Tips Bersepeda Aman dan Nyaman di Jalanan

Semua pasti setuju jika salah satu olahraga yang sedang naik daun selama pandemi Corona ini adalah bersepeda. Hampir semua orang berbondong-bondong membeli sepeda baru. Angka penjualan sepeda meroket drastis. Tak hanya itu, setiap pagi hari terutama akhir pekan banyak orang yang bersepeda entah sendiri atau bersama dengan keluarga, teman, maupun pacar. Tentunya hal ini pertanda baik karena semakin banyak orang yang sadar akan manfaat dari olahraga sepeda.

Namun, kadang ada beberapa orang yang bersepeda tanpa mengindahkan aturan sehingga membahayakan keselamatan pengguna jalan lain. Belum lagi mereka yang hanya sekadar ikut-ikutan tren tapi tidak diikuti dengan kesadaran akan tertib berlalu lintas.

Oleh karena itu, kami berikan sejumlah tips bersepeda aman dan nyaman di jalanan untuk Sweet Couple yang hobi bersepeda maupun yang ingin memulai bersepeda dalam waktu dekat. Simak tips bersepeda aman dan nyaman di jalanan berikut ini!

1. Pilih sepeda yang nyaman dikayuh dan tidak berat

Tips bersepeda aman dan nyaman saat di jalanan tentu saja dimulai dengan memilih sepeda yang nyaman untuk dikayuh dan tidak berat. Sebelum memutuskan membeli sepeda, pilihlah sepeda yang memang nyaman untuk diduduki, dikayuh, dan tidak berat saat dipakai. Hal ini berpengaruh terhadap tubuh kita nantinya saat bersepeda. Tidak mau kan jika saat bersepeda nanti tubuh bukannya sehat, tapi malah sakit.

2. Cek ban, rem, stang, pedal, dan sadel sepeda sebelum mulai bersepeda

Tips bersepeda aman dan nyaman saat di jalanan yang juga perlu diingat yakni selalu mengecek ban, rem, stang, pedal, dan sadel sepeda sebelum mulai bersepeda. Pastikan keadaan bagian-bagian tersebut baik dan berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan sampai saat sudah mulai bersepeda malah menjadi tidak nyaman karena ada salah satu alat uang rusak serta tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Tips Terhindar dari Virus Corona saat Jalan-jalan di Luar Rumah

3. Pakailah helm dan alat pengamanan lainnya saat akan bersepeda

Tips bersepeda aman dan nyaman saat di jalanan yang penting berikutnya adalahnya selalu pakai helm dan alat pengamanan lainnya saat akan bersepeda. Sama seperti halnya dengan motor, bersepeda juga perlu alat pengamanan seperti helm dan sarung tangan agar tubuh kita lebih aman terlindungi.

Jika seandainya terjadi kecelakaan, setidaknya kepala dan tangan kita terlindungi dari benturan karena tidak memakai alat pengamanan.

4. Selalu perhatikan dan taati aturan rambu lalu lintas yang berlaku

Tips bersepeda aman dan nyaman saat di jalanan yang satu ini rasanya seringkali diacuhkan oleh para pesepeda. Ya, selalu perhatikan dan taati rambu lalu lintas yang berlaku. Jangan dikira rambu lalu lintas hanya berlaku untuk kendaraan bermotor. Rambu lalu lintas juga berlaku untuk sepeda karena sepeda termasuk salah satu jenis kendaraan.

Jika ada lampu merah, maka kita wajib berhenti. Selain itu, jangan bersepeda di area pejalan kaki karena bisa mengganggu kenyamanan para pejalan kaki.

Baca Juga :  11 Tips Aman Naik Kendaraan Umum untuk Perempuan

5. Jangan gunakan headset ketika bersepeda

Tips bersepeda aman dan nyaman saat di jalanan yang perlu jadi perhatian kita juga yakni jangan pernah gunakan headset ketika bersepeda. Mengapa demikian? Karena bersepeda membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan kita juga perlu memperhatikan keadaan sekeliling.

Jika kita menggunakan headset dan menyetel musik dengan volume keras, maka kita cenderung kurang waspada dengan keadaan sekeliling. Salah-salah, kita bisa menabrak atau ditabrak saat bersepeda. Sweet Couple tentu tak mau hal ini terjadi bukan?

6. Beri jeda waktu istirahat di tengah bersepeda

Tips bersepeda aman dan nyaman saat di jalanan yang juga tidak boleh dilupakan adalah selalu beri jeda waktu untuk beristirahat di tengah bersepeda. Jangan terlalu lama mengayuh dan memegang stang sepeda serta duduk di atas sadel sepeda karena bisa membuat kita kelelahan dan mati rasa.

Kita juga perlu mengatur waktu istirahat setiap beberapa menit bersepeda untuk mengistirahatkan tubuh kita. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan dan diforsir itu tidak baik ya Sweet Couple.

7. Lengkapi sepeda dengan spion dan lampu

Tips bersepeda aman dan nyaman di jalanan yang juga bisa Sweet Couple ikuti adalah melengkapi sepeda dengan sejumlah aksesoris pengaman seperti spion dan lampu. Spion berguna seperti yang ada pada motor, agar kita lebih mudah melihat kendaraan di belakang kita. Lampu agar sepeda terlihat oleh kendaraan lain terutama saat sore dan malam hari. Hal ini agar kita lebih aman dan pengguna jalan lain juga aman. Enak kan kalau semua sama-sama aman?

Baca Juga :  Tips Olahraga Simple di Tengah Pandemi Corona

8. Selalu perhatikan keadaan sekitar saat bersepeda

Tips bersepeda aman dan nyaman di jalanan yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah selalu perhatikan keadaan sekitar saat bersepeda. Di jalanan, kita bukanlah satu-satunya pengguna kendaraan yang ada. Kita harus mawas diri dan selalu memperhatikan keadaan sekeliling selama bersepeda.

Jangan sampai ketika bersepeda, kita malah sambil sibuk berfoto, main hp, atau ngobrol dengan kawan lain. Selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan pengguna jalan lain. Jadi, jangan ignorant ya saat sedang bersepeda di jalanan.

Itulah sejumlah tips bersepeda aman dan nyaman saat di jalanan yang bisa kami berikan untuk Anda. Pastinya, keamanan adalah nomor satu ketika kita sedang berkendara, termasuk bersepeda. Jangan sampai keamanan dikesampingkan demi ikut-ikutan tren dan gengsi semata. Kita tetap harus menjadi orang yang mengutamakan keamanan bersepeda karena jika bukan kita, siapa lagi?

Semoga dengan tips ini kita bisa lebih bersepeda dengan aman dan nyaman saat di jalanan. Jangan sampai ada kasus-kasus pesepeda yang tidak menaati aturan ataupun ignorant dengan keadaan sekitar. Pesepeda yang baik adalah pesepeda yang menghormati aturan dan pengguna jalan lainnya. Setuju banget kan?

Yuk kita bersepeda dengan aman dan nyaman mulai dari sekarang!

Artikel disadur dari IDN Times