Tips Traveling Aman untuk Perempuan

Memperoleh rasa aman adalah hak setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Mereka berhak memperoleh rasa aman dari setiap aktivitas yang mereka lakukan, tak terkecuali traveling. Siapapun pasti ingin dong merasa aman selama traveling. Namun, terkadang ada saja hal-hal yang membuat kita merasa tidak aman saat traveling. Terlebih lagi untuk para traveler perempuan yang sering kali menjadi sasaran kejahatan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Di era ini, perempuan masih rawan menjadi korban tindakan kejahatan selama traveling.

Namun tak usah takut dan khawatir! Kami memiliki tips traveling aman untuk para perempuan yang bisa dicoba dan dilakukan untuk kalian yang ingin traveling, baik solo traveling, berdua, ataupun beramai-ramai. Inilah tips traveling aman untuk para perempuan pecinta jalan-jalan.

Selalu waspada dengan orang lain

Tips aman pertama saat traveling bagi perempuan adalah selalu waspada dengan orang lain. Di sini bukan berarti sebagai perempuan lantas selalu curiga dengan orang lain, tetapi lebih ke mawas diri dan waspada apalagi terhadap orang yang baru dikenal. Kita tidak tahu orang itu seperti ada karakter dan pikirannya, sehingga lebih baik untuk menanamkan sikap waspada dalam diri kalian terutama saat berada di lingkungan baru.

Perhatikan keadaan sekitar dan jangan lengah

Tips berikutnya agar selalu aman saat traveling bagi perempuan adalah selalu perhatikan keadaan sekitar dan jangan sampai berada di kondisi lengah. Hal ini terutama saat kalian berada di tengah keramaian, seperti di tempat wisata, pusat belanja, terminal, stasiun, bandara, atau kendaraan umum. Kalian tetap harus jeli memperhatikan keadaan lingkungan sekitar dan jangan lengah dengan barang bawaan masing-masing. Seringkali ada saja orang iseng dan tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan karena kita lengah.

Pastikan kalian punya akses internet

Tips berikutnya yang juga menjadi kiat traveling aman bagi perempuan adalah selalu pastikan bahwa kalian memiliki akses internet, di manapun dan kapanpun. Mengapa? Dengan internet, kalian bisa mengecek peta dan rute kendaraan terutama saat kalian naik kendaraan umum sendirian. Lalu, saat kalian naik taksi online sendirian juga bisa memantau rute apabila rute yang diambil tidak sesuai. Internet sekarang mudah didapatkan mulai dari langganan paket internet, data roaming, atau sewa wifi.

Baca Juga :  [TRIVIA] Manfaat LDR yang Jarang Disadari

Catat nomor telepon/kontak penting jika keadaan darurat

Tips lain juga tak kalah penting saat traveling agar selalu aman bagi perempuan adalah catat nomor telepon/kontak penting yang bisa dihubungi. Kalian bisa mencatat nomor telepon kantor polisi, ambulance, gawat darurat, rumah sakit/klinik, derek mobil, bengkel, atau pusat informasi wisata setempat. Jangan hanya catat di ponsel, tetapi juga di buku catatan kecil. Jaga-jaga jika ponselmu kehabisan baterai.

Selalu kabari keluarga/teman/orang di rumah saat bepergian

Jangan lupa untuk selalu kabari keluarga/teman/orang di rumah saat kalian ingin bepergian dan selama bepergian. Tips ini juga membuat kalian, terutama para perempuan menjadi lebih aman saat traveling loh. Selalu kabari mereka melalui chat/SMS/telepon agar mereka tahu bahwa keadaan kalian baik-baik saja saat traveling. Jangan lupa berikan foto kendaraan, penginapan, serta tempat wisata yang dituju agar orang-orang tercinta kalian tetap bisa memantau kalian tanpa dihantui rasa khawatir.

Pilih akomodasi dengan review bagus

Tips ini sebenarnya umum banget untuk traveling, tetapi nyatanya tips ini mampu membuat kalian merasa lebih aman saat traveling loh girls! Dengan memilih akomodasi yang memiliki review bagus, kalian tentunya akan merasa lebih aman dan nyaman. Review yang bagus di sini tak hanya sekadar bersih, terjangkau, pelayanan bagus, dan fasilitas lengkap, tetapi juga soal lokasi dan keamanan yang dimiliki oleh akomodasi tersebut.

Jangan mudah dan sembarangan berbagi info pribadi dengan orang lain

Saat traveling tentu kita akan sering bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai penjuru dunia. Kita akan banyak berkenalan dengan orang-orang dari beragam latar belakang. Namun, sekali lagi di sini juga berlaku pepatah don’t talk and don’t get too close with strangers. Bukan berarti para perempuan disuruh untuk menutup diri, tetapi ada baiknya untuk tidak mudah membagikan informasi pribadi kepada orang lain yang baru dikenal. Kita tak tahu orang itu seperti apa, jadi lebih baik bagikan informasi secukupnya saja. Jika kalian merasa gak nyaman, ada baiknya tak usah membagikannya.

