Tips Nikah Saat Pandemi Corona agar Hemat dan Sehat

Pandemi Corona memang masih berlangsung. Tak heran banyak kegiatan yang tertunda karena pandemi Corona mulai dari jalan-jalan hingga pesta pernikahan.

Wajar saja karena pandemi Corona ini berlaku juga PSBB alias Pembatasan Sosial Berskala Besar yang membuat kita tidak bisa melakukan aktivitas yang melibatkan terlalu banyak orang secara langsung, termasuk pesta nikah.

Namun, sekarang PSBB sudah mulai dilonggarkan dan banyak kegiatan lain yang sudah mulai berjalan kembali. Buat yang masih pacaran, sudah bisa kencan. Buat yang mau nikah, sudah bisa pesta nikah. Walau memang suasana dan tata caranya berbeda karena pandemi Corona dan era new normal.

Nah, buat Sweet Couple yang ingin nikah tapi sempat tertunda karena pandemi Corona gak usah khawatir. Sekarang Sweet Couple sudah bisa kok untuk membuat acara pernikahan, tentunya dengan gaya new normal dan aturan tertentu.

Kabar baiknya buat Sweet Couple yang ingin nikah saat pandemi Corona begini pastinya jauh lebih hemat karena tak perlu berpesta meriah dan mengundang banyak orang. Sudah hemat, sehat pula karena lebih kecil peluangnya untuk terpapar virus Corona.

Daripada berlama-lama, mending langsung simak saja tips nikah saat pandemi Corona agar hemat dan sehat berikut ini yuk!

1. Tentukan dan batasi jumlah tamu undangan pernikahan

Tips nikah saat pandemi Corona agar hemat dan sehat yang pertama yaitu tentukan dan batasi jumlah tamu undangan pernikahan. Mengapa demikian?

Di masa pandemi Corona ini memang sudah boleh ada acara pernikahan, tetapi karena masih pandemi Corona jadi jumlah tamu undangan harus dibatasi. Jangan mengundang terlalu banyak orang karena bisa ada kerumunan. Ingat, kita dituntut untuk menjaga jarak dan tidak berkerumum bukan?

Selain itu, jumlah tamu undangan memang harus ditentukan jumlahnya dan tidak terlalu banyak karena kita juga yakin bahwa masih banyak orang yang parno takut terpapar virus Corona jika keluar rumah dan bertemu banyak orang.

Baca Juga :  Tips Terhindar dari Virus Corona saat Jalan-jalan di Luar Rumah

Idealnya, undanglah orang-orang terdekat Anda jika ingin nikah saat pandemi Corona ini. Sweet Couple bisa mengundang keluarga inti, keluarga besar, dan sahabat terdekat saja. Semakin Anda kenal, tentu semakin intim, kekeluargaan, dan khidmat bukan pesta nikahnya?

Tak hanya itu, mengundang lebih sedikit tamu undangan juga akan lebih hemat. Mulai dari tak usah banyak-banyak mencetak undangan, tak usah memesan makanan katering terlalu banyak, tak perlu sewa gedung berukuran besar, dan tak perlu keluar uang banyak untuk suvenir.

Kalaupun Sweet Couple ditanya oleh orang lain kenapa tidak mengundang banyak orang, maka tak usah bingung. Tinggal jawab saja,”Kan lagi Corona”. Dijamin mereka pasti paham dan memakluminya.

2. Buat Resepsi Virtual/Online Jika Ingin Lebih Banyak Tamu yang Melihat

Tips nikah saat pandemi Corona agar hemat dan sehat yang kedua yaitu buatlah resepsi virtual atau online jika Anda ingin mengundang lebih banyak orang dalam acara pernikahan Anda.

Kita mungkin memang tidak bisa mengundang banyak orang secara langsung dalam satu tempat. Namun, sekarang adalah era new normal dan serba online. Jadi Sweet Couple bisa mengundang lebih banyak orang untuk menyaksikan resepsi pernikahan dalam versi virtual alias online.

Selain tidak seribet membuat undangan nikah versi cetak, resepsi versi virtual juga lebih murah. Tinggal membuat desain undangan, kata-kata, lalu sertakan link-nya beserta jadwalnya. Lalu kalau sudah, tinggal sebarkan saja. Mudah banget kan?

Tak hanya hemat, tetapi resepsi versi virtual juga lebih sehat karena kita tidak perlu berkumpul dan berkerumun ramai-ramai sehingga kita lebih aman dari paparan virus Corona. Setuju banget ya!

