9 Negara di Dunia dengan Kasus Virus Corona Terparah

Virus Corona merupakan sejenis virus yang sejenis dengan virus infeksi saluran pernafasan (SARS, influenza, dll). Virus Corona menyebabkan terjadinya penyakit pernafasan Co-Vid 19 dengan gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga sesak nafas akut. Tak hanya itu, virus corona juga bisa menyebabkan kematian terutama pada orang-orang berusia lanjut dan telah memiliki riwayat penyakit berat lainnya. Tak heran jika Virus Corona ini berbahaya dan banyak orang yang berjuang untuk menghentikannya.

Awalnya, Virus Corona ini diduga berasal dari Wuhan, Cina dan saat ini sudah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia di berbagai benua. Asia, Eropa, Amerika, Afrika, hingga Australia semuanya merupakan wilayah yang telah terjangkit oleh Virus Corona. Tak heran jika World Health Organization (WHO) telah menetapkan kasus Virus Corona ini sebagai pandemi karena penyebarannya telah meluas ke berbagai belahan dunia.

Berikut ini adalah negara-negara di dunia dengan kasus virus Corona terparah. Saat ini, kebanyakan kasus virus Corona terjadi di Eropa. Semoga saja semakin banyak yang pulih dan kasus virus Corona ini tidak bertambah di negara lain ya.

Cina

Negara dengan kasus virus Corona terbanyak dan terparah di dunia adalah Cina. Hingga saat ini, terhitung sudah ada 81.171 kasus virus Corona yang terkonfirmasi di Cina. Angka kematian akibat virus Corona di Cina juga tinggi yakni 3.277 orang. Walau demikian, angka kesembuhan dari virus Corona di Cina jauh lebih tinggi daripada angka kematiannya yakni 73.159 orang. Cina diduga menjadi negara pertama yang terjangkit virus Corona di dunia, tepatnya dari Wuhan. Dengan banyaknya kasus virus Corona di Cina, negara ini sempat melakukan lockdown dan pemerintah setempat juga berusaha menangani kasus-kasus virus Corona salah satunya dengan membangun sebuah rumah sakit khusus virus Corona.

Saat ini, sudah banyak yang pulih dari virus Corona di Cina dan kasus virus Corona di Cina sudah sangat jauh berkurang. Cina bahkan juga tengah mengetes vaksin virus Corona dan mulai membantu negara-negara lain di dunia yang saat ini tengah berjuang melawan virus Corona. Semoga semangat dan dedikasi Cina dalam melawan virus Corona ini bisa kita tiru ya.

Italia

Negara yang saat ini menjadi episentrum baru kasus virus Corona di dunia adalah Italia. Italia juga menjadi negara di dunia dengan kasus virus Corona terparah. Terhitung sudah ada 63.927 kasus virus Corona yang terkonfirmasi di Italia hingga saat ini. Angka kematian akibat virus Corona di Italia pun saat ini jauh lebih tinggi daripada Cina yakni 6.077 jiwa. Walau demikian, jumlah pasien yang berhasil sembuh dari virus Corona ini sedikit lebih banyak daripada kematiannya yakni 7.432 orang. Wilayah Italia yang paling parah terkena virus Corona adalah Italia Utara seperti Milan, Bergamo, Padua, dan Venezia.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Dunia yang Terdampak Virus Corona

Kasus virus Corona di Italia menyebabkan Italia melakukan lockdown dan melarang adanya aktivitas luar ruangan dan keramaian di Italia, seperti kumpul-kumpul di kafe atau berkunjung ke tempat-tempat wisata. Hal ini juga mengakibatkan tempat-tempat wisata terkenal di Italia menjadi kosong melompong, seperti di Piaza San Marco, Kanal Venezia, Basilika St.Petrus, dan Menara Pisa.

Italia mengalami kasus virus Corona yang parah dikarenakan saat virus Corona sudah ada di sana, masih banyak orang yang tidak mengindahkan aturan pemerintah untuk beraktivitas di rumah. Selain itu, Italia juga memiliki jumlah penduduk lanjut usia yang tinggi dan adanya kegemaran anak muda Italia untuk kumpul-kumpul dengan para orang-orang tua. Hal itu diduga yang membuat penyebaran virus Corona di Italia menjadi cepat dan parah. Semoga kasus virus Corona di Italia bisa menjadi pelajaran bagi kita ya.

Amerika Serikat

Amerika Serikat juga menjadi salah satu negara dengan kasus virus Corona terparah di dunia. Hingga saat ini, sudah ada 46.376 kasus virus Corona yang terkonfirmasi di Amerika Serikat. Walau begitu, dibandingkan dengan negara lainnya, kasus kematian karena virus Corona yang terkonfirmasi di Amerika Serikat tidak terlalu tinggi yakni ada 585 jiwa. Untuk mereka yang sudah sembuh dari virus Corona sendiri berjumlah 314 jiwa. Virus Corona di Amerika Serikat sendiri sudah dikonfirmasi di lebih dari 30 negara bagian.

Spanyol

Spanyol yang berada di Eropa termasuk dalam salah satu negara dengan kasus virus Corona terparah. Saat ini sudah ada 35.068 kasus virus Corona yang terkonfirmasi terjadi di Spanyol. Untuk tingkat kematian akibat virus Corona di Spanyol sendiri berjumlah 2.299 orang. Meskipun begitu, tingkat kesembuhan dari virus Corona di Spanyol menunjukan perkembangan yang positif yakni 3.355 orang, lebih tinggi dari tingkat kematiannya. Semoga saja semakin banyak orang yang sembuh dari virus Corona di Spanyol ya.

