Tips Terhindar dari Virus Corona saat Jalan-jalan di Luar Rumah

New Normal sudah lama dijalankan. PSBB juga sudah dilonggarkan kembali. Artinya, kita sudah bisa kembali beraktivitas di luar rumah seperti sediakala. Tentunya kita tetap harus memperhatikan aturan protokol kesehatan yang berlaku seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Jangan sampai kita lengah atau bertingkah sembarangan mentang-mentang sudah new normal dan PSBB sudah tidak seketat yang dulu.

Namun, ada beberapa dari kita yang mungkin masih ragu untuk jalan-jalan di luar rumah karena takut tertular virus Corona. Sebenarnya, sebelum masa pandemi Corona pun kita sudah banyak berhadapan dengan bakteri, kuman, virus, dan penyakit, tetapi mungkin ada dari kita yang masih parno dengan Corona ini. Padahal yang paling penting adalah tetap menjaga kebersihan dan kesehatan serta berpikiran positif agar kita tidak terlalu parno dengan virus Corona ini.

Nah, lalu kira-kira apa saja sih tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah? Jika penasaran, maka langsung saja simak tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah berikut ini!

1. Pakai Masker

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah yakni pakai masker. Di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini, rasanya pakai masker sudah menjadi semacam kewajiban. Gak afdol rasanya jika keluar rumah tidak pakai masker. Tentunya pakai masker yang nyaman dan bisa menghalau partikel-partikel kecil agar aman ya.

Selain demi menghindari terkena virus, dengan pakai masker maka kita jadi lebih mudah untuk pergi ke tempat-tempat lain karena hampir semua tempat mewajibkan penggunaan masker bagi pengunjung. Namun, jika suasana tidak ramai, bisa jaga jarak, dan berada di alam terbuka, tidak apa-apa jika masker sesekali dilepas agar kita bisa lebih bebas menghirup udara.

Baca Juga :  [TRIVIA] Manfaat LDR yang Jarang Disadari

2. Rajin cuci tangan

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah yang kedua adalah rajin cuci tangan. Sebenarnya, dari dulu pun kita sudah diajarkan untuk mencuci tangan. Namun, akibat pandemi Corona ini membuat rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun semakin digalakan.

Cuci tangan itu penting karena sebagian besar bakteri, kuman, dan virus masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Oleh karena itu, rajinlah mencuci tangan terutama sebelum makan, sesudah makan, sesudah ke toilet, dan sebelum bersalaman dengan orang lain.

3. Hindari tempat yang terlalu ramai

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah yang ketiga yaitu hindari tempat yang terlalu ramai. Memang sih kadang kita merindukan suasana ramai karena membuat tempat jadi lebih hidup. Namun, di saat pandemi Corona ini kita masih dianjurkan untuk jaga jarak atau physical distancing sehingga kita harus menghindari tempat yang terlalu ramai.

Tempat yang terlalu ramai dengan orang berarti kita akan bertemu dengan lebih banyak orang dan kita tidak tahu riwayat orang-orang tersebut apakah ada penyakit atau tidak. Selain itu, tempat yang terlalu ramai juga membuat kita susah menikmati suasana.

4. Pilih jalan-jalan di tempat yang terbuka

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah berikutnya adalah pilihlah untuk berjalan-jalan di tempat yang terbuka. Usahakan untuk memilih tempat yang terbuka dan memiliki sirkulasi udara bagus, seperti taman, lapangan, stadion, maupun alam terbuka.

Mengapa demikian? Karena tempat terbuka artinya kita akan lebih banyak menghirup udara segar dan pergantian udara juga lebih bagus daripada di tempat tertutup. Selain itu, tempat terbuka juga membuat kita lebih banyak terpapar sinar matahari. Tentunya lebih sehat bukan?

Baca Juga :  22 Wilayah di Indonesia yang Terjangkit Virus Corona

5. Bawa Hand Sanitizer, Tissue, Lap, dan Sabun Cuci Tangan

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah selanjutnya yaitu bawa new normal starter kit. Apa saja itu? Hand Sanitizer, tissue, lap, dan sabun cuci tangan. Barang-barang itu memang bukanlah tameng utama untuk menangkis virus Corona, tetapi setidaknya kita bisa mencegah untuk terhindar dari bakteri, kuman, dan virus. Apalagi jika tempat yang ada tidak memiliki fasilitas cuci tangan yang memadai, maka barang-barang tersebut bisa menjadi penyelamat Anda.

6. Konsumsi makanan dan minuman bergizi serta vitamin

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah yang lainnya adalah konsumsi makanan dan minuman bergizi serta vitamin. New normal artinya new habbit, maka cobalah untuk lebih sering mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh kita.

Sweet Couple bisa coba membuat makanan sehat seperti sayur dan buah serta minuman yang menambah daya tahan tubuh seperti jamu. Biar lebih lengkap, jangan lupa untuk konsumsi vitamin bila perlu.

7. Jangan jalan-jalan jika sedang sakit

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah yang juga tak boleh dilupakan yaitu jangan jalan-jalan jika sedang sakit atau tidak fit. Kebanyakan dari kita kadang meremehkan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh kita ketika kita sedang tidak fit, alhasil saat jalan-jalan kita tidak menikmati dan malah jatuh sakit. Ga enak banget kan Sweet Couple?

Alangkah baiknya untuk istirahat di rumah saja jika tubuh sedang dalam kondisi tidak fit atau sakit. Selain menghindari dari virus Corona, kita juga tidak menularkan bibit penyakit ke orang lain. Lebih aman bukan?

Baca Juga :  11 Tips Aman Naik Kendaraan Umum untuk Perempuan

8. Jika masih sangat tidak yakin, maka tidak usah pergi jalan-jalan

Tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah yang terakhir adalah tidak usah pergi jalan-jalan jika memang masih sangat tidak yakin. Mengapa demikian? Karena jika masih terlalu khawatir, tidak yakin, dan parno, maka kita tidak akan menikmati acara jalan-jalan di luar rumah.

Kita akan terlalu memikirkan tentang virus Corona, padahal belum tentu kita akan terpapar atau terkena virus. Ga mau kan Sweet Couple pusing sendiri karena overthinking? Jadi, jika tidak yakin, maka alangkah baiknya untuk tidak usah pergi jalan-jalan sama sekali.

Itulah sejumlah tips terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah. Memang, terkena virus atau tidak itu tidak bisa kita pilih. Semua sudah menjadi keniscayaan, tetapi tak ada salahnya untuk mencegah dan menjaga diri agar terhindar dari virus Corona saat jalan-jalan di luar rumah. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Sebenarnya kita boleh saja waspada, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan dan membuat kita parno. Semakin kita parno, kita akan semakin stress. Stress membuat kortisol meningkat dan daya tahan tubuh kita pun melemah.

Di saat daya tahan tubuh kita melemah, maka bakteri, kuman, dan virus apapun jadi lebih mudah untuk masuk, termasuk virus Corona. Oleh karena itu, kita tetap harus bersikap bijak dalam masa pandemi ini. Jangan sampai terlalu waspada membuat kita stress dan tidak menikmati kehidupan yang ada.

Jadi, sudah siap untuk jalan-jalan di luar rumah di era new normal ini? Kalau sudah siap, jangan lupa juga untuk ikuti tipsnya ya!