Tips Menumis Sayur Anti Gagal

Sweet Couple suka memasak? Pasti sudah tidak asing dengan kegiatan menumis sayur. Ya, menumis memang menjadi salah satu kegiatan memasak yang sering dilakukan.

Tumis sendiri merupakan teknik memasak dengan menggunakan sedikit minyak. Biasanya, masakan yang ditumis berupa sayuran. Dalam kegiatan ini, Anda akan lebih sering menggunakan wajan ketimbang panci.

Menumis sayur memang kegiatan yang menyenangkan saat memasak. Variasi masakan ini banyak sekali seperti tumis buncis, tumis kacang panjang, ataupun tumis brokoli. Semuanya menjadi lezat saat ditumis.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Apa sih yang menarik dari kegiatan ini? Tentu saja aromanya apalagi ketika irisan bawang putih bercampur dengan minyak panas, hmmm…aromanya benar-benar menggugah selera banget.

Kegiatan menumis sayur terlihat mudah. Namun, seringkali kita kurang tepat tekniknya dalam melakukan hal ini. Alhasil masakan tumisan yang seharusnya lezat malah berakhir tidak lezat karena kesalahan yang kita lakukan. Sayang banget kan sudah capek-capek memasak, mahal-mahal berbelanja, eh malah gagal total karena rasa tidak sesuai ekspektasi.

Sweet Couple tentu tak ingin kan masakan yang dibuat gagal total? Oleh karena itu kami berikan Anda tips menumis sayur agar menjadi hidangan yang lezat. Pastinya Anda penasaran kan seperti apa tipsnya?

Baca Juga :  Resep Sup Kimlo untuk Sahur yang Sehat dan Segar

Daripada berlama-lama, yuk langsung saja simak ulasan lengkap tips menumis sayur berikut ini!

Tips Menumis Sayur 1: Gunakan Api Berukuran Sedang

Tips menumis sayur yang pertama adalah selalu masak dengan menggunakan api berukuran sedang. Mengapa demikian? Hal ini agar aroma dari tumisan yang tengah Anda masak semakin keluar menyeruak. Aroma yang harum tentunya membuat selera makan bertambah kan?

Jadi, Sweet Couple tak usah ragu lagi untuk menumis dengan api yang sedang atau besar ya. Yang terpenting sesuaikan saja asal tidak berlebihan sehingga makanan tidak cepat matang atau gosong.

Tips Menumis Sayur 2: Aduk Bumbu Saat Menumis

Tips menumis sayur yang berikutnya yakni aduklah bumbu dan masakan saat menumis. Proses ini wajib dilakukan selama menumis. Jangan biarkan bumbu atau masakan didiamkan begitu saja saat ditumis. Alih-alih membuat masakan matang, yang ada malah hangus.

Ingat loh Sweet Couple, menumis ini biasanya menggunakan api berukuran sedang atau besar. Jika masakan didiamkan saja tanpa diaduk, maka ia akan lebih cepat matang dan rawan hangus.

Selain itu, dengan mengaduk-aduk bumbu dan sayuran saat menumis akan membuat citarasa masakan lebih merata sempurna. Jadi, jangan ragu untuk terus mengaduk saat sedang menumis ya.

Baca Juga :  Resep Tumis Jamur Saus Tiram

Tips Menumis Sayur 3: Jangan Tergesa-gesa Memasukkan Bumbu/Air Saat Sayuran Belum Berubah Warna

Siapa di sini yang sering memasukkan bumbu atau air secara langsung saat menumis? Pastinya banyak dari kita yang melakukannya. Apalagi, saat sayuran belum berubah warna kita langsung tergesa-gesa memasukkan air ke dalamnya.

Jika sedang menumis sayur, maka alangkah baiknya agar tidak tergesa-gesa memasukkan bumbu dan air ketika sayuran belum berubah warnanya. Hal ini bisa membaut citarasa dan tekstur masakan malah menjadi seperti rebusan, alih-alih tumisan.

Anda tak ingin kan tumis buncis Anda malah menjadi sop buncis? Rasanya pasti akan berbeda dan menjadi tidak cocok saat disantap.

Tips Menumis Sayur 4: Panaskan Wajan hingga Benar-Benar Panas

Sebelum menumis sayur, panaskan dulu wajan hingga benar-benar panas. Tuangkan minyak goreng ke wajan dan pastikan seluruh bagian wajan terkena oleh minyak. Cara mudahnya agar seluruh permukaan wajan terkena minyak yakni dengan menuangkannya secara memutar hingga mengenai bagian pinggiran wajan.

Selanjutnya, panaskan minyak pada wajan dengan api berukuran sedang hingga benar-benar panas ya. Setelah itu, baru deh Anda mulai memasukkan bumbu dan sayuran untuk ditumis.

Tips Menumis Sayur 5: Masukkan Sayuran Dulu baru dilanjutkan dengan Saus

Saat Menumis sayuran, masukkan sayuran terlebih dahulu. Masukkan sayuran yang sudah diiris tipis ke dalam wajan. Usahakan juga untuk memasukkan sayuran yang lebih keras dan lebih lama matangnya saat menumis.

Baca Juga :  Resep Capcay Goreng Saus Tiram Paling Enak

Bila sudah, maka barulah Sweet Couple memasukkan saus seperti saus tiram, saus sambal, ataupun bumbu lainnya. Hal ini agar kandungan garam yang ada dalam saus tidak larut dahulu dan menarik cairan yang ada dalam sayuran. Jika hal tersebut terjadi, maka sayuran menjadi tidak renyah.

Itulah tips menumis sayur anti gagal versi kami. Cukup praktikkan tips dan langkah tersebut, maka hasil tumisan sayur Anda akan berhasil dan siap untuk disantap bersama orang tersayang di rumah.

Mudah saja kan ternyata tips tersebut? Siapapun bisa melakukannya di rumah saat sedang memasak. Termasuk untuk Sweet Couple yang pemula agar semakin jago dalam urusan dapur.

Jadi, kapan nih mau mulai menumis lagi?

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari sajiansedap.grid.id, primarasa.co.id, dan haibunda.com