Baca Juga :  11 Tips Aman Naik Kendaraan Umum untuk Perempuan

Kurangi frekuensi bermain gadget saat di tempat umum

Tips ini penting banget untuk traveling terutama di era modern dan digital seperti ini, termasuk untuk para perempuan. Kadang kita terlalu sibuk dan fokus bermain gadget, entah ponsel, laptop, iPod, ataupun game console. Tanpa disadari, hal tersebut sering membuat kita tidak mawas diri dan kurang waspada akan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengurangi frekuensi bermain gadget saat berada di tempat umum agar kita juga lebih mawas diri dan aman selama traveling tentunya. Toh saat traveling bukankah lebih baik jika kita menikmati destinasi yang dituju ketimbang fokus dengan gadget?

Pelajari dan kenali karakteristik destinasi yang hendak dituju

Tips ini juga penting buat traveler perempuan yang ingin traveling dengan rasa aman. Sebelum traveling, pelajari dan kenali karakteristik destinasi yang hendak dituju agar kalian lebih paham seluk beluk dan informasi penting di destinasi tersebut. Jangan sampai kalian terlena dan menggampangkan tempat tersebut, apalagi jika destinasi yang dituju kurang aman menurut sebagian besar orang yang pernah ke sana. Dengan mempelajari destinasi, setidaknya kalian bisa lebih mempersiapkan diri dengan berbagai kemungkinan yang terjadi ketika sudah tiba di tempat tersebut.

Lindungi uang, dompet, kartu identitas, dan dokumen penting di tempat aman dan tidak terpusat

Tips ini berguna banget, tetapi sering kali diabaikan. Tak hanya oleh perempuan, tetapi juga laki-laki. Hal ini berguna banget jikalau ada kita kehilangan uang atau dokumen penting. Letakan/selipkan uang di tempat selain dompet, misal kantong baj, kantong celana, kantong tas, sepatu dan simpan salinan dokumen penting untuk traveling di tempat yang terpisah. Tak ada salahnya juga siapkan soft copy di email atau cloud storage yang banyak disediakan oleh Dropbox dan Google Drive.

Baca Juga :  12 Destinasi Traveling Aman untuk Perempuan di Indonesia

Bawa pakaian tertutup

Tips berikutnya adalah bawa pakaian tertutup. Tips ini berguna jika kalian, para perempuan, ada rencana untuk mengunjungi destinasi wisata tertentu yang menuntut penggunaan pakaian rapi, tertutup, dan sopan misal ke tempat ibadah, museum, istana kenegaraan, ataupun desa adat. Sebagai traveler, tentunya kita harus menghormati adat istiadat dan aturan setempat agar kalian juga merasa aman dan nyaman kala traveling. Selain itu, kain/pakaian tertutup juga membuat kita lebih terlihat berbaur dengan penduduk setempat. Apalagi masih banyak tempat di dunia yang laki-lakinya sulit menahan diri untuk tidak melakukan pelecehan seksual kepada perempuan, hanya karena si perempuan terlihat “menarik”.

Bawa pepper spray ke manapun jika terjadi hal yang tidak dinginkan

Tips ini penting banget untuk perempuan yang ingin lebih aman selama traveling. Pepper spray ini berguna banget untuk menghalau orang-orang iseng dan tak bertanggung jawab yang mencoba mengusik rasa aman kalian selama traveling. Pastinya jangan hanya bawa satu, tetapi dua untuk berjaga-jaga. Setidaknya kalian punya waktu untuk mengalihkan perhatian dan menyelamatkan diri dari gangguan orang-orang tesebut selama traveling.

Coba berlatih olahraga bela diri

Tips ini juga bisa dicoba untuk para perempuan yang ingin lebih aman selama traveling. Tak ada salahnya untuk membekali diri dengan ilmu bela diri sebelum traveling. Ada banyak jenis olahraga bela diri yang mampu melindungi kalian dari para pengganggu selama traveling, seperti karate, taekwondo, pencak silat, thai boxing, dan lain sebagainya. Setidaknya, kalian akan merasa lebih aman dan bisa menghalau mereka yang berniat mengganggu para perempuan secara fisik.

Itulah tips traveling aman untuk perempuan yang bisa dicoba saat kalian traveling. Gak hanya perempuan aja yang harus hati-hati, laki-laki pun juga karena rasa aman adalah hak setiap orang termasuk mereka yang sedang traveling. Semoga traveling kalian selalu aman ya!

Leave a Reply