Tips Memasak Cumi agar Tidak Amis dan Empuk

Suka seafood? Pasti sudah tidak asing lagi dengan cumi-cumi alias cumi. Hidangan yang satu ini memang nikmat. Mau digoreng atau direbus semuanya sedap disantap.

Kunci dari cumi yang lezat tentu saja dari cara mengolah dan memasaknya. Tak jarang Anda menemukan cumi yang baunya amis. Belum lagi cumi yang teksturnya alot. Hal itu membuat pengalaman bersantap Anda menjadi kurang sempurna.

Sweet Couple tentu tidak mau kan? Anda ingin menikmati cumi yang lezat? Kami berikan tips memasak cumi untuk Anda. Pastinya bisa banget untuk dicoba agar hidangan terasa lebih sempurna.

Simak tips memasak cumi berikut ini!

Tips Memasak Cumi 1: Pilih yang Masih Segar

Tips memasak cumi yang pertama tentu saja dimulai dari pemilihan bahan. Pilihlah yang masih segar. Bagaimana cara mengetahui segar tidaknya cumi? Ada 3 cara yakni:

  • Cek warna kulit putih kelabu dan bintik kemerahan serta mata dari cumi masih terlihat cukup jernih
  • Pilih cumi yang masih utuh seluruh bagiannya dari kepala hingga badannya
  • Cek dagingnya apakah masih kenyal dan mengeluarkan tinta
  • Jangan pilih yang sudah berubah warnanya apalagi jika sudah robek tentakelnya

Tips Memasak Cumi 2: Bersihkan dengan Benar

Membersihkan cumi memang susah-susah gampang. Salah-salah bisa membuatnya jadi amis dan tidak lezat disantap. Lalu harus bagaimana? Perhatikan tipsnya:

  • Cabut kantung tinta pada bagian dalam
  • Bersihkan tinta dengan hati-hati
  • Cabut tulang rawan cumi
  • Kupas permukaan kulit ari cumi dengan pisau agar lebih kinclong

Tips Memasak Cumi 3: Rendam dengan susu plain dan air perasan jeruk nipis

Namanya seafood, memang biasanya amis. Buat yang tidak suka dengan aroma amis dari cumi, maka bisa mencoba untuk merendamnya dalam susu plain dan air perasan jeruk nipis. Rendamlah cumi selama kurang lebih 30 menit di dalamnya. Niscaya, aroma amis cumi akan hilang dan teksturnya akan lebih empuk.

Tips Memasak Cumi 4: Simpan dalam Freezer

Sesudah membersihkan cumi, maka simpanlah di dalam wadah kedap udara di dalam freezer. Karena cumi merupakan bahan makanan yang mudah busuk, maka jangan menyimpannya terlalu lama. Maksimal simpan selama 2 hari saja. Jadi, kalau berniat memasaknya segeralah untuk memasak cumi. Jangan disimpan terlalu lama. Sayang kan kalau busuk?

Tips Memasak Cumi 5: Jangan Terlalu Lama Memasaknya

Terakhir, jangan terlalu lama memasak cumi. Idealnya, Anda cukup memasaknya selama 3 menit dengan api berukuran besar. Jika terlalu lama, maka akan alot. Kandungan protein yang tinggi di dalamnya itulah penyebab cumi menjadi mudah alot saat dimasak dengan metode yang salah.

Lalu bagaimana jika ingin memasak dalam waktu lama? Jika seperti itu, maka Sweet Couple harus memasaknya selama 30 menit dengan api kecil. Walau demikian, hal ini akan membuat kelezatannya berkurang.

Itulah 5 tips memasak cumi rekomendasi kami untuk Anda. Dengan menjalankan tips ini, Sweet Couple akan memperoleh cumi yang tidak amis dan empuk saat disantap. Jadi makin nikmat deh kala menyantapnya.

Bagi Sweet Couple yang mau masak cumi, bisa juga loh mencoba resep Cumi Asin Cabe Ijo yang pedasnya mantap ini.

Yuk coba tips ini di rumah!

Artikel disadur dari liputan6.com