Resep Menu Buka Puasa Sayur Asem

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadan. Bulan Ramadan menandakan waktunya untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa tak hanya sekadar tidak makan dan minum dari pagi hingga matahari terbenam, tetapi yang terpenting adalah bagaimana menjaga hawa nafsu dan mengendalikan diri di bulan Puasa.

Kalau ngomongin bulan puasa, rasanya gak afdol kalau gak ngomongin menu untuk sahur dan buka puasa. Nah, untuk sekarang kita ngomongin menu untuk buka puasa di bulan puasa dulu ya Sweet Couple. Buka puasa itu penting karena sebagai hidangan pelepas dahaga setelah kita menjalankan puasa seharian jadi harus yang enak dan lezat. Ga usah pusing dan ribet, kami berikan ide menu untuk buka puasa yang pastinya irit dan hemat selama bulan Puasa ini. Yuk simak!

Sayur Asem

Siapa sih yang ga suka sama Sayur Asem? Sayur Asem ini rasanya asam-asam segar dan menyehatkan. Paling cocok dimakan sama nasi hangat dan juga rempeyek atau ikan asin. Gimana kalau bikin Sayur Asem untuk menu buka puasa? Sayur Asem tentunya mudah dibuat dan lezat! Bahan-bahannya pun mudah didapat. Yuk simak cara membuat menu buka puasa Sayur Asem!

Baca Juga :  Resep Menu Kolak Pisang untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Sayur Asem sebagai menu untuk buka puasa. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu buka puasa Sayur Asem? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep menu buka puasa Sayur Asem.

  • Labu siam kecil, belah jadi 4 bagian
  • Kacang Panjang, potong jadi 6 buah
  • Jagung manis, potong jadi 1 buah
  • Melinjo 100 gram
  • Asam Jawa
  • Lengkuas
  • Daun salam 3 lembar
  • Air
  • Gula
  • Garam
  • Cabai merah 3 buah
  • Cabai hijau 2 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 2 siung

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep menu buka puasa Sayur Asem. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat menu buka puasa Sayur Asem? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep menu buka puasa Sayur Asem.

  • Mangkuk/Piring
  • Sendok
  • Pisau
  • Wajan/Panci

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat menu buka puasa Sayur Asem siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah resep berikut untuk membuat Sayur Asem sebagai menu makanan buka puasa di bulan Puasa. Inilah cara untuk membuat resep menu buka puasa Sayur Asem selama bulan puasa.

  1. Pertama, cuci bersih semua sayuran yang akan digunakan sebagai bahan utama membuat Sayur Asem. Ingat! Kebersihan itu penting ya Sweet Couple!
  2. Kedua, potong-potong sayuran yang akan digunakan sebagai bahan utama Sayur Asem seperti labu siam, kacang Panjang, dan jagung manis
  3. Ketiga, ambil dan masukkan Asam Jawa dengan air panas. Setelah itu, saring dan sisihkan
  4. Keempat, iris dan potong bumbu iris seperti cabai dan bawang putih
  5. Berikutnya, siapkan alat-alat memasak seperti panci. Isi panci dengan air dan nyalakan kompor untuk merebus air di dalam panci
  6. Setelah air di dalam panci mendidih, maka masukkan bumbu iris, daun salam, dan lengkuas ke dalam panci air mendidih. Aduk hingga merata dan biarkan matang sebentar
  7. Kemudian, masukkan melinjo dan labu siam. Masak dan aduk hingga matang. Untuk tipsnya, masukkan sayuran yang matangnya agak lama dulu daripada yang matangnya cepat ya
  8. Lalu, masukkan pula sisa sayuran lainnya yang akan dimasak sebagai bahan utama Sayur Asem. Sweet Couple masak hingga sayuran tampak agak layu ya
  9. Jangan lupa pula untuk menambahkan air rebusan asam jawa, gula, dan garam.
  10. Jika sudah selesai dan terlihat pas, maka angkat sayur asemnya dan masukan ke dalam mangkuk
  11. Akhirnya Sayur Asem sebagai menu hidangan buka puasa siap untuk disajikan
Baca Juga :  Resep Menu Salad Buah dan Sayur untuk Sahur di Bulan Puasa

Wah gampang banget kan bikin menu buka puasa Sayur Asem? Pastinya gak ribet, lebih murah, dan rasanya tetap lezat serta nyegerin. Cocok dan Pas banget buat menu buka puasa yang mengenyangkan di bulan Ramadan. Tertarik untuk mencoba bikin resep menu buka puasa yang satu ini? Kalau tertarik, mending langsung cus aja buruan siapin alat dan bahannya lalu bikin deh Sayur Asem buat buka puasa di bulan puasa ini. Happy Cooking ya Sweet Couple!

Leave a Reply