22 Wilayah di Indonesia yang Terjangkit Virus Corona

Virus Corona merupakan sejenis virus yang sejenis dengan virus infeksi saluran pernafasan (SARS, influenza, dll). Virus Corona menyebabkan terjadinya penyakit pernafasan Co-Vid 19 dengan gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga sesak nafas akut. Tak hanya itu, virus corona juga bisa menyebabkan kematian terutama pada orang-orang berusia lanjut dan telah memiliki riwayat penyakit berat lainnya. Tak heran jika Virus Corona ini berbahaya dan banyak orang yang berjuang untuk menghentikannya.

Virus Corona sendiri diduga berasal dari Wuhan, Cina dan akhirnya menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Virus Corona awalnya ditularkan oleh seorang WNA Jepang yang tengah berkunjung ke sebuah kafe di Jakarta dan menular ke 3 orang perempuan asal Depok, yang saat ini sudah sembuh dari virus Corona.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 500 orang di Indonesia yang terinfeksi virus Corona dan mendapatkan penanganan medis secara khusus. Lalu, di wilayah mana sajakah di Indonesia yang sudah terjangkit virus Corona? Mari simak ulasannya agar kita bisa lebih hati-hati dan waspada.

Sumatera Utara

Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi di ujung pulau Sumatera, Indonesia yang sudah terjangkit virus Corona. Total kasus virus Corona yang ada di Provinsi Sumatera Utara yaitu 2 orang dengan kasus meninggal dunia berjumlah 1 orang.

Riau

Riau juga termasuk dalam wilayah di Indonesia yang terjangkit virus Corona. Total kasus virus Corona yang ada di Provinsi Riau yakni 1 kasus. Semoga kasus virus Corona di Riau tidak bertambah ya Sweet Couple.

Kepulauan Riau

Tak hanya Riau, Kepulauan Riau pun juga menjadi wilayah yang terjangkit oleh virus Corona di Indonesia. Kepulauan Riau, tepatnya di wilayah Natuna dulu sempat menjadi lokasi karantina bagi WNI yang sempat terjebak di Wuhan, Cina saat kasus virus Corona sedang merajalela di Cina. Total kasus virus Corona di Kepulauan Riau yakni 5 orang. Saat ini juga tengah dibangun rumah sakit khusus untuk pasien Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Semoga para pasien Corona di Kepulauan Riau lekas sembuh ya!

Jambi

Jambi juga termasuk dalam wilayah yang terjangkit oleh virus Corona di Indonesia. Total kasus virus Corona di Provinsi Jambi yakni 1 orang. Tentunya kita berharap kasus virus Corona di Jambi tidak bertambah dan penderitanya bisa segera pulih ya Sweet Couple.

Lampung

Lampung yang lokasinya berdekatan dengan Pulau Jawa juga menjadi salah satu wilayah yang terjangkit oleh virus Corona di Indonesia. Total kasus virus Corona di Provinsi Lampung sendiri berjumlah 1 orang. Semoga orang tersebut bisa segera sembuh dan bebas dari virus Corona ya.

Banten

Bergeser ke Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Banten. Banten menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terjangkit virus Corona cukup parah. Total kasus virus Corona di Banten berjumlah cukup banyak yakni 56 orang. Ada juga orang yang sudah meninggal usai terinfeksi virus Corona di Banten yaitu 3 orang. Pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari virus Corona di Banten yakni 1 orang. Pastinya kita semua berharap akan lebih banyak yang sembuh ya.

Kebanyakan kasus virus Corona di Banten berada di wilayah Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk tidak melakukan banyak aktivitas luar ruangan dan jaga kesehatan kala berada di wilayah tersebut. Sweet Couple yang ingin ke Tangerang juga sebaiknya tidak usah ke sana jika tidak terpaksa/darurat.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Agen Travel Paket Honeymoon di Indonesia

DKI Jakarta

DKI Jakarta menjadi wilayah terparah di Indonesia yang terjangkit oleh virus Corona. Total kasus virus Corona yang ada di DKI Jakarta yakni 353 orang. Hampir seluruh kecamatan bahkan kelurahan di DKI Jakarta terdapat pasien Corona. Kasus virus Corona di DKI Jakarta yang sampai mengakibatkan meninggal dunia berjumlah 29 orang. Walau demikian, yang dinyatakan sembuh dari virus Corona juga banyak yakni 23 orang. Untuk mencegah lebih banyak kasus, sejumlah perusahaan bahkan melakukan kebijakan Work From Home atau bekerja di rumah. Semoga akan ada orang yang lebih banyak pulih dari virus Corona di DKI Jakarta.

Jika sedang berada di DKI Jakarta, jangan lupa untuk selalu gunakan masker, hindari kerumunan, dan jaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan. Selain itu, jika tidak perlu alangkah baiknya untuk tidak bepergian ke Jakarta.

