Tips Memasak Jengkol. Nikmat dan Anti Bau!

Siapa di sini yang suka Jengkol? Pasti diam-diam banyak yang suka kan? Hidangan tradisional sayur khas Betawi ini memang punya tempat tersendiri di hati orang-orang. Walau kehadirannya kadang dihindari karena bisa bikin bau, tetapi citarasanya nikmat jika sudah diolah dengan benar.

Memang benar jika salah satu problem utamanya adalah bikin mulut jadi bau. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsinya. Anda tetap bisa menyantap hidangan dengan nyaman asal tahu tips dan trik mengolah serta memasaknya.

Kami hadirkan tips memasak jengkol untuk Anda. Dijamin tetap terasa nikmat dan anti bau-bau tidak sedap kala disantap.

Penasaran kan seperti apa? Yuk simak tipsnya!

Tips Memasak Jengkol 1: Rebus dengan Daun Salam

Tips Memasak Jengkol yang pertama yakni rebus dengan daun salam. Mengapa begitu? Karena daun salam bisa mengurangi aromanya yang tajam dan menusuk. Tak hanya itu, daun salam juga bisa mengurangi rasa pahit saat disantap. Menarik bukan?

Tips Memasak Jengkol 2: Rebus dengan Daun Jeruk Purut

Selain daun salam, jengkol juga bisa direbus dengan daun jeruk purut agar baunya tidak terlalu menyengat. Iris-iris daun jeruk purut dan rebus. Niscaya, baunya tak akan menyengat saat akan dimasak menjadi hidangan nanti.

Tips Memasak Jengkol 3: Tambahkan Rempah-rempah beraroma saat Memasak

Rempah-rempah memang tak pernah salah. Sweet Couple bisa loh mengurangi bau tak sedap dengan rempah-rempah. Caranya cukup merebusnya di dalam air mendidih. Aroma rempah-rempah yang kuat ditambah citarasanya yang khas membuat hidangan ini jadi tidak bau. Yang ada justru wangi rempah-rempah.

Tips Memasak Jengkol 4: Jangan Merebus Terlalu Lama

Memasak Jengkol juga tak perlu waktu lama. Cukup rebus selama 20 hingga 30 menit lamanya dengan api kecil. Dengan durasi waktu tersebut, teksturnya akan lebih empuk. Selain itu, aroma bau dan rasa pahitnya juga akan hilang dalam jangka waktu memasak tersebut. Jadi tak perlu lama-lama ya Sweet Couple!

Tips Memasak Jengkol 5: Masak dengan Api Kecil

Tips yang terakhir yakni masaklah dengan api kecil. Mengapa demikian? Agar bumbu-bumbu tambahan bisa menyerap dengan merata sempurna. Semakin terserap bumbunya, maka citarasanya akan semakin lezat kala disantap. Lebih baik berasa bumbunya daripada berasa pahitnya kan?

Itulah 5 tips memasak jengkol agar tetap nikmat dan tidak bau dari kami. Cocok banget untuk dicoba bagi Sweet Couple yang gak mau nafas jadi bau usai menyantapnya. Kalau seperti ini sih jadi makin tenang kala menikmati hidangan ini.

Buat Anda yang mau bereksperimen dengan hidangan ini, bisa coba resep Jengkol Balado dari kami ya.

Yuk coba dan buktikan sendiri tips rekomendasi kami ini di rumah!

Artikel disadur dari sasa.co.id