6 Tips Memasak dengan Teflon

Siapa Sweet Couple yang suka memasak? Pasti sudah tidak asing lagi melakukan kegiatan memasak dengan teflon. Banyak orang yang suka memasak dengan alat ini karena memiliki lapisan anti lengket.

Penggunaan teflon pun juga praktis karena ukurannya tidak sebesar wajan. Saat memasak, tidak memakan banyak tempat. Kehadirannya disukai oleh para Sweet Couple yang hobi masak tanpa ribet.

Memasak dengan teflon juga berarti Anda akan lebih hemat minyak dan gas. Mengapa demikian? Karena Anda tak perlu menggunakan banyak minyak dan api besar saat memasaknya. Walau demikian, masakan tetap matang dengan sempurna dan hasilnya tetap lezat.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Anda bisa memasak beragam makanan dengan teflon. Anda bahkan bisa membuat ayam bakar teflon dengan praktis. Lebih sehat dan tak perlu ribet-ribet menggunakan alat bakaran.

Memang sih memasak dengan teflon itu bisa menyenangkan. Namun, Anda harus melakukan perawatan ekstra terhadapnya. Salah-salah, yang ada malah teflon akan cepat rusak dan tak bisa digunakan lagi untuk memasak. Tentunya Anda tak ingin hal itu terjadi bukan?

Lantas, bagaimana cara memasak dengan teflon dan cara merawat telfon? Daripada berlama-lama, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Gunakan Api Kecil Saat Memasak dengan Teflon

Tips memasak dengan teflon yang pertama yakni gunakan api kecil saat memasak. Ya, Anda tak perlu memasak dengan api besar jika menggunakan teflon.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, telfon memiliki lapisan antilengket. Lapisan tersebut akan lebih cepat menipis dan berkurang fungsinya jika sering terkena api besar dan suhu terlalu panas. Apalagi ada kemungkinan lapisan tersebut juga bisa menguap dan menjadi racun.

Lagipula, telfon memang dirancang untuk memasak dengan suhu rendah hingga sedang jadi Anda tak perlu berlebihan menggunakan api saat memasak dengan teflon.

Lebih hemat gas juga kan?

Hindari Bahan Makanan Asam

Jika Sweet Couple memutuskan memasak dengan teflon, maka Anda harus memperhatikan bahan makanan yang akan dimasak. Hindari bahan makanan yang mengandung asam.

Mengapa demikian? Kandungan asam bisa membuat lapisan antilengket pada teflon mengelupas dan menipis. Hal ini bisa membuat teflon menjadi tidak optimal untuk memasak dan rusak.

Oleh karena itu, hindari bahan makanan yang mengandung asam seperti lemon dan tomat bila memutuskan memasak dengan teflon.

Jangan Gunakan Peralatan Masak Logam

Alat Masak saat Sweet Couple memasak dengan teflon juga perlu diperhatikan. Jangan gunakan peralatan masak berbahan logam saat menggunakan telfon. Mengapa demikian? Karena bahan-bahan tersebut bisa merusak lapisan anti lengket pada teflon.

Baca Juga :  Tips Memasak Jengkol. Nikmat dan Anti Bau!

Saat bersentuhan dengan lapisan tersebut, bahan-bahan logam bisa menggores dan menipiskan lapisan anti lengket. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menggunakan peralatan maska berbahan silikon, plastik, dan kayu agar tidak merusak lapisan anti lengket teflon.

Jangan Gunakan Telfon sebagai Wadah Makanan

Banyak yang menggunakan teflon sebagai wadah untuk menyajikan makanan. Hal tersebut ternyata salah dan tak boleh dilakukan.

Teflon memiliki lapisan anti lengket dan bila tergores akan mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Sweet Couple tentu tak ingin kan makanan yang dimasak terkontaminasi oleh zat berbahaya tersebut?

Jadi, tetap sajikan hasil masakan di wadah dan tempat yang semestinya ya.

Cuci Teflon dengan Pasta Baking Soda dan Spons Lembut

Tips memasak dengan teflon dan merawatnya adalah Anda disarankan untuk mencucinya dengan pasta baking soda dan spons yang lembut. Ya, hal ini karena lapisan anti lengket pada teflon mudah sekali tergores dan rusak. Bila dicuci dengan sabut kasar dan sabun cuci piring yang keras akan membuat lapisan tersebut menipis dan rusak.

Saat membilasnya, usahakan tidak saat benar-benar usai memasak. Teflon yang masih panas begitu disiram dengan air dingin akan cepat rusak karena perbedaan suhu yang cukup drastis secara singkat. Oleh karena itu, tunggu hingga agak lama dan mendingin, barulah Anda boleh mencucinya.

Baca Juga :  5 Tips Memasak Nasi Goreng yang Enak

Simpan dengan Cara Digantung

Teflon memang sensitif dan perlu perlakuan khusus termasuk saat menyimpannya ketika sedang tidak digunakan. Simpanlah teflon dengan cara digantung. Hindari bagian permukaan teflon tergores dengan peralatan lain. Jadi, Anda jangan sekali-sekali menimpanya dengan peralatan masak lainnya guna mencegah lapisan anti lengket rusak.

Jangan lupa beri jarak dan ruang antara teflon dengan peralatan masak lainnya saat digantung agar tidak saling bergesekan. Niscaya, teflon Anda akan aman senantiasa.

Itulah tips memasak dengan teflon dan cara merawat teflon. Sekarang sudah tahu kan jika teflon memerlukan perawatan dan perlakuan khusus? Jadi Anda bisa lebih menyayangi koleksi teflon Anda di rumah dengan baik.

Yang terpenting Anda tahu cara menggunakan teflon dengan baik dan benar. Dijamin teflon akan awet, tahan lama, dan tetap berguna untuk memasak.

Selamat memasak dengan teflon!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari popmama.com