5 Tips Menggoreng Ikan Anti-Lengket dan Tidak Hancur

Mau tahu tips menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur?

Sebenarnya menggoreng ikan tidak terlalu sulit. Namun, tidak jarang ikan yang kita goreng lengket pada permukaan wajan dan hancur. Hal ini tentunya membuat kita malas memasak ikan goreng dan akhirnya beli di restoran. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya ikan goreng tidak lengket di wajan dan matang dengan sempurna.

Kali ini kami menyajikan beberapa tips yang harus Sweet Couple lakukan ketika memasak ikan goreng. Mari simak 5 tips menggoreng ikan yang benar berikut ini.

1. Gunakan Minyak yang Baru dan Wajan Bersih

Kalau mau memasak ikan goreng yang matang dan tidak lengket, maka jangan sekali-kali menggunakan minyak jelantah. Sebaiknya kamu menggunakan minyak yang masih baru.

Minyak yang sudah dipakai berulang kali dapat membuat masakan lengket pada wajan sehingga cepat hancur dan mempengaruhi tingkat kematangan yang baik. Selain itu, gunakanlah wajan yang bersih.

2. Gunakan Api yang Sedang

Ketika menggoreng ikan, sebaiknya pakai nyalakan api yang ukurannya sedang. Hindari menggoreng dengan api yang terlalu besar atau kecil.

Api yang terlalu besar akan membuat masakan mudah gosong dan hanya terlihat matang bagian luarnya. Api yang terlalu kecil justru membuat ikan menjadi kering. Pastikan untuk menggunakan api yang sedang agar ikan mudah matang dan tidak lengket di wajan.

3. Pastikan Minyak Sudah Panas

Selain ukuran api yang sedang, kita juga harus menggoreng ketika minyak sudah panas. Jangan langsung masukkan ikan kalau minyak belum panas. Kalau kamu memasukkan ikan ketika minyak masih dingin, kemungkinan ikan akan lengket dan cepat hancur.

Ikan yang digoreng saat minyak belum panas akan membuat ikan menyerap banyak minyak. Makanan yang terlalu berminyak tentunya tidak baik untuk kesehatan kita. Jadi, jangan mengabaikan tips menggoreng ikan yang satu ini ya.

4. Balik Ikan Saat Sudah Kering

Tips menggoreng ikan yang keempat, yaitu jangan terlalu sering membalik ikan ketika sedang digoreng. Jangan balik ikan ketika masih basah. Ikan yang dibalik saat masih basah bisa membuat minyak meletup dan ikan mudah lengket. Balik ikan ketika bagian bawahnya sudah kering. Pastikan kedua sisinya kering dan matang secara menyeluruh.

5. Berikan Perasan Lemon ke dalam Minyak

Tips menggoreng ikan yang kelima ini jarang diketahui oleh orang banyak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir ikan yang lengket saat digoreng adalah memberikan sedikit perasan air pada minyak. Selain itu, perasan lemon pada minyak dapat mengurangi letupan minyak saat menggoreng ikan.

Itulah 5 tips menggoreng ikan yang paling benar. Jangan ragu untuk mencoba kelima tips ini ya. Pokoknya ikan goreng ala rumahan yang kamu buat sendiri dijamin tidak akan lengket di wajan dan tidak hancur.

Tips disadur dari fimela.com