Baca Juga :  Negara di Dunia yang Menerapkan Lockdown karena Virus Corona

Jerman

Negara di dunia lainnya yang menjadi salah satu negara dengan kasus virus Corona terparah adalah Jerman. Jerman mengonfirmasi adanya 29.056 kasus positif virus Corona di sana. Akibat adanya virus Corona di Jerman, ada 123 orang yang meninggal. Walau demikian, harapan untuk sembuh dari virus Corona juga tinggi karena hingga saat ini sudah ada 453 orang yang sembuh. Tentunya kita berharap angka kesembuhan dari virus Corona di Jerman akan terus bertambah ya.

Iran

Negara di dunia yang juga perlu diwaspadai karena kasus virus Corona yang cukup parah adalah Iran. Negara yang berada di wilayah Asia Tengah ini telah mengonfirmasi adanya 23.049 kasus positif virus Corona di sana. Kasus virus Corona di Iran juga menyebabkan jatuhnya korban jiwa hingga 1.812 orang meninggal dunia. Walau begitu, jumlah orang yang sudah sembuh dari virus Corona di Iran jauh lebih banyak daripada yang meninggal yakni 8.376 orang. Semoga saja angka kesembuhan dari virus Corona di Iran semakin membaik ke depannya ya.

Prancis

Prancis yang dikenal sebagai salah satu pusat mode dan fashion dunia juga menjadi negara di dunia dengan kasus virus Corona terparah. Hingga saat ini, total kasus positif virus Corona di Prancis sudah mencapai angka 19.856 orang. Kasus virus Corona di Prancis juga menyebabkan 860 orang meninggal dunia. Meski demikian, jumlah orang yang telah berhasil dinyatakan sembuh dari virus Corona di Prancis masih lebih banyak daripada yang meninggal yakni 2.200 orang. Melihat jumlah orang yang berhasil sembuh, kita berdoa akan ada lebih banyak lagi orang yang sembuh dari virus Corona di Prancis.

Korea Selatan

Korea Selatan sempat menjadi salah satu negara di dunia dengan kasus virus Corona terbanyak dan terparah. Dari yang awalnya hanya 31 kasus, kemudian melonjak hingga ribuan karena ulah pasien no.31 yang berkeliaran keliling kawasan Daegu, Korea Selatan, mengikuti acara perkumpulan ibadah gereja, yang pada akhirnya menularkan virus Corona ke banyak orang.

Hingga saat ini, sudah ada 9.037 kasus virus Corona yang terkonfirmasi terjadi di Korea Selatan. Total kematian akibat virus Corona di Korea Selatan berjumlah 120 orang. Walau demikian, yang berhasil sembuh dari virus Corona sangatlah banyak yakni 3.507 orang. Kita berharap agar semakin ada banyak orang lagi yang bisa sembuh dari virus Corona di Korea Selatan. Tak hanya itu, kasus yang terjadi di Korea Selatan hendaknya bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua di tengah pandemi virus Corona ini.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Indonesia yang Menyediakan Wisata Virtual selama Virus Corona

Swiss

Swiss atau Switzerland menjadi negara di dunia yang menderita virus Corona cukup parah. Hingga saat ini, sudah ada 8.795 kasus positif virus Corona yang terkonfirmasi di Swiss. Akibat virus Corona, Swiss juga mengalami kematian sebanyak 120 orang. Untuk mereka yang berhasil sembuh dari virus Corona sedikit lebih banyak daripada yang meninggal yakni 131 orang. Pastinya kita berharap akan ada lebih banyak orang lagi yang bisa dinyatakan pulih dari virus Corona di Swiss dan jumlah kematian tidak bertambah.

Inggris

Negara di Eropa yang juga mengalami kasus virus Corona terparah di dunia adalah Inggris (United Kingdom). Total kasus virus Corona yang terjadi di Inggris cukup tinggi yaitu 6.661 jiwa. Tingkat kematian akibat virus Corona di Inggris berjumlah 335 jiwa. Sedangkan, untuk tingkat kesembuhan dari virus Corona di Inggris masih belum sebanyak tingkat kematiannya yakni 140 jiwa. Kita berharap akan ada lebih banyak orang lagi yang sembuh dari virus Corona di Inggris dan angka kematian akibat Corona di Inggris tidak bertambah lagi.

Itulah negara-negara di dunia dengan kasus virus Corona terbanyak dan terparah. Hingga saat ini, total konfirmasi kasus virus Corona di seluruh dunia telah mencapai 381.529 orang. Untuk tingkat kematian akibat virus Corona di seluruh dunia hingga saat ini berada di angka 16.554 orang. Walau demikian, tingkat kesembuhan dari virus Corona di dunia masih jauh lebih tinggi yakni 102.429 orang. Semoga akan ada jauh lebih banyak orang yang selamat dan berhasil sembuh dari paparan virus Corona di dunia.

Kita optimis bahwa kita bisa melalui masa-masa ini. Yang terpenting adalah kita harus optimis, menjaga kesehatan, menjalani hidup yang bersih, rajin mencuci tangan, dan tidak bepergian terutama ke tempat-tempat yang sudah jelas-jelas menjadi zona merah virus Corona. Stay safe dan semoga Tuhan memberkati kita semua ya Sweet Couple!

Leave a Reply