Praktis! Tips Memasak Pare agar Tidak Pahit

Siapa yang suka pare? Pare ini salah satu jenis sayur yang menyehatkan untuk tubuh loh karena mengandung vitamin dan antioksidan. Sayangnya, banyak yang tidak menyukainya karena citarasanya yang pahit.

Lalu bagaimana jika ingin menyantap pare yang tidak pahit? Tak usah risau! Kami berikan 5 tips memasak para agar tidak pahit. Tentu saja rasa pahitnya tak mungkin benar-benar hilang seluruhnya, tetapi setidaknya bisa mengurangi kadar pahitnya kala dimasak dan disantap.

Ingin tahu apa saja? Simak tips memasak pare agar tidak pahit berikut ini!

Tips Memasak Pare 1: Pilihan Pare yang Tepat

Tips pertama dalam mengolah pare agar tidak pahit tentu saja dimulai dari pemilihan pare yang tepat. Sweet Couple harus melihat ukurannya terlebih dahulu. Semakin besar, maka semakin pahit. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih pare berukuran sedang atau kecil sebelum menyantapnya.

Kemudian, pilihlah pare berwarna hijau tua. Mengapa demikian? Karena yang berwarna hijau tua biasanya masih berusia muda memiliki rasa tak terlalu pahit. Jika warnanya muda, artinya hampir matang atau sudah tua sehingga rasanya pasti pare banget alias pahit.

Tips Memasak Pare 2: Rendam Pare dengan larutan garam

Sebelum mengolah makanan, Anda pasti akan mencucinya bukan? Kali ini, bukan sekadar mencuci. Kami ajak Sweet Couple untuk merendam pare agar tidak pahit. Merendamnya menggunakan larutan air garam.

Tentunya Anda harus memotong-motong pare terlebih dahulu, baru merendamnya. Setelah dipotong-potong dan dihilangkan bagian isinya, maka cukup 15 menit saja Anda merendamnya. Lalu, cucilah pare agar rasa asin dari garam tidak terlalu melekat.

Tips Memasak Pare 3: Kombinasikan dengan Makanan Bercitarasa Asin/Gurih/Manis

Sweet Couple tentu tak akan menyantap pare mentah-mentah atau memasak dengan bahan pare saja. Anda pasti akan mengolahnya dengan bahan lain. Tahukah Anda jika mengombinasikan pare dengan makanan bercitarasa asin, gurih, dan manis merupakan salah satu tips memasak pare agar tidak pahit?

Ya, Sweet Couple bisa berkreasi dengan bahan makanan yang memiliki citarasa tersebut. Ingat, agar tidak pahit maka citarasa asin, gurih, dan manisnya harus dominan ya. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mengolah pare bersama kecap asin atau ikan yang citarasanya kuat.

Tips Memasak Pare 4: Jangan Gunakan Bagian Tengah Pare

Tahukah bagian pare yang membuatnya pahit? Bagian itu adalah bagian tengahnya yang berwarna putih. Oleh karena itu agar saat memasak pare tidak pahit, maka jangan gunakan bagian tengahnya. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Caranya, belahlah pare jadi 2 bagian dan ambil sendok, lalu kerok dan buang bagian tengahnya. Jangan sisakan satupun bagian putihnya agar rasa pahitnya tidak muncul saat dimasak. Mudah sekali bukan?

Tips Memasak Pare 5: Olah Pare dengan Telur

Buat Sweet Couple yang suka masak pare tapi malas dengan pahitnya pare, maka bisa coba mengolah pare dengan telur. Caranya dengan membuat tumis pare dicampur dengan telur orak-arik. Niscaya, rasa pare yang pahit itu akan tertutup oleh telur. Jadi Anda tetap bisa memasak pare tanpa takut rasanya terlalu pahit.

Itulah 5 tips memasak pare agar tidak pahit. Tentunya Sweet Couple bisa melakukan salah satu cara yang terbaik dan termudah menurut Anda. Bisa juga Anda melakukan semua tips tersebut agar pare semakin terasa sempurna kala diolah dan disantap.

Jadi, siapa bilang makan pare harus merasakan yang pahit-pahit?

Artikel disadur dari kompas.com dan merdeka.com