11 Tips Aman Naik Kendaraan Umum untuk Perempuan

Traveling memang menyenangkan, apalagi dengan menggunakan kendaraan umum. Di sini, kita bisa bertemu dengan banyak orang bahkan berkenalan dengan orang baru. Di kendaraan umum pun kita bisa menikmati fasilitas serta pemandangan yang ditawarkan selama perjalanan.

Namun, terkadang ada saja orang-orang tak bertanggung jawab yang mengganggu keamanan dan kenyamanan penumpang di kendaraan umum. Belum lagi dengan aksi kejahatan yang bisa sewaktu-waktu terjadi di kendaraan umum dan seringkali menimpa para perempuan.

Nah, biar kalian tidak menjadi target aksi kejahatan di kendaraan umum, alangkah baiknya untuk menyimak tips berikut ini. Inilah tips aman naik kendaraan umum untuk perempuan.

Pilih kendaraan umum yang tepat dan tergolong aman

Tips aman naik kendaraan umum untuk perempuan yang pertama yakni pilih kendaraan umum yang tepat/sesuai dan memang tergolong aman.

Pilihlah kendaraan umum yang memang sudah jelas aman seperti bus malam kelas eksekutif/VIP, bus trans kota, kereta api, atau pesawat jika ingin traveling.

Selain itu, jika kalian ingin naik kendaraan umum seperti angkot, pilih yang berkaca jendela bening agar terlihat dari luar. Hal-hal seperti ini mampu membuat kalian terhindar dari tindak kejahatan/kriminal di kendaraan umum.

Menggunakan pakaian yang sewajarnya dan tidak berlebihan

Tips aman naik kendaraan umum untuk perempuan berikutnya adalah menggunakan pakaian yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Hindari penampilan yang mencolok, apalagi sampai menggunakan perhiasan yang berlebihan yang sampai terlalu menarik perhatian orang lain.

Biasanya kejahatan terjadi bukan hanya karena niat, tetapi juga karena kesempatan. Apalagi masih banyak orang iseng tak bertanggung jawab yang melakukan tindakan kriminal hanya karena mereka “tidak bisa menahan diri” saat melihat perempuan yang dianggap “menarik perhatian”.

Tidak sibuk bermain gadget

Selanjutnya, Tips aman naik kendaraan umum untuk perempuan yaitu tidak sibuk bermain gadget. Kadang kala kita terlau sibuk dan fokus dengan gadget kita, tanpa mengindahkan keadaan sekitar.

Baca Juga :  10 Tips Tetap Sehat dan Bugar saat Traveling

Alhasil, kita jadi terlena dan menjadi target tindakan kejahatan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk tidak sibuk bermain gadget saat di kendaraan umum agar kalian tetap aman dan lebih mawas diri dengan keadaan sekitar.

Jangan mudah menerima makanan/minuman dari orang tak dikenal

Tips berikutnya agar para perempuan selalu aman saat naik kendaraan umum yaitu jangan mudah menerima makanan/minuman dari orang tak dikenal.

Kadang kita berkenalan dengan orang baru saat di kendaraan umum, tetapi kita tidak tahu latar belakang orang itu seperti apa. Alangkah baiknya untuk menolak secara halus jika kalian ragu dengan pemberian dari orang tersebut.

Apalagi ada orang-orang jahat yang menggunakan modus memberi makanan/minuman dan menghipnotis mereka yang terlena. Bahaya banget ya girls!

Selalu pantau barang bawaan

Tips aman naik kendaraan umum bagi para perempuan dan juga yang lainnya adalah selalu pantau barang bawaan. Jangan sampai kalian lengah atau lupa dengan barang bawaan masing-masing.

Bukan berarti harus dipantau setiap detik, tetapi harus lebih mawas diri dengan barang bawaan. Pastikan barang bawaan aman dan ada di tempat yang semestinya. Patut dicurigai apabila barang bawaan bergeser dari tempat sebelumnya.

Letakan barang bawaan di tempat yang aman

Tips ini masih berkaitan dengan tips sebelumnya. Saat naik kendaraan umum, letakan barang bawaan di tempat yang aman. Tempat yang aman di sini yakni di tempat yang mudah dijangkau dan mudah dipantau dari posisi kalian.

