Resep Menu Es Kopyor untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadan. Bulan Ramadan menandakan waktunya untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa tak hanya sekadar tidak makan dan minum dari pagi hingga matahari terbenam, tetapi yang terpenting adalah bagaimana menjaga hawa nafsu dan mengendalikan diri di bulan Puasa.

Kalau ngomongin bulan puasa, rasanya gak afdol kalau gak ngomongin menu untuk sahur dan buka puasa. Nah, untuk sekarang kita ngomongin menu untuk buka puasa di bulan puasa dulu ya Sweet Couple. Buka puasa itu penting karena sebagai hidangan pelepas dahaga setelah kita menjalankan puasa seharian jadi harus yang enak dan lezat. Ga usah pusing dan ribet, kami berikan ide menu untuk buka puasa yang pastinya irit dan hemat selama bulan Puasa ini. Yuk simak!

Es Kopyor

Bulan Puasa memang cocok banget kalau menikmati hidangan yang segar. Salah satu kreasi hidangan segar yang banyak dicari selama bulan Puasa adalah Es Kopyor. Rasanya segar dan cocok dinikmati sebagai Pelepas dahaga usai berpuasa selama seharian. Nah, gimana kalau bikin Es Kopyor untuk menu buka puasa di bulan Puasa? Pastinya gak susah dan bahan juga mudah didapat! Kita bisa bikin ini di rumah aja loh Sweet Couple! Yuk simak cara membuat menu buka puasa Es Kopyor!

Baca Juga :  Resep Menu Cream Soup ala Restoran di Bulan Puasa

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Kopyor sebagai menu untuk buka puasa. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu buka puasa Es Kopyor? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep menu buka puasa Es Kopyor.

  • 1 buah kelapa kopyor
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 bks agar-agar
  • 1 1/2 sdm sirup coco pandan
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Air kelapa secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Garam secukupnya

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep menu buka puasa Es Kopyor. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat menu buka puasa Es Kopyor? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep menu buka puasa Es Kopyor.

  • Mangkuk/Piring
  • Sendok
  • Pisau
  • Wajan/Panci
Baca Juga :  Resep Menu Salad Buah dan Sayur untuk Sahur di Bulan Puasa

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat menu buka puasa Es Kopyor siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah resep berikut untuk membuat Es Kopyor sebagai menu makanan buka puasa di bulan Puasa. Inilah cara untuk membuat resep menu buka puasa Es Kopyor selama bulan puasa.

  1. Siapkan buah kelapa yang hendak dibuat untuk Es Kopyor. Berdasarkan info, kelapa terbaik yang cocok untuk dijadikan Es Kopyor asal Pati dan Rangkasbitung Banten. Walau harganya jauh lebih mahal ya.
  2. Kedua, peras kelapa dengan menggunakan air kelapa
  3. Selanjutnya, siapkan pula agar-agar sebagai bahan untuk isian Es Kopyor
  4. Berikutnya, masukkan air kelapa kira-kira 125 cc ke adonan agar-agar
  5. Setelah itu, Sweet Couple bisa tambahkan gula pasir dan garam secukupnya ke dalam adonan tersebut
  6. Lalu, masak adonan dengan menggunakan api yang kecil dan terus aduk hingga merata.
  7. Tunggu hingga adonan mendidih, lalu angkat adonan tersebut
  8. Siapkan wadah/gelas berisi es batu dan tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam gelas berisi es batu. Sweet Couple juga bisa tuangkan kopyor tersebut terlebih dulu, baru dilanjutkan dengan menuangkan es batu
  9. Setelah itu, tambahkan sirup rasa cocopandan atau fanta merah. Voila! Akhirnya Es kopyor siap dihidangkan sebagai menu untuk buka puasa
Baca Juga :  Resep Menu Kolak Pisang untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan

Wah gampang banget kan bikin menu buka puasa Es Kopyor? Pastinya gak ribet dan tetap nyegerin. Cocok dan Pas banget buat menu buka puasa yang menyegarkan di bulan Ramadan. Inilah minuman Pelepas dahaga yang bikin buka puasa kalian makin menyenangkan. Tertarik untuk mencoba bikin resep menu buka puasa yang satu ini? Kalau tertarik, mending langsung cus aja buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Es Kopyor buat buka puasa di bulan puasa ini. Selamat berkreasi ya Sweet Couple!

Leave a Reply