Tips Mencegah Flu saat Pandemi Corona

Pandemi Corona memang masih ada. Walau demikian, angka kesembuhan Corona di Indonesia maupun dunia semakin meningkat secara signifikan. Namun, bukan berarti kita jadi lengah dan kurang waspada ya. Kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini Indonesia mulai memasuki musim hujan dan terjadi pancaroba alias pergantian musim. Di saat seperti ini, biasanya sering muncul penyakit salah satunya flu. Sebelum pandemi Corona, flu mungkin dianggap biasa. Namun, semenjak pandemi Corona banyak orang yang parno dengan flu karena takut dikira Corona. Padahal belum tentu loh.

Nah, tentunya tidak ada orang yang ingin sakit termasuk sakit flu. Kalau sudah flu, badan rasanya tidak enak, kurang semangat, hidung mampet dan tersumbat sehingga bernafas pun tidak enak. Apalagi kita bisa sulit untuk berinteraksi dengan orang lain dan susah untuk bekerja. Oleh karena itu, penting banget untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah flu saat pandemi Corona.

Yuk simak tips mencegah flu saat pandemi Corona berikut ini!

1. Tingkatkan imun dan daya tahan tubuh

Tips mencegah flu saat pandemi Corona yang pertama dan terpenting adalah tingkatkan imun dan daya tahan tubuh. Ya, kita memang harus menjaga daya tahan tubuh kita dari penyakit terutama saat musim-musim rawan penyakit seperti pancaroba serta pandemi Corona ini. Jika sistem imun kita, maka virus tak akan mampu menginfeksi tubuh karena akan dilawan oleh antibodi kita.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Indonesia yang Menyediakan Wisata Virtual selama Virus Corona

Lalu bagaimana cara meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh kita agar tidak flu saat pandemi Corona ini? Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi serta vitamin. Tak hanya itu, Sweet Couple juga bisa mencoba membuat resep minuman penambah daya tahan tubuh biar makin kuat di masa pandemi corona ini.

2. Istirahat yang Cukup

Tips mencegah flu saat pandemi Corona yang kedua adalah dengan istirahat yang cukup. Ya, istirahat yang cukup sangatlah penting. Setelah lelah beraktivitas seharian, tubuh harus istirahat agar tidak kelelahan dan bisa mengumpulkan kembali energi. Minimal istirahat tidur malam selama 7-9 jam per hari dan rutin.

Jika tubuh kurang istirahat, maka kita akan mudah lelah dan daya tahan tubuh juga melemah. Daya tahan tubuh yang melemah membuat virus dan penyakit rentan masuk, termasuk flu. Tidak mau dong hanya karena kurang tidur jadi terkena flu? Jadi, jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya Sweet Couple.

3. Rutin berolahraga

Tips mencegah flu saat pandemi Corona yang ketiga adalah dengan cara rutin berolahraga. Semua pasti setuju jika olahraga akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Tubuh yang sehat tentu sangat bermanfaat untuk kita, termasuk mencegah terkena penyakit flu. Dengan berolahraga, kita juga sekaligus mengeluarkan detoks dari dalam tubuh melalui keringat.

Olahraga tak harus ribet dan lama-lama. Cukup 30-60 menit setiap harinya. Yang penting lakukan secara konsisten dan rutin. Jika Sweet Couple bingung dengan olahraga apa yang cocok saat pandemi Corona ini, maka bisa coba simak inspirasi olahraga selama pandemi Corona di sini.

Baca Juga :  Tips Naik Kendaraan Umum Saat Pandemi Corona

4. Pakai Masker

Tips mencegah flu saat pandemi Corona berikutnya yang juga perlu diperhatikan adalah pakai masker. Sudah dari dulu jika kita sedang sakit terutama flu dan batuk, maka kita harus menggunakan masker. Hal itu agar kita tidak menularkan flu kepada orang-orang di sekitar kita.

Tak hanya itu, pakai masker juga penting banget untuk Sweet Couple yang masih WFO. Kan seringkali kejadian tuh jika ada 1 orang di kantor yang flu, maka bisa menularkan ke orang lain di kantor yang sama. Oleh karena itu, penting banget untuk menggunakan masker di saat sakit maupun saat di tempat umum terutama di masa pandemi Corona ini.

5. Rajin mencuci tangan

Tips mencegah flu saat pandemi Corona yang lainnya dan juga sangat berguna adalah rajin mencuci tangan. Sebenarnya, kita sudah diajarkan untuk rajin mencuci tangan sejak dulu, jauh sebelum adanya pandemi Corona dan tidak hanya saat musim sakit flu. Namun, di saat pandemi Corona seperti ini, rajin mencuci tangan itu perlu demi menghindari penyakit, termasuk flu.

Mengapa demikian? Karena selama kita beraktivitas, kita banyak memegang dan menyentuh benda-benda dan biasanya banyak bakteri, kuman, serta virus di permukaannya. Dengan mencuci tangan dengan air dan sabun, maka bakteri, kuman, serta virus di tangan kita akan hilang dan kita akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk flu di masa pandemi Corona ini.

Baca Juga :  Tips Terhindar dari Virus Corona saat Jalan-jalan di Luar Rumah

6. Selalu bawa New Normal Starter Kit

Tips mencegah flu saat pandemi Corona yang terakhir adalah jangan lupa untuk selalu bawa new normal starter kit. Ya, new normal starter kit adalah barang-barang yang tidak boleh terlupakan di masa pandemi Corona dan masa musim pancaroba penyakit flu ini. Apa saja itu? Hand Sanitizer, tissue, lap, dan sabun cuci tangan.

Barang-barang itu memang bukanlah tameng utama untuk menangkis virus Corona, tetapi setidaknya kita bisa mencegah untuk terhindar dari bakteri, kuman, dan virus, termasuk virus flu yang mungkin saja ada di tangan atau barang yang Anda sentuh.

Itulah sejumlah tips mencegah flu saat pandemi Corona. Memang, terkena virus atau tidak itu tidak bisa kita pilih. Semua sudah menjadi keniscayaan, tetapi tak ada salahnya untuk mencegah dan menjaga diri agar terhindar dari flu saat pandemi Corona. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Pastinya selalu jaga kesehatan Anda di manapun dan kapanpun. Jika Sweet Couple merasa tubuhnya sedang tidak fit atau kurang sehat, maka alangkah baiknya untuk beristirahat di rumah. Istirahat yang cukup adalah kunci utama untuk bisa pulih dari penyakit apapun, termasuk flu. Jadi, istirahatlah yang cukup agar Anda terhindar dari segala penyakit.

Yuk kita jaga kesehatan tubuh kita mulai dari sekarang!

Artikel disadur dari sehatq.com