Mengenal Perbedaan Tepung Tapioka, Tepung Maizena, Tepung Sagu, Tepung Roti, dan Tepung Terigu

Saat bulan puasa atau Ramadan seperti ini, biasanya kita memang disibukkan dengan kegiatan masak memasak. Maklum saja, selama bulan puasa atau Ramadan pastinya Sweet Couple memiliki budget khusus untuk belanja bahan makanan untuk membuat hidangan sahur dan buka puasa. Salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk memasak adalah tepung. Bahan makanan berbentuk serbuk halus ini memang krusial sebagai bahan utama untuk membuat sejumlah masakan.

Ada beragam jenis tepung, yakni Tepung Tapioka, Tepung Maizena, Tepung Sagu, Tepung Roti, dan Tepung Terigu.  Namun, apakah Sweet Couple tahu perbedaan dari tepung-tepung tersebut? Jika belum, maka langsung simak saja pembahasan mengenai perbedaan Tepung Tapioka, Tepung Maizena, Tepung Sagu, Tepung Roti, dan Tepung Terigu berikut ini!

Tepung Tapioka

Pertama adalah Tepung Tapioka. Tepung Tapioka biasa juga disebut sebagai Tepung Kanji. Tepung Tapioka memiliki bahan dasar dari singkong/ketela. Dari segi harga, biasanya Tepung Tapioka lebih murah daripada Tepung Sagu sehingga kadang bisa menjadi pengganti Tepung Sagu.

Warna dari Tepung Tapioka biasanya putih bersih. Selain itu, tekstur dari Tepung Tapioka biasanya lebih licin sehingga agak sulit untuk dipegang. Jika dicampurkan dengan air, maka tekstur Tepung Tapioka akan menjadi lengket dan kenyal.

Penggunaan Tepung Tapioka dalam pembuatan makanan biasanya untuk membuat Cimol, Cilok, Cireng, Bakso, Siomay, Pempek, Kue Basah, dan lain sebagainya. Jadi, kalo Sweet Couple ingin membuat makanan-makanan tersebut, maka gunakanlah Tepung Tapioka ya.

Baca Juga :  14 Stok Bahan Makanan yang Wajib Ada di Rumah Selama Bulan Puasa

Tepung Maizena

Kedua adalah Tepung Maizena. Tepung Maizena sering disebut sebagai Tepung Jagung. Mengapa demikian? Hal ini karena Tepung Maizena memiliki bahan dasar dari pati jagung. Di pasaran, biasanya Tepung Maizena dijual dalam bentuk kemasan kardus ataupun plastik.

Warna dari Tepung Maizena biasanya cenderung kekuningan pucat dan lebih keruh. Lalu, tekstur dari Tepung Maizena biasanya lebih mudah dipegang dengan tangan, lebih kesat, dan mirip dengan Tepung Terigu. Penggunaan Tepung Maizena dalam pembuatan makanan biasanya untuk mengentalkan makanan dan memberikan efek renyah pada makanan.

Tak heran jika Tepung Maizena sering digunakan dalam membuatan capcay, sup, gorengan, kue kering, dan lain sebagainya. Jadi, pakailah Tepung Tapioka jika ingin memberikan efek kental ke dalam makanan atau efek renyah pada makanan yang kalian buat ya Sweet Couple.

Tepung Sagu

Ketiga adalah Tepung Sagu. Tepung Sagu kadang disebut sebagai Tepung Aci. Sesuai dengan Namanya, Tepung Sagu memiliki bahan dasar yang terbuat dari batang pohon sagu yang diperas dan dikeringkan endapan airnya.

Baca Juga :  Resep Menu Es Blewah untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan

Warna dari Tepung Sagu adalah putih, tetapi tidak seputih Tepung Tapioka karena sedikit lebih kusam. Kemudian, tekstur dari Tepung Sagu biasanya garing dan kesat. Kegunaan Tepung Sagu dalam pembuatan makanan yakni berguna untuk memberikan tekstur kenyal jika olahan makanannya basah dan memberikan tekstur renyah saat mengolah makanan yang kering. Tepung Sagu juga bisa menjadi pengental untuk makanan/masakan.

Contoh-contoh makanan yang menggunakan Tepung Sagu dalam pengolahannya adalah cireng, cilok, cilor, kue sagu, papeda, pempek, siomay, bakso, dan Es Selendang Mayang. Penggunaan Tepung Sagu juga bisa digantikan dengan Tepung Tapioka ya Sweet Couple!

Tepung Roti

Keempat adalah Tepung Roti. Sesuai dengan Namanya, Tepung Roti terbuat dari remah-remah roti yang sudah dikeringkan dan digiling. Tekstur dari Tepung Roti biasanya kasar dan berukuran besar.

Warna dari Tepung Roti cenderung putih hingga abu kekuningan atau oranye. Di pasaran, biasanya Tepung Roti dijual dalam kemasan dan mudah ditemukan. Kegunaan Tepung Roti dalam makanan/masakan adalah sebagai pelapis makanan agar teksturnya besar, garing, dan renyah.

Biasanya, Tepung Roti akan digunakan untuk membuat makanan nugget, tempura, risoles, ebi furai, kroket, dan rolade. Jadi, kalau mau bikin makanan-makanan itu, selalu gunakan Tepung Roti ya Sweet Couple.

Tepung Terigu

Kelima adalah Tepung Terigu. Tepung Terigu ini banyak sekali dipakai dalam berbagai bahan makanan/masakan di Indonesia. Selain itu, Tepung Terigu juga sangat mudah ditemukan di pasaran.

Baca Juga :  Resep Menu Buka Puasa Sayur Asem

Bahan dasar dari Tepung Terigu adalah biji gandum dan memiliki kandungan protein yang beragam, mulai dari rendah, sedang, hingga tinggi. Selain itu, Tepung Terigu juga mengandung gluten tergantung tingkat kandungan protein yang ada dalam Tepung Terigu.

Tepung Terigu biasanya memiliki warna cenderung putih. Dalam penggunaan membuat makanan/masakan, biasanya Tepung Terigu bisa diolah menjadi roti, kue, mie, pasta, donat, martabak, hingga gorengan. Benar-benar tepung yang serbaguna ya Tepung Terigu ini Sweet Couple!

Nah, itulah perbedaan dari beragam jenis tepung mulai dari Tepung Tapioka, Tepung Maizena, Tepung Sagu, Tepung Roti, dan Tepung Terigu. Pastinya semua mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang bermanfaat untuk tubuh.

Sekarang tinggal mengolah tepung-tepung tersebut menjadi makanan dan masakan lezat untuk hidangan Sweet Couple selama bulan Ramadan di rumah. Sudah paham kan perbedaan dan fungsi dari Tepung Tapioka, Tepung Maizena, Tepung Sagu, Tepung Roti, dan Tepung Terigu? Jika sudah, maka langsung aja cus memasak dan membuat makanan yang terbuat dari bahan tepung-tepung tersebut yuk! Happy Cooking Sweet Couple!

Leave a Reply