14 Stok Bahan Makanan yang Wajib Ada di Rumah Selama Bulan Puasa

Bulan Ramadan sebentar lagi akan dimulai. Hal tersebut menandakan waktunya bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. Di bulan puasa ini, alangkah baiknya untuk mempersiapkan stok bahan makanan agar kita tidak perlu bingung dan pusing kala menyiapkan menu makanan untuk sahur dan buka puasa. Yang terpenting adalah bahan makanan tersebut awet, tahan lama, praktis, dan mudah didapat. Lebih bagus lagi jika mengandung gizi agar tubuh tetap sehat selama bulan puasa.

Berikut ini adalah stok bahan makanan yang wajib ada di rumah selama bulan puasa. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut ini Sweet Couple!

Beras

Stok bahan makan yang satu ini tentu saja harus banget dan wajib ada di rumah ya. Mau bulan puasa atau pas lagi gak bulan puasa, beras sudah menjadi stok bahan makan wajib yang dimiliki oleh orang Asia, termasuk Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan makanan pokok nasi, berasa menjadi kebutuhan utama dalam rumah tangga masyarakat Indonesia. Setidaknya jika kita hanya punya beras di rumah, kita masih bisa memasaknya dan melengkapinya dengan lauk pauk serta sayur mayur yang dibeli di luar. Intinya sih kalau ga ada beras dan belum makan nasi, rasanya belum afdol deh buat orang Indonesia terutama di bulan puasa ini.

Mie dan Pasta

Stok bahan makanan berikutnya yang wajib dimiliki di rumah terutama saat bulan puasa adalah mie dan pasta. Kedua makanan ini bisa menjadi pengganti nasi karena masih mengandung karbohidrat. Selain itu, mie dan pasta juga bikin kita jadi lebih cepat kenyang dan tetap berenergi selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Bahan makanan ini juga bisa diolah dan dicampur dengan sayuran, daging, ayam, cumi, dan telur sehingga lebih variatif.

Sosis

Stok bahan makanan yang satu ini juga wajib ada di rumah selama bulan puasa. Ya, sosis. Bahan makanan yang satu ini cocok banget disimpan selama bulan puasa karena awet dan tahan lama terutama bila disimpan di dalam kulkas. Sosis juga mudah didapat dan mudah diolah menjadi lauk untuk nasi goreng, mie, ataupun sop. Pastinya dengan makan sosis, kebutuhan protein hewani kalian akan terpenuhi tanpa perlu takut gak sehat.

Baca Juga :  Resep Menu untuk Buka Puasa Tumis Oseng Oseng Buncis Tempe

Nugget

Siapa sih yang ga tau Nugget? Daging ayam olahan yang dikemas dan dibekukan ini sudah menjadi semacam stok bahan makanan wajib yang harus ada di rumah selama bulan puasa. Nugget mudah didapatkan dan praktis untuk diolah menjadi hidangan pendamping nasi selama sahur ataupun berbuka puasa. Cukup digoreng dengan minyak/mentega di wajan dan langsung jadi deh. Rasanya sesekali sahur atau buka dengan bahan makanan ini selama bulan puasa gak akan jadi masalah deh.

Buah-buahan

Siapa di sini yang suka dengan buah-buahan? Buah-buahan itu lezat, segar, dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Tak heran jika buah-buahan menjadi salah satu stok bahan makanan yang wajib ada di rumah selama bulan puasa. Sebenarnya, buah-buahan tak hanya cocok disantap selama bulan puasa, tetapi saat bulan puasa ini akan lebih baik jika kita banyak mengonsumsi buah-buahan. Hal itu karena buah-buahan mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kebugaran tubuh terutama di bulan puasa ini. Selain itu, makan buah juga bisa bikin kenyang dan lebih berenergi selama bulan puasa loh. Apalagi bisa diolah menjadi salad buah atau rujak. Hmmmm…. setuju kan Sweet Couple?

Sayur-mayur

Selain buah-buahan, sayur mayur juga menjadi stok bahan makanan wajib yang ada di rumah selama bulan puasa. Sudah tahu dong pentingnya sayur mayur bagi kesehatan tubuh. Di bulan puasa, tubuh juga harus mendapat asupan gizi yang cukup dan seimbang agar tetap bugar dan sehat. Selain itu, sayur mayur juga bisa diolah menjadi beragam jenis makanan untuk sahur maupun buka puasa seperti oseng, tumis, sop, salad, atau campuran dengan bahan makanan lain. Jadi jangan sampai bahan makanan yang satu ini gak ada di rumah selama bulan puasa ya Sweet Couple!

Roti

Bahan makanan yang satu ini rasanya juga menjadi salah satu stok bahan makanan yang wajib ada di rumah selama bulan puasa. Ya benar sekali! Roti merupakan bahan makanan yang cocok untuk disantap selama bulan puasa karena roti bisa diolah menjadi beragam jenis varian, seperti roti bakar, sandwich, roti isi selai, atau langsung dimakan begitu saja. Apalagi roti juga mengandung karbohidrat dan serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, roti juga bisa menjadi pengganti nasi dan bikin kita tetap kenyang serta berenergi selama bulan puasa. Jadi jangan lupa nyetok roti di rumah selama bulan puasa ya!

