Sejarah Mangkuk Ayam Jago Super Fenomenal

Sweet Couple sudah buka Google hari ini? Jika ya, maka Anda akan menemukan Doodle Google Mangkuk ayam Jago.

Pasti Anda sudah familiar kan dengan mangkuk bergambar ayam jago? Mangkuk ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Mulai dari di warung kaki lima hingga restoran mewah pun ada.

Mangkuk ayam jago ini biasanya digunakan untuk makan resep bakso, resep bubur, dan resep mie. Rasanya tak afdol jika menyantap ketiga jenis hidangan tersebut tanpa mangkuk tersebut.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Namun, tahukah Sweet Couple tentang seluk beluk dan sejarah mangkuk ayam jago ini? Pasti banyak yang belum tahu tentang sejarahnya hingga bisa seterkenal ini.

Kira-kira seperti apa ya? Yuk simak ulasan lengkap sejarah mangkuk ayam jago berikut ini!

Sejarah Mangkuk Ayam Jago

Berdasarkan berbagai macam sumber, mangkuk ayam jago yang fenomenal ini rupanya berasal dari kawasan Guandong, Cina.

Tahukah Anda jika usia mangkuk tersebut sudah mencapai lebih dari 100 tahun? Termasuk panjang juga ya perjalanan sejarah mangkuk ayam jago ini.

Mangkuk ini dibuat oleh orang Hakka dengan cara yang masih tradisional yakni dengan mencetak dan melukisnya dengan tangan.

Baca Juga :  Resep Bubur Sumsum untuk Buka Puasa yang Manis

Makna Mangkuk Ayam Jago

Gambar ayam jago tersebut melambangkan kerja keras dari orang yang membuat dan memakainya. Sedangkan daun pisang dan bunga peony melambangkan adanya mimpi dan keuntungan yang bagus bagi setiap insan yang memakainya.

Mendalam sekali ya filosofi dari mangkuk ayam jago ini?

Perjalanan Mangkuk Ayam Jago

Lantas bagaimana perjalanan mangkuk ayam jago hingga bisa seterkenal sekarang? Rupanya pada tahun 1957 di kawasan Lampang, Thailand banyak pengusaha yang membuka usaha pabrik produksi mangkuk.

Hal tersebut terjadi karena kawasan Lampang kaya akan mineral lempung yang dikenal bagus dalam pembuatan keramik. Sejak itulah, mangkuk ayam jago diproduksi secara masal hingga ke banyak kawasan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Itulah sejarah mangkuk ayam jago yang menjadi tren dan Doodle Google pada 12 September 2022 ini. Hal ini menandai bahwa dunia mengakui mahakarya legendaris dari kawasan Asia.

Jadi ingin makan dengan mangkuk ayam Jago gak sih? Jika ya, maka bisa coba bikin resep mie ayam, resep bakso, ataupun resep bubur ayam agar semakin lengkap dalam merayakan sejarah dan kehadiran mangkuk legendaris ini.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Baca Juga :  Resep Bubur Ayam Jakarta Primadona Hidangan Sarapan

Artikel disadur dari pontianak.tribunnews.com