Baca Juga :  [TIPS] 8 Hal yang Harus Dihindari Saat LDR

Hal ini guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti barang bawaan hilang atau berpindah akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, untuk barang berharga seperti dompet, uang, dan ponsel bisa disimpan di dalam kantong celana/baju/tas kecil yang selalu dibawa ke mana-mana.

Perhatikan keadaan sekitar

Tips berikutnya yang juga tidak boleh disepelakan saat naik kendaraan umum adalah perhatikan keadaan sekitar. Kita harus selalu mawas diri dan memperhatikan keadaan sekitar, terutama saat berada di kendaraan umum.

Dengan begitu, kita jadi lebih waspada dan tidak mudah jadi target kejahatan. Kita bisa memperhatikan gerak-gerik orang yang terlihat mencurigakan saat di kendaraan umum dan lebih berhati-hati dengan mereka.

Perhatikan rute kendaraan umum

Agar selalu aman saat naik kendaraan umum, kalian juga harus memperhatikan rute kendaraan umum.

Hal ini agar kalian tahu dan paham rute yang dilalui oleh kendaraan umum tersebut, apakah rutenya melalui daerah yang ramai atau justru melalui rute yang sepi sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan juga untuk kalian sebelum melakukan perjalanan.

Selain itu memperhatikan rute juga penting untuk moda transportasi umum yang menerapkan sistem transit agar kita tidak tersasar atau salah naik kendaraan.

Bertanya kepada petugas jika bingung

Tips ini sesuai dengan pepatah khas Indonesia, malu bertanya sesat di jalan. Ya, karena kurang berani bertanya seringkali membuat kita tersesat terutama saat melakukan perjalanan dengan kendaraan umum.

Bertanya kepada orang lain, terutama petugas/pengemudi sejelas-jelasnya jika kalian ragu atau tidak tahu rute/kendaraan umum yang akan dinaiki.

Kalian juga bisa bertanya kepada penumpang lain yang mungkin lebih familiar dengan rute/kendaraan umum tersebut. Jangan sampai kalian malah nyasar atau ketinggalan kendaraan karena malu bertanya.

Baca Juga :  10 Ide Outfit Traveling untuk Perempuan

Jangan terlalu banyak tidur

Tips ini juga penting banget agar kalian, terutama para perempuan selalu aman saat naik kendaraan umum. Jangan terlalu banyak tidur saat di kendaraan umum.

Ya mungkin kalian merasa capek, lelah, dan butuh istirahat. Namun, jangan sampai terlena dan keasyikan tidur sampai lupa dengan keadaan sekitar dan barang bawaan.

Apalagi saat malam hari yang sering terjadi tindak kejahatan seperti pencurian. Alangkah baiknya untuk tetap mawas diri dan waspada agar terhindar dari tindak kejahatan tersebut selama di kendaraan umum.

Tidak naik kendaraan umum terlalu larut malam

Tips yang terakhir memang klise, tetapi terkadang masih relevan hingga saat ini terutama untuk para perempuan. Usahakan untuk tidak naik kendaraan umum terlalu larut malam.

Mungkin ada beberapa kendaraan umum yang masih tetap aman saat malam hari sekalipun karena penjagaannya yang ketat, tetapi masih ada kendaraan umum yang kurang aman saat larut malam seperti angkot, mikrolet, metromini, dan bus kota.

Apalagi banyak orang jahat yang berkeliaran dan memanfaatkan gelapnya malam serta sepinya suasana kendaraan umum untuk melancarkan aksinya. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak terlalu larut malam saat naik kendaraan umum yang dianggap rawan.

Itulah tips aman naik kendaraan umum untuk perempuan. Tentunya, tips tersebut tak hanya berlaku khusus untuk perempuan, tetapi juga siapapun karena rasa aman saat naik kendaraan umum adalah hak milik setiap orang. Intinya adalah selalu hati-hati, waspada, dan jangan lengah karena di sekitar kita masih banyak orang-orang tak bertanggung jawab yang tega melakukan kejahatan sedemikian rupa terutama kepada perempuan. Jadi, tetap hati-hati ya! Semoga tips ini berguna untuk kalian semua!

Leave a Reply