Baca Juga :  Resep Menu Es Kopyor untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan

Tepung

Selama bulan puasa, pastinya Sweet Couple akan cukup banyak bereksperimen di dapur karena akan sering masak-masak untuk sahur maupun buka puasa. Oleh karena itu, bahan makanan yang juga perlu wajib ada di rumah selama bulan puasa adalah tepung. Ya, tepung sudah menjadi barang wajib kebutuhan dapur di rumah. Dengan tepung, Sweet Couple bisa membuat berbagai macam kreasi hidangan seperti gorengan bakwan, tempe, pisang goreng, dan ayam goreng. Tepung juga ada beragam jenis seperti tepung terigu, tepung maizena, tepung tapioka, tepung roti, dan lain sebagainya. So, jangan lupa untuk selalu sedia tepung sebelum puasa ya Sweet Couple!

Kacang-kacangan

Bahan makanan yang satu ini juga wajib ada selama bulan puasa yaitu kacang-kacangan. Mengapa demikian? Karena kacang-kacangan tergolong tahan lama dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti minuman, sop/sayuran, dan sambal kacang bahkan cemilan pendamping. Selain itu kacang juga mengandung protein nabati yang berguna bagi kesehatan tubuh sehingga cocok dikonsumsi untuk sahur dan buka puasa.

Bakso

Bakso bisa menjadi rekomendasi bahan makanan wajib di rumah selama bulan puasa. Tak hanya itu, bakso juga cocok dikonsumsi untuk sahur atau berbuka puasa. Tak heran jika bakso wajib dimiliki di rumah karena bakso bisa tahan lama dan awet. Bakso bisa diolah menjadi beragam jenis makanan dengan praktis. Sweet Couple bisa menggorengnya atau menumis dengan campuran sayur mayur. Jika ingin dibuat model bakso di warung pun juga bisa. Kalau mau sehat, bisa menjadikan bakso sebagai pelengkap sajian sup. Banyak banget kan variasinya?

Tahu dan Tempe

Nah kalau bahan makanan yang satu ini sih rasanya memang wajib punya banget ya sebagai orang Indonesia. Rasanya gak afdol kalau di rumah tapi gak nyetok bahan makanan ini. Ya, tahu dan tempe! Duo maut kebangaan masyarakat Indonesia ini memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam khazanah kuliner tanah air. Mau bulan puasa ataupun tidak, tahu dan tempe wajib ada di rumah. Tahu dan tempe memiliki kandungan gizi berupa protein serta mudah diolah menjadi tahu-tempe goreng, mendoan, atau dioseng/ditumis dengan sayuran. Pastinya selama ada tahu dan tempe di rumah sebagai bahan makanan, maka kalian akan tetap aman.

Baca Juga :  Resep Menu Cream Soup ala Restoran di Bulan Puasa

Kornet

Bahan makanan yang satu ini biasanya kita jumpai dalam bentuk kemasan atau kalengan. Ya, kornet namanya. Bahan makanan yang berbahan dasar daging sapi ini juga menjadi salah satu bahan makanan wajib selama bulan puasa di rumah. Kornet mudah ditemui di minimarket dan bisa menjadi lauk untuk sahur maupun buka puasa secara praktis. Cukup tuang dan panaskan di wajan, lalu jadi dan siap disantap bersama nasi hangat. Praktis kan?

Sarden

Bahan makanan yang satu ini biasanya kita jumpai dalam bentuk kemasan atau kalengan. Ya, sarden namanya. Bahan makanan yang berbahan dasar ikan ini juga menjadi salah satu bahan makanan wajib selama bulan puasa di rumah. Sarden mudah ditemui di minimarket dan bisa menjadi lauk untuk sahur maupun buka puasa secara praktis. Cukup tuang dan panaskan di wajan, lalu jadi dan siap disantap bersama nasi hangat. Praktis kan?

Telur

Siapapun pasti setuju bahwa bahan makanan yang satu ini wajib banget disetok untuk selalu ada di rumah. Pasalnya telur adalah bahan makanan yang praktis dan cocok disantap kapan saja, termasuk untuk sahur dan buka puasa selama bulan puasa di rumah. Selain itu, telur juga murah dan bisa disajikan dengan makanan lainnya. Telur juga mengandung protein sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya gak lengkap kalau gak nyetok telur sebagai stok bahan makanan wajib di rumah selama bulan puasa.

Itulah deretan stok bahan makanan yang wajib ada di rumah selama bulan puasa. Intinya jika kalian menyimpan dan menyetok bahan makanan tersebut selama bulan puasa di rumah, maka bisa dipastikan pasokan makanan kalian akan aman dan terjaga. Jadi tak usah khawatir takut kekurangan makanan ya. Kalau berlebih, gak ada salahnya juga untuk berbagi dengan sesama di bulan Ramadan ini.

Leave a Reply