Tips Memilih Pisang Kepok yang Berkualitas

Sweet Couple suka makan pisang? Ada berbagai jenis pisang yang semuanya bermanfaat, baik itu untuk disantap langsung, ataupun diolah terlebih dahulu, salah satunya adalah pisang kepok. Bagaimana sih Tips memilih pisang kepok yang berkualitas?

Pisang kepok biasanya diolah dahulu sebelum disantap, misalnya dibuat camilan seperti pisang goreng atau kolak. Oelh karena itu sangat penting untuk memilih pisang kepok yang berkualitas supaya bisa menghasilkan sajian yang juga lezat.

Tips Memilih Pisang Kepok

Dalam memilih pisang kepok yang bagus, Sweet Couple bisa memperhatikan ciri-cirinya sebagai berikut:

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

1. Warna kulit pisang merata

Ciri-ciri pisang kepok yang berkualitas meliputi konsistensi warna yang merata. Hal ini karena pisang berkualitas tinggi cenderung memiliki warna yang seragam di seluruh permukaannya. Jika terdapat bagian yang masih berwarna hijau, bisa jadi itu menandakan pisang kepok dipetik sebelum mencapai tingkat kematangan yang optimal.

2. Tekstur kulit

Tanda pisang kepok yang baik untuk dikonsumsi selanjutnya adalah memiliki tekstur kulit yang merata, sejajar dengan konsistensi warnanya. Kulitnya akan terlihat berkilauan dan halus saat disentuh. Namun, jika kulitnya kasar dan berpori, itu menandakan pisang kepok belum matang sepenuhnya dan sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah.

3. Terdapat bintik-bintik coklat

Tips memilih pisang kepok selanjutnya adalah memperhatikan adanya bintik-bintik coklat. Bintik-bintik berwarna coklat atau kehitaman menunjukkan bahwa pisang tersebut telah matang secara alami di pohonnya. Namun, ketika membeli pisang dengan ciri ini, penting untuk segera mengolahnya. Pisang tersebut telah mencapai tingkat kematangan yang sempurna dan tidak boleh disimpan terlalu lama, meskipun ditempatkan dalam kulkas.

4. Aroma yang harum

Pisang kepok yang baik dikonsumsi memiliki aroma yang harum. Sebab, pisang yang sudah matang akan mengeluarkan aroma khas. Beda dengan pisang mentah yang dimatangkan dengan bahan kimia, tidak akan mengeluarkan aroma sedap.

5. Bentuknya padat

Ciri terakhir dari pisang kepok berkualitas adalah memiliki bentuk yang padat dan ukuran yang besar. Selain itu, pisang kepok juga akan terasa lebih berat ketika diangkat. Ketika dimakan, teksturnya akan terasa halus dan lembut. Namun, jika Sweet Couple menemukan pisang kepok yang masih terasa getahnya, itu menandakan bahwa pisang tersebut belum cukup matang untuk dipetik. Sehingga, rasanya tidak akan lezat sama sekali.

Nah, itulah tips memilih pisang kepok yang bisa Sweet Couple perhatikan. Semoga berhasil ya!

Artikel disadur dari kumparan.com