Tips Menggoreng Donat agar Mengembang dan Enak

Mau tahu apa saja tips menggoreng donat yang benar agar mengembang, matang sempurna, dan enak?

Membuat donat goreng sebenarnya cukup mudah, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggorengnya agar tidak gagal. Seringkali orang mengeluh ketika menggoreng donat, seperti adonan yang tidak mengembang, gosong, bahkan tidak matang.

Sweet Couple tidak usah khawatir karena ada beberapa tips menggoreng donat anti-gagal. Yuk, langsung saja simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Tips Menggoreng Donat dengan Minyak yang Tidak Terlalu Panas

Tips mengoreng donat yang pertama adalah jangan gunakan minyak yang terlalu panas. Api yang sangat panas justru membuat donat cepat gosong dan hanya terlihat matang di bagian luarnya saja.

Sebaiknya atur ukuran api yang lebih kecil dan minyak tidak terlalu panas. Kalau Sweet Couple menggunakan minyak yang tidak terlalu panas, dijamin donat akan matang dengan sempurna. Teksturnya akan empuk dan bagian luarnya garing.

2. Gunakan Minyak yang Masih Baru

Kalau mau goreng donat dengan sempurna, jangan coba-coba menggunakan minyak bekas ya, apalagi bekas goreng ikan, ayam, dan lain sebagainya. Donat sangat mudah menyerap aroma dari minyak, sehingga jika anda menggunakan minyak jelantah donat anda cenderung akan beraroma tidak enak.

Sebaiknya pakai minyak yang masih baru. Selain itu, minyak yang sudah dipakai berulang-ulang juga mempengaruhi tingkat kematangan yang kurang baik. Jadi, jangan pernah pakai minyak jelantah ketika membuat donat goreng ya!

3. Pakai Banyak Minyak untuk Menggoreng Donat

Seringkali orang menggoreng dengan sedikit minyak dengan tujuan hemat bahan. Namun, ketahuilah bahwa tidak semua masakan bisa digoreng dengan minyak sedikit. Ketika membuat donat goreng, kamu harus memakai minyak yang banyak.

Donat dapat matang secara merata dan sempurna kalau seluruh bagiannya digoreng tenggelam dalam minyak. Dengan banyak minyak, donat juga semakin mudah mengembang.

4. Tips Menggoreng Donat: Masukkan Sedikit demi Sedikit

Kalau kamu mau buat donat goreng yang mudah mengembang, maka jangan masukkan semua adonan donat dalam sekali goreng. Memasukkan donat yang terlalu banyak dalam sekali goreng akan membuat donat sulit mengembang dan matang.

5. Jangan Telalu Sering Dibalik

Tidak jarang orang yang terlalu sering mengaduk dan membalik donat ketika digoreng dengan maksud mempercepat kematangan. Padahal, hal tersebut hanya membuat donat sulit mengembang.

Ketika menggoreng adonan donat, sebaiknya cukup sekali dibalik agar permukaan atas, bawah, dan isinya benar-benar matang. Pastikan kedua sisi matang dengan berwarna kecoklatan.

Nah, itulah 5 tips menggoreng donat yang paling benar. Jangan ragu untuk mencoba kelima tips ini ya. Pokoknya donat goreng ala rumahan yang kamu buat tidak kalah enaknya dengan donat mahal yang mewah dan terkenal deh.

Tips disadur dari resepkoki.id