6 Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat tahu. Olahan kedelai ini memang termasuk salah satu makanan khas nusantara yang paling disukai orang. Ada berbagai macam olahan tahu khas Indonesia, seperti resep tahu isi, semur tahu, pepes tahu, dan lain sebagainya.

Selain lezat dan praktis untuk dimasak dalam berbagai jenis makanan, tahu memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat tahu berikut ini.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tahu merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak serat. Kandungan serat sangat dibutuhkan demi menjaga kesehatan tubuh. Serat pada tahu bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, kita sering disarankan untuk mengonsumsi tahu sebagai makanan sehari-hari.

2. Menjaga Fungsi Otak

Manfaat tahu yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga fungsi otak. Kandungan isoflavone pada tahu memiliki efek yang baik pada otak, khususnya fungsi kognitif dan daya ingat. Tidak heran kalau tahu menjadi rekomendasi makanan sejak dini.

3. Manfaat Tahu dalam Mencegah Risiko Osteoporosis

Kandungan tahu yang paling dibutuhkan untuk menjaga kesehatan adalah kalsium. Kandungan kalsium dalam satu porsi tahu atau sebanyak 4 ons sama dengan kandungan kalsium dalam 8 ons susu sapi. Oleh karena itu, mengonsumsi tahu dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

4. Mencegah Obesitas

Manfaat tahu yang satu ini perlu diperhatikan demi menjaga berat badan dan kesehatan. Tahu merupakan makanan dengan kadar kalori yang rendah. Tak heran bila makanan ini dijadikan salah satu menu diet. Mengonsumsi tahu dapat membuat Anda cepat kenyang dan mencegah porsi makan secara berlebihan.

5. Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Tahu juga bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya yang berpotensi diderita banyak orang, khususnya kanker. Ternyata mengonsumsi tahu dapat mengurangi risiko kanker prostat. Manfaat ini diperoleh dari kandungan fitoestrogen (isoflavone) dalam tahu.

6. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Selain mengurangi risiko kanker prostat, manfaat tahu yang lainnya adalah mengurangi risiko kanker payudara. Kandungan fitoestrogen pada kacang kedelai memiliki efek antiestrogenik pada jaringan tubuh sehingga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Itulah 6 manfaat tahu untuk kesehatan tubuh. Pada intinya mengonsumsi tahu dapat mencegah risiko penyakit berbahaya dan meningkatkan kesehatan, seperti fungsi otak, pencernaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak usah ragu mengonsumsi berbagai olahan tahu, seperti tahu isi, semur tahu, pepes tahu, dan lain-lainnya.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari hellosehat.com