6 Minuman Khas Imlek yang Segar Dan Juga Menyehatkan

Saat Imlek, bukan hanya makanan khas yang jadi sorotan, melainkan juga ada lho minuman khas Imlek. Selama perayaan Imlek bersama keluarga, biasanya menyediakan aneka sajian yang jarang muncul di hari biasa. Jadi, baik makanan maupun minuman, keduanya pastilah amat ditunggu saat momen Imlek.

Sama halnya seperti makanan, beberapa minuman khas Imlek juga punya makna tersendiri loh. Tentu saja banyak doa dan harapan yang orang Tionghoa panjatkan demi keberkahan tahun baru kali ini. Oleh sebab itu, minuman dan makanan dapat menjadi simbol atau lambang dari bentuk doa tersebut.

Karena sebentar lagi sudah akan Imlek, kita sama-sama simak yuk minuman apa saja sih yang sering tersaji pada saat perayaan. Lalu, apa ya makna dari minuman-minuman tersebut?

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

6 Minuman Khas Imlek

1. Jus Buah Plum

6 Minuman Khas Imlek yang Segar Dan Juga Menyehatkan
Gambar diambil dari food.detik.com

Buah plum merupakan salah satu buah khas Imlek. Umumnya buah ini digunakan sebagai persembahan. Penyajian buah plum dalam perayaan Imlek melambangkan keberuntungan, kekayaan, nasib baik dan kesuburan.

Banyak juga yang menjadikan buah plum sebagai hadiah. Ada juga yang mengolah buah plum menjadi minuman yang menyegarkan. Jus buah plum memilik rasa manis dan asam.

Jus buah plum mengandung banyak antioksidan, salah satunya ada vitamin C dalam jumlah yang baik. Vitamin C ini berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Resep Kue Ku Super Imut untuk Imlek

2. Teh Bunga Krisan

6 Minuman Khas Imlek yang Segar Dan Juga Menyehatkan
Gambar diambil dari food.detik.com

Teh bunga krisan merupakan minuman khas Imlek yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Sesuai dengan namanya, teh ini terbuat dari bunga krisan. Bunga krisan dikenal berwarna kuning dan memiliki aroma yang harum. Menghirup aroma itu bisa menjadi terapi untuk merasa rileks.

Teh bunga krisan dapat menyembuhkan flu dan mengobati gangguan saraf. Karenanya teh bunga ini dijadikan juga sebagai teknik pengobatan tradisional sejak dinasti Song. Minum teh ini saat Imlek juga bisa menghangatkan tubuh.

3. Minuman Jeruk

6 Minuman Khas Imlek yang Segar Dan Juga Menyehatkan
Gambar diambil dari food.detik.com

Minuman khas Imlek bisa dibuat dari olahan buah jeruk yang melambangkan keberuntungan.
Sudah banyak yang tahu bahwa jeruk merupakan buah yang identik dengan perayaan Imlek. Jeruk melambangkan keberuntungan karena warnanya oranye yang mana dianggap seperti warna emas.

Dalam perayaan Imlek, buah jeruk ada yang disajikan utuh ada pula yang diolah menjadi minuman segar. Mulai dari es jeruk, jus jeruk dan juga cocktail jeruk.

Minuman jeruk ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin C yang terkandung pada jeruk dapat melindungi tubuh dari flu, batuk dan bisa menghangatkan tubuh di musim hujan.

4. Baiju

6 Minuman Khas Imlek yang Segar Dan Juga Menyehatkan
Gambar diambil dari popbela.com

Baiju merupakan arak putih yang biasa diminum saat perayaan Imlek. Arak putih ini berasal dari daratan China dan umumnya hanya diminum oleh orang-orang dewasa saja.

Baca Juga :  Kumpulan Resep Hidangan Imlek Super Lezat

Minuman khas Imlek ini terbuat dari hasil penyulingan sorgum, gandum atau beras. Biasanya orang China mengonsumsi baiju untuk menghangatkan tubuh di musim dingin.

Karenanya minuman ini sering disajikan dalam perayaan Imlek yang identik dengan turunnya hujan. Selain itu, baiju juga sering digunakan untuk obat patah tulang.

5. Mai Dong

6 Minuman Khas Imlek yang Segar Dan Juga Menyehatkan
Gambar diambil dari food.detik.com

Mai dong adalah minuman berenergi yang dikemas dalam botol berwarna biru. Minuman khas Imlek ini terbuat dari rempah-rempah khas China. Biasanya mai dong tersedia dengan berbagai rasa varian buah.

Orang China sering mengonsumsi mai dong untuk membuat tubuhnya menjadi bugar. Mai dong memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, sehingga banyak disukai orang.

Selain disajikan dalam perayaan Imlek, mai dong umumnya diminum setiap kali selesai berolahraga dan melakukan aktivitas berat.

6. Teh Susu

6 Minuman Khas Imlek yang Segar Dan Juga Menyehatkan
Gambar diambil dari popbela.com

Milk tea atau teh susu juga sering dihidangkan saat Imlek. Teh susu disajikan saat Imlek sebab bisa menjadi jembatan antar generasi yang sedang berkumpul. Untuk manfaatnya, teh susu memiliki antioksidan yang dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh.

Teh susu dapat menjadi simbol jembatan bagi generasi muda dan tua. Paduan rasa teh yang manis dan cocok untuk selera anak muda dan orang tua. Dengan adanya teh susu ini, tidak ada kecanggungan muncul antara dua generasi sehingga obrolan selama perayaan pun dapat mengalir.

Baca Juga :  Resep Ngo Hiong Ayam Udang untuk Imlek

Nah Sweet Couple, itu tadi beberapa minuman khas Imlek yang biasanya disajikan pada setiap perayaan Imlek bersama keluarga.

Kalau Sweet Couple ingin mengetahu hal lain seputar Imlek, bisa juga simak Dekorasi Imlek yang dipercaya membawa keberuntungan.

Semoga Imlek tahun ini membawa banyak keberkahan, sama halnya seperti doa dan harapan yang tersimbolkan oleh aneka makanan dan minuman ya!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari berbagai sumber.