Tips Jalan-Jalan Saat Pandemi Corona yang Bikin Aman

Pandemi Corona atau Covid-19 memang belum sepenuhnya usai. Walau demikian, kita sudah dapat melakukan aktivitas lagi di luar ruangan. Tentu saja semuanya tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker saat di luar ruangan, rajin mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Salah satu aktivitas yang paling ditunggu banyak orang adalah jalan-jalan. Memang kita belum bisa leluasa jalan-jalan ke tempat-tempat seperti luar negeri ataupun luar pulau, tetapi kita juga bisa kok jalan-jalan ke tempat yang tidak terlalu jauh. Pastinya karena ini masa new normal, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan berbeda dengan kebiasaan jalan-jalan sebelumnya.

Apa saja hal yang perlu kita perhatikan dan bisa kita lakukan agar selalu aman dan sehat? Yuk langsung saja simak tips jalan-jalan saat pandemi Corona berikut ini!

1. Pilih Destinasi yang Tidak Terlalu Jauh

Tips jalan-jalan saat pandemi Corona yang pertama adalah pilih destinasi yang tidak terlalu jauh. Mengapa demikian? Selain karena memang destinasi masih terbatas dan ada yang belum dibuka, tentu saja agar kita tidak usah ribet mengurus hal-hal seperti surat keterangan sehat, rapid test, dan lain sebagainya. Selain itu, destinasi yang jauh juga berarti akan lebih besar pula biaya yang dikeluarkan.

Tak hanya itu, buat Sweet Couple yang masih parno mungkin akan merasa takut bisa tertular virus Corona jika bepergian ke destinasi yang jauh. Belum lagi kita bisa dicap sebagai pembawa virus oleh orang setempat, terutama kita yang tinggal di wilayah zona oranye dan merah.

2. Pilih destinasi yang aman dan tidak terlalu ramai

Tips jalan-jalan saat pandemi Corona yang kedua adalah pilih destinasi yang aman dan tidak terlalu ramai. Aman yang dimaksud di sini bukan hanya sekadar memiliki petugas keamanan, CCTV, dan fasilitas pengamanan, tetapi juga aman karena menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Pastikan destinasi tersebut memiliki tempat cuci tangan beserta sabun dan toilet yang bersih agar kita tetap merasa aman.

Baca Juga :  11 Tips Aman Naik Kendaraan Umum untuk Perempuan

Selain itu, usahakan jangan datangi tempat wisata yang terlalu ramai karena tidak nyaman dan kurang aman, seperti rawan bertemu banyak orang dan berdesakan. Lebih baik lagi jika memilih ke tempat yang terbuka dan punya sirkulasi udara bagus seperti taman dan lapangan olahraga.

3. Usahakan Bepergian Menggunakan Kendaraan Pribadi

Tips jalan-jalan saat Pandemi Corona yang ketiga yakni usahakan untuk bepergian dengan menggunaakan kendaraan pribadi. Mengapa demikian? Karena di kendaraan umum kita rawan berinteraksi dengan banyak orang yang kita tidak ketahui latar belakangnya, bagi Anda yang masih parno dengan Corona tentu saja hal ini bisa meresahkan Anda.

Selain itu, dengan kendaraan pribadi akan lebih aman karena kita hanya pergi dengan orang terdekat atau bahkan mungkin diri sendiri sehingga interaksi yang terjadi terbatas. Selain itu, jalan-jalan dengan kendaraan pribadi juga lebih fleksibel dan tidak terikat oleh waktu.

4. Selalu Bawa New Normal Starter Kit

Tips jalan-jalan saat Pandemi Corona yang keempat yakni selalu bawa new normal starter kit. Sweet Couple pasti sudah tahu dong apa saja? Ada hand sanitizer, tissue kering, tissue basah, sapu tangan, sabun cuci tangan, dan masker.

Jika masih kurang, maka Sweet Couple bisa menambahnya dengan sarung tangan, face shield, dan air disinfect agar lebih aman. Semuanya perlu dibawa agar kalian lebih aman dan tetap terjaga kebersihannya selama jalan-jalan saat pandemi corona.

5. Selalu menjaga kebersihan saat jalan-jalan

Tips jalan-jalan saat Pandemi Corona yang kelima yakni selalu menjaga kebersihan saat jalan-jalan. Kalau yang satu ini tentu saja wajib dilakukan kapanpun dan di manapun, entah ada Corona atau tidak. Jika kebersihan terjaga, maka kita akan merasa lebih nyaman dan tentunya lebih sehat.

