membantu Masalah Pencernaan

Tahukah Anda jika salah satu manfaat kapulaga untuk kesehatan adalah mampu membantu masalah pencernaan? Ya, hal ini karena tanaman ini kaya akan kandungan serat. Cocok banget nih untuk Sweet Couple yang sering mengalami sembelit, konstipasi, atau perut melilit.

Baca Juga :  Resep Lontong Sayur Aceh

Rempah-rempah ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah perut lainnya seperti asam lambung, sakit perut, dan membuat nafsu makan menjadi lebih baik.

3. Manfaat Kapulaga: Mengobati Masalah Tidur

Siapa di sini yang punya masalah tidur? Kami sarankan Anda untuk mengonsumsi kapulaga? Pasalnya salah satu manfaatnya yakni mampu mengobati masalah tidur. Kok bisa ya?

Ternyata minyak esensial dari kapulaga sering digunakan untuk aromaterapi. Aromanya yang manis dan hangat mampu membuat pikiran rileks dan tenang. Dengan demikian, Sweet Couple jadi lebih mudah untuk tidur tanpa rasa cemas ataupun gelisah.

4. Manfaat Kapulaga: Mengobati Infeksi

Kapulaga juga bermanfaat untuk mengobati infeksi. Kandungan dari ekstrak kapulaga dan minyak atsiri memiliki efek antibakteri. Ia mampu melawan sejumlah jenis bakteri. Walau demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut dan mendalam karena belum pernah diujicobakan kepada manusia.

5. Manfaat Kapulaga: Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin kulit terawat? Konsumsi saja kapulaga! Kandungan vitamin, antioksidan, minyak atsiri di dalam tanaman ini mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Selain itu, bisa juga untuk mencerahkan kulit loh.

Buat Sweet Couple yang mengalami masalah bisul, ada baiknya untuk mengonsumsi tanaman ini. Bisul akan sembuh dengan alami dan sendirinya jika rutin mengonsumsi kapulaga. Menarik banget kan manfaatnya?

Baca Juga :  Resep Ikan Woku Super Maknyus

6. Manfaat Kapulaga: Mencegah Penyakit Kronis

Siapa sih yang ingin terkena penyakit? Tentu tidak ada bukan? Penyakit memang bisa terjadi, tetapi alangkah baiknya untuk mencegah sebelum mengobati.

Buat Sweet Couple yang ingin mencegah penyakit, bisa banget loh mengonsumsi kapulaga karena bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis. Tanaman ini punya kandungan anti-inflamasi yang bisa mencegah terjadinya peradangan demi terhindar dari penyakit kronis seperti kanker dan penyumbatan pembuluh darah. Antioksidan yang dimiliki oleh kapulaga juga mampu mencegah masuknya radikal bebas dan zat-zat berbahaya ke dalam tubuh.

7. Manfaat Kapulaga: Menjadi Obat Anti Depresan

Manfaat kapulaga lainnya yang tak boleh diremehkan yakni mampu menjadi obat anti depresan. Bagaimana caranya? Berdasarkan artikel yang dilansir dari Wikipedia, caranya yakni dengan mencampurnya bersama air dalam gelas dan tunggu hingga mengendap. Sebelum diminum, hirup dulu aromanya yang manis dan menenangkan itu, lalu barulah dikonsumsi.

8. Manfaat Kapulaga: Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan senyawa antioksidan yang dimiliki kapulaga juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, tanaman ini cocok dikonsumsi oleh Sweet Couple yang memiliki masalah penyakit hipertensi. Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa ada 20 penderita hipertensi diberikan 3 gram bubuk kapulaga setiap harinya dan berangsur-angsur membaik tekanannya setelah 12 minggu. Tertarik mencobanya?

Baca Juga :  Resep Mie Lidi Goreng Medan

9. Manfaat Kapulaga: Membantu Pengobatan Penyakit Asma dan Pernafasan

Punya keluhan asma dan pernafasan? Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi kapulaga. Senyawa di dalamnya mampu memperlancar aliran udara ke paru-paru. Rempah-rempah ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam paru-paru sehingga pernafasan menjadi lebih baik.

Anda bisa mencoba aromaterapi dengan kapulaga. Wanginya yang manis, hangat, dan menyegarkan bisa digunakan untuk terapi nafas sebelum tidur ataupun sebelum olahraga.

10. Manfaat Kapulaga: Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat kapulaga yang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah menjaga kesehatan ginjal. Rempah ini ampuh untuk memperlancar buang air kecil dan memiliki sifat diuretik yang baik bagi ginjal. Tak hanya itu, banyak juga yang percaya jika tanaman ini bisa mengobati infeksi saluran kemih. Sistem ekskresi yang lancar tentu membuat tubuh lebih sehat bukan?

Itulah 10 manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh. Sungguh tidak menyangka bukan? Tanaman yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini ternyata memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Tak salah jika banyak yang mencari dan mengonsumsinya.

Walau demikian, Sweet Couple tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu terkait kesehatan Anda. Jangan asal main konsumsi. Semua harus ada takaran dan olahannya secara benar.

Yuk mulai rutin konsumsi kapulaga dan rasakan manfaatnya!

Artikel disadur dari bola.com, wikipedia.org, alodokter.com, dan orami.co.id