Tradisi 17 Agustus yang Seru Saat Merayakan Kemerdekaan

17 Agustus adalah tanggal sakral bagi masyarakat Indonesia. 17 Agustus 1945 merupakan tanggal kemerdekaan yang di proklamasikan langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta.

Hari kemerdekaan ini tidak mudah untuk diproklamasikan begitu saja. Bangsa Indonesia harus menghadapi banyak kesulitan, dijajah oleh Belanda selama kurang lebih 350 tahun dan Jepang selama 3,5 tahun. Hal ini membuat bangsa Indonesia menjadi sangat kuat hingga akhirnya berhasil merdeka.

Tanggal 17 Agustus ini biasanya menjadi tanggal merah atau hari libur bagi masyarakat Indonesia. Hari libur ini menjadi simbol persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia tanpa memandang suku, agama, atau budaya mereka. Selain itu, perayaan ini mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan dan membentuk Indonesia sebagai negara yang berdaulat sendiri.

JADI CONTENT CREATOR SWEETRIP DAN RASAKAN MANFAATNYA
GABUNG

Artikel Terkait:

Tradisi Perayaan 17 Agustus

Tradisi memeriahkan Hari Kemerdekaan di Indonesia ini selalu terlihat dengan jelas. Bendera merah-putih dikibarkan di setiap sudut kota, dan gedung-gedung dihiasi dengan pernak-pernik merah-putih. Berikut adalah beberapa tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia saat Hari Kemerdekaan:

1. Upacara Bendera

Tradisi 17 Agustus yang Seru Saat Merayakan Kemerdekaan
Gambar diambil dari detik.com

Upacara bendera merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat merayakan Hari Raya Kemerdekaan. Hal ini wajib sebagai bentuk rasa hormat dan rasa terima kasih kita sebagai warga Indonesia terhadap para pahlawan yang telah berjuang untuk negara.

Baca Juga :  5 Hiasan Sepeda 17 Agustus yang Simpel dan Unik

Upacara ini biasa dilakukan di sekolah, instansi pemerintah, dan lembaga lainnya. Upacara ini wajib diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia saat tanggal 17 Agustus. Upacara paling besar ini biasa dilakukan di Istana Kepresidenan yang di gelar mulai pagi hari hingga siang hari.

2. Perlombaan

Tradisi 17 Agustus yang Seru Saat Merayakan Kemerdekaan
Gambar diambil dari Kompas.com

Berbagai macam perlombaan biasanya diadakan di setiap daerah masing-masing. Perlombaan yang sering diadakan saat merayakan hari raya 17 Agusutus ialah seperti lomba kelereng, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, dan berbagai jenis lomba tradisional lainnya.

Perlombaan ini diadakan tidak hanya sebagai hiburan, melainkan untuk memperat tali silaturahmi antar warga di sekitar kita, dan juga untuk mengisi waktu luang saat libur di Hari Kemerdekaan ini.

3. Pawai dan Karnaval

Tradisi 17 Agustus yang Seru Saat Merayakan Kemerdekaan
Gambar diambil dari bangka.tribunnews.com

Pawai dan karnaval merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan saat menyambut hari raya 17 Agustus. Pawai ini biasanya digelar mulai pagi hari hingga siang hari. Rute yang digunakan untuk pawai sendiri biasanya hanya berkeliling wilayah tersebut saja.

Meskipun yang melalukan pawai dan karnaval ini hanya di beberapa daerah, antusiasme dari pawai ini sendiri sangat digemari oleh banyak orang terutama anak-anak. Anak-anak menggunakan pakaian adat sembari diiringi musik, tarian, dan atraksi dari budaya di wilayah tersebut.

Baca Juga :  10 Masakan Nusantara yang Wajib Dicoba!

4. Festival Makanan dan Kuliner

Tradisi 17 Agustus yang Seru Saat Merayakan Kemerdekaan
Gambar diambil dari voaindonesia.com

Festival makanan dan kuliner khas Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi beberapa orang yang wilayahnya tidak memeriahkan Hari Kemerdekaan ini, biasanya memilih untuk berjalan-jalan keluar.

Festival makanan dan kuliner ini bisa menjadi pilihan bagi banyak orang yang di lingkungannya tidak mengadakan berbagai acara. Berbagai makanan tradisional dari berbagai daerah dipamerkan dan dijual selama perayaan. Resep masakan Indonesia memang sangat wajib dicoba!

5. Konser Musik

Tradisi 17 Agustus yang Seru Saat Merayakan Kemerdekaan
Gambar diambil dari nasional.okezone.com

Konser musik adalah salah satu acara yang biasa dilakukan saat merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini. Konser ini diadakan guna untuk memeriahkan dan hiburan agara kondisi saat merayakan acara ini tidak terlalu kaku.

Selain konser, biasanya terdapat beberapa pertunjukan seni lainnya seperti melakukan tarian dari beberapa daerah. Bahkan hal ini juga sudah pasti diadakan saat setelah menggelan upacara di Istana Presiden. Hal ini guna untuk mengenal kembali seni yang ada di Indonesia.

Hal tersebut adalah tradisi yang seru dan pasti dilakukan saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ini. Daerah sweet couple sudah menyiapkan apa saja nih untuk menyambut Hari Kemerdekaan ini? Yuk kita sama-sama memeriahkan acara untuk memperat tali silaturahmi antar warga

Baca Juga :  Resep Beberuk Terong Khas Lombok yang Pedas dan Lezat

Merdeka!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari beberapa artikel