Sejarah dan Makna Shio Dalam Kepercayaan Tionghoa

Sejarah dan Makna Shio sangat menarik untuk dipelajari. Astrologi Tionghoa sudah ada sejak ribuan tahun lebih dan telah memberikan peran penting terhadap budaya Tionghoa. Astrologi Tionghoa ini dikenal lebih kompleks bila dibandingkan dengan astrologi barat. Astrologi Tionghoa menggabungkan yin dan yang serta lima elemen yang ada pada astrologi Tionghoa yang dimana membuat astrologi ini menjadi sangat kompleks.

Di Indonesia astrologi Tionghoa dikenal dengan shio. Istilah kata shio yang biasa didengar di Indonesia diambil dari lafal dialek Shio (Hanzi: 生肖; Mandarin: Shēngxiào, Hokkian: Sheshio). Shio ini bermula saat Kaisar Jade ingin memilih dua belas binatang yang akan menjaga Istana Celestial, tempat para dewa tertinggi tinggal. Kaisar Jade mengirim makhluk abadi ke dunia manusia untuk menyebarkan pesan. Semakin awal melewati Gerbang Surgawi, semakin baik peringkatnya.

Keesokan harinya, para hewan berangkat menuju Gerbang Surgawi. Selama proses perjalanan menuju gerbang, tikus bertemu dengan sebuah sungai dan terpaksa harus berhenti sejenak karena arus yang deras. Setelah menunggu lama, tikus melihat kerbau yang berusaha untuk menyeberangi sungai. Setelah meilhat hal tersebut, tikus pun dengan cepat melompat ke telinga kerbau. Kerbau pun tidak merasa keberatan sama sekali dengan perilaku tikus dan hanya fokus melanjutkan perjalanannya. Setelah menyeberangi sungai, tikus pun berlari menuju istana.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Baca Juga :  Resep Kue Lapis Legit untuk Imlek

Hal tersebut lalu menjadikan tikus jadi terlihat lebih tinggi. Sehingga tikus kemudian berada di urutan pertama. Setelah tikus dan kerbau, macan dan naga juga dikisahkan sempat berebut posisi mereka sendiri. Setelah itu akhirnya macan yang berhasil berada di urutan ketiga dan kelinci menyalip naga berada di urutan keempat. Naga pun terpaksa mundur ke urutan kelima.

Ular berkata kepada Kaisar Jade bahwa naga adalah ayah angkatnya. Maka dari itu, ular pun diangkat menjadi peringkat keenam. Kuda dan kambing pun tiba. Kaisar melihat betapa sopan perilaku yang dilakukan oleh kuda dan kambing. Dari situ, kuda dan kambing pun berada di peringkat ketujuh dan kedelapan. Monyet pun tertinggal jauh di belakang. Tapi dia melompat di antara pohon dan batu, dan mengejar menjadi kesembilan, disusul ayam, anjing, dan babi.

Konon katanya, anjing merasa kesal dengan perilaku yang dilakukan oleh kelinci. Kekesalan anjing ini membuatnya menggigit telinga kelinci. Tindakan anjing ini pun diketahui oleh Kaisar Jade. Kaisar Jade pun marah dan kesal dengan anjing dan akhirnya menaruh anjing ini pada urutan Shio ke sebelas.

Yuk, pelajari makna shio ini!

Sejarah dan Makna Shio Dalam Kepercayaan Tionghoa

Sejarah dan Makna Shio Dalam Kepercayaan Tionghoa
Gambar diambil dari mamikos.com

Dalam kepercayaan warga Tionghoa, terdapat sebuah astrologi yang dikenal sebagai Shio. Shio adalah dua belas simbol binatang yang merupakan salah satu budaya Tionghoa. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa makna Shio memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan seseorang. Arti Shio ini juga dianggap sebagai tolak ukur untuk mengetahui kepribadian, keberuntungan, kesehatan, karier, dan jodoh.

Baca Juga :  5 Ide Hampers Imlek untuk Orang Terdekat

Warga Tionghoa mempercayai Shio karena menganggap hal tersebut berhubungan dengan sifat atau karakter seseorang. Bagi sebagian orang Tionghoa, Shio seseorang dapat diketahui dari tahun lahirnya, bagi beberapa orang akan menanyakan langsung apa Shio seseorang terlebih dahulu untuk memperkirakan pada tahun berapa mereka lahir. Bagi beberapa orang, Shio ini dipercaya sangat mempengaruhi keberuntungan/hoki, karena setiap Shio ini memiliki ciri khas dari sifatnya yang akan mendapatkan keberuntungan.

Namun, bagi beberapa orang lainnya, makna Shio ini tidak dianggap sebagai tolak ukur untuk mengetahui hal-hal seperti kepribadian, keberuntungan, kesehatan, karier, dan jodoh. Mereka menganggap hal tersebut dapat diperoleh jika seseorang melakukan suatu kegiatan seperti bekerja, terus berusaha dan berdoa maka hal tersebut bisa didapatkan dengan sendirinya. Makna Shio tidak dapat dikatakan bisa penentu rezeki seseorang, karena rezeki tersebut mungkin juga didapatkan karena seseorang berbuat hal baik dan terus berusaha.

Sweet Couple juga bisa mempelajari arti 12 shio berdasarkan tahun lahir lho. Menarik kan untuk menambah pengetahuan.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari beberapa artikel.