Baca Juga :  Lagu Terakhir Didi Kempot “Ojo Mudik”, Pesan Didi Kempot agar Tidak Mudik di Tengah Virus Corona

Kebersihan di sini bukan hanya soal badan kita yang bersih dari kuman, tetapi juga kebersihan tempat wisata. Kebersihan yang terjaga juga membuat tempat wisata atau destinasi tetap indah sampai kapanpun.

6. Bepergian bersama Orang-orang Terdekat

Tips jalan-jalan saat pandemi Corona yang keenam yaitu bepergian bersama orang-orang terdekat. Orang-orang terdekat yang dimaksud di sini tentu saja pasangan, keluarga, orang tua, ataupun sahabat dekat Anda.

Mengapa demikian? Karena bepergian bersama orang terdekat membuat Anda merasa lebih aman. Kalian saling mengetahui latar belakang masing-masing, termasuk kesehatan sehingga akan lebih aman dan terjamin. Tak hanya itu, bepergian bersama orang-orang terdekat juga bisa membuat hubungan Anda semakin dekat satu sama lain.

7. Selalu riset terkait jam operasional destinasi selama pandemi

Tips jalan-jalan saat pandemi Corona lainnya yakni selalu riset terkait jam operasional destinasi yang akan dituju selama pandemi. Biasanya, selama pandemi ini pihak operator tempat wisata memiliki kebijakan tertentu yang mengatur jam operasional tempat wisata.

Pastinya, akan berbeda dengan masa sebelum pandemi sehingga kita harus riset dulu sebelum pergi ke destinasi yang bersangkutan. Jangan sampai karena tidak riset, kita malah tiba saat jelang jam tutup. Menyedihkan bukan?

8. Usahakan bawa bekal makanan dan minuman sendiri

Tips jalan-jalan saat pandemi Corona yang juga perlu diperhatikan yakni usahakan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Buat Sweet Couple masih parno dengan jajan makanan di luar rumah karena takut terkena kuman dan virus, maka lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri yang sudah disiapkan dari rumah.

Baca Juga :  Tips Dine in di Restoran saat Pandemi Corona

Selain lebih bersih, lebih higienis, juga lebih hemat karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk jajan makanan dan minuman di destinasi wisata yang biasanya harganya lebih mahal daripada tempat lain. Bermanfaat banget kan?

9. Jangan pergi jika kondisi tubuh tidak fit

Tips jalan-jalan saat pandemi Corona yang terakhir yakni jangan pergi jika kondisi tubuh tidak fit. Ya, ini merupakan tips penting yang harus dilakukan jika ingin jalan-jalan saat pandemi corona. Mengapa demikian? Jalan-jalan tentunya membutuhkan kondisi tubuh yang sehat agar kita sendiri nyaman saat menjalaninya.

Tak hanya itu, jika tubuh tidak sehat, maka akan lebih mudah bagi penyakit untuk memasuki tubuh kita. Tentunya daripada terkena penyakit, lebih baik beristirahat saja di rumah. Tak usah memaksakan diri, daripada membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Itulah sejumlah tips jalan-jalan saat pandemi Corona yang bisa Sweet Couple lakukan. Tentunya Sweet Couple yang masih parno banget dengan Corona, alangkah baiknya tidak usah jalan-jalan karena bisa membuat diri jadi stress dan tidak fit. Pastikan tubuh dan pikiran kalian sehat sebelum memutuskan untuk jalan-jalan saat pandemi Corona seperti sekarang ini.

Jika sudah sehat luar dalam, maka langsung saja tentukan destinasi mana yang mau dipilih. Buat warga Jabodetabek dan sekitarnya, bisa banget mendatangi hidden gems yang ada di Jakarta dan Bandung karena keduanya masih bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi serta tidak jauh dari Jabodetabek.

Pilih tempat yang memang sesuai dengan lokasi Anda dan sesuai budget. Tidak usah memaksakan jika memang tidak sesuai. Yang paling penting adalah kebersamaan dan kesehatan Anda semua untuk saat ini.

Jadi, sudah siap untuk jalan-jalan lagi di masa pandemi Corona ini?