3. Terapkan Protokol Kesehatan selama Acara Resepsi Nikah Berlangsung

Tips nikah saat pandemi Corona agar hemat dan sehat yang ketiga yakni selalu terapkan protokol kesehatan selama acara resepsi nikah berlangsung. Ya, tips yang satu ini jangan sampai dilupakan karena penting, menyangkut keamanan dan kesehatan kita semua.

Baca Juga :  Tips WFH Antibosan Selama PSBB

Memang kita sudah diperbolehkan untuk melangsungkan acara resepsi atau akad nikah, tetapi bukan berarti kita menjadi abai terhadap protokol kesehatan yang ada. Kita tetap harus menaati aturan protokol kesehatan yang berlaku.

Selalu gunakan masker, siapkan peralatan dan perlengkapan cuci tangan, jangan lupa cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak satu dengan yang lain. Khusus untuk Sweet Couple yang menikah, jangan lupa untuk gunakan sarung tangan ya.

Pokoknya, yang penting resepsi nikah berlangsung dengan aman, nyaman, dan lancar, tanpa mengabaikan prosedur protokol kesehatan yang berlaku.

4. Susun jadwal acara nikah secara padat dan singkat

Tips nikah saat pandemi Corona agar hemat dan sehat yang selanjutnya yakni susun jadwal acara nikah Anda secara padat dan singkat tanpa mengurangi esensi dan kekhidmatan dari pernikahan itu sendiri.

Kita memang sudah boleh lagi untuk mengadakan acara pernikahan, tetapi usahakan untuk tidak lama-lama terutama di saat pandemi Corona. Selain karena PSBB, juga demi menghindari terlalu lama berkontak dengan orang lain. Ingat, masih pandemi Corona jadi kita harus menjaga keamanan dan kesehatan.

Selain itu, jadwal acara yang padat dan singkat juga membuat sewa gedung lebih murah karena tidak berlama-lama. Lagipula untuk apa juga berlama-lama? Yang penting kan Sweet Couple bisa melangsungkan acara pernikahan dengan khidmat.

Ya, siapa bilang acara yang singkat membuat makna pernikahan berkurang?

5. Kalau bisa, Menikah di KUA atau Tempat Ibadah

Tips nikah saat pandemi Corona agar hemat dan sehat yang terakhir adalah menikah di KUA atau tempat ibadah, kalau bisa dan diusahakan. Mengapa demikian? Ya tentu saja agar hemat. Sweet Couple ingin acara nikah yang hemat kan? Ya jawabannya tentu saja di KUA atau tempat ibadah.

Baca Juga :  Tips Mencegah Flu saat Pandemi Corona

Di era new normal pandemi Corona ini, semuanya pun serba baru, walau sebenarnya tidak baru-baru banget. Dari dulu, kita sebenarnya sudah boleh menikah di KUA atau tempat ibadah, tetapi di era new normal ini nikahan di KUA dan tempat ibadah makin populer.

Alasannya tentu saja demi menghindari kerumunan besar jika menggelar acara nikah di gedung pertemuan/hotel dan agar tidak terlalu ribet mengurus izin. Pastinya lebih hemat dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

Nikah di KUA atau tempat ibadah juga gak akan mengurangi kesakralan dari pernikahan kalian kok, jadi jangan ragu ya Sweet Couple!

Itulah sejumlah tips nikah saat pandemi Corona agar hemat dan sehat yang bisa Sweet Couple lakukan. Pastikan Sweet Couple memang sudah siap secara lahir batin untuk menikah. Jangan hanya sekadar ikut-ikutan apalagi hanya karena tidak tahan dengan omongan orang lain yang menyuruh untuk menikah.

Tidak hanya menyiapkan jodohnya, tetapi siapkan pula mental, pikiran, dan juga biaya. Bukan sekadar biaya saat hari H acara pernikahan karena pernikahan lebih dari itu. Kalian harus mempersiapkan kehidupan kalian berdua setelah acara pernikahan usai. Ga mau kan nikahannya meriah tapi setelah itu malah melarat?

Intinya, persiapkan diri sebaik mungkin untuk menikah agar pernikahan bisa langgeng sampai maut memisahkan. Buat yang belum ada jodoh, tak usah berkecil hati. Berusaha jadi yang terbaik dan fokus untuk mengembangkan diri sendiri karena pasti yang baik akan datang untuk yang baik juga.

So, siap untuk nikah saat pandemi Corona?

Artikel disadur dari cnnindonesia.com