Jawa Barat

Jawa Barat juga menjadi wilayah di Indonesia yang cukup parah terjangkit virus Corona. Jawa Barat juga menjadi lokasi tempat tinggal pasien 01, 02, dan 03 yang saat ini sudah sembuh dari virus Corona, tepatnya di Depok. Total kasus virus Corona di Jawa Barat yakni 59 orang dengan korban meninggal mencapai 9 orang. Walau demikian, yang dinyatakan sembuh sudah berjumlah 5 orang,

Saat ini pemerintah Jawa Barat terus berupaya melakukan langkah-langkah preventif dan perawatan agar kasus virus Corona tidak semakin meluas di Jawa Barat. Untuk itu, alangkah baiknya untuk tidak melakukan banyak aktivitas luar ruangan saat berada di Jawa Barat, selalu gunakan masker, hindari keramaian, dan jangan lupa cuci tangan. Oh ya, jika tidak ada keperluan mendesak, maka alangkah baiknya untuk tidak berkunjung ke Jawa Barat terlebih dahulu.

Jawa Tengah

Jawa Tengah juga menjadi wilayah di Indonesia yang terjangkit kasus virus Corona. Kota yang perlu menjadi perhatian utama akan kasus virus Corona di Jawa Tengah yaitu Solo, Semarang, dan Purwokerto. Total kasus virus Corona di Jawa Tengah yakni 15 orang dan sudah ada 3 orang yang meninggal dunia.

Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan seluruh jajarannya berupaya untuk mengurangi kasus Corona salah satunya dengan membuat pakaian ADP sendiri untuk para dokter dan perawat serta melarang aktivitas keramaian seperti sholat Jumat, ibadah di gereja, kondangan, dan pesta-pesta. Semoga para pasien Corona di Jawa Tengah bisa lekas pulih ya!

D.I.Yogyakarta/Jogja

D.I.Yogyakarta atau Jogja menjadi salah satu wilayah yang diwaspadai di Indonesia karena adanya kasus virus Corona. Kebanyakan kasus terjadi di Kota Yogyakarta. Total kasus virus Corona di D.I.Yogyakarta berjumlah 5 orang dan sudah ada 1 orang yang dinyatakan sembuh. Semoga kasusnya menurun dan lebih banyak yang sembuh dari Corona di Jogja ya.

Buat Sweet Couple yang ada rencana untuk jalan-jalan ke Jogja, alangkah baiknya untuk ditunda dulu hingga kasus virus Corona ini mereda ya. Lebih baik di rumah saja dan jaga kesehatan kalian. Jangan sampai kalian menyesal karena mengabaikan peraturan dan imbauan pemerintah.

Jawa Timur

Jawa Timur menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang cukup parah terjangkit virus Corona. Gubernur Jawa Timur Khofifah bahkan menyatakan bahwa Surabaya dan Malang, dua kota besar utama di Jawa Timur tersebut sebagai zona merah karena banyaknya kasus virus Corona di kedua tempat tersebut. Total kasus virus Corona di Jawa Timur yakni 41 orang dengan 1 orang yang telah meninggal dunia.

Baca Juga :  Lagu Indonesia tentang Rindu dan LDR buat Kalian yang Ga Bisa Bertemu karena Wabah Virus Corona

Sejumlah upaya juga sudah dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona, seperti yang dilakukan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang membuat washtafel umum dan bilik disinfektan Corona di sejumlah titik di Kota Surabaya. Tak hanya itu, patroli oleh pihak berwajib pun digencarkan terutama untuk menertibkan masyarakat yang masih bandel karena tidak mengindahkan aturan/imbauan untuk tidak nongkrong-nongkrong selama ada virus Corona. Semoga hal tersebut bisa banyak ditiru oleh pemerintah daerah lainnya di Indonesia ya.

Kalimantan Barat

Bergeser ke Pulau Kalimantan, ternyata Kalimantan juga tak luput dari virus Corona. Salah satu wilayah di Kalimantan yang terjangkit oleh virus Corona yakni Provinsi Kalimantan Barat. Total kasus virus Corona di Provinsi Kalimantan Barat yakni 2 orang. Semoga ke depannya tidak ada penambahan kasus lagi dan 2 orang tersebut bisa segera sembuh dari virus Corona.

Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah juga menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terjangkit virus Corona. Total kasus virus Corona di Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 2 orang. Kita doakan semoga mereka cepat pulih dari virus Corona dan virus Corona bisa hilang dari Kalimantan Tengah ya Sweet Couple!

Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan juga termasuk sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang terjangkit oleh virus Corona. Total kasus virus Corona di Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 1 orang dan diharapkan tidak akan bertambah banyak ya Sweet Couple.

Kalimantan Timur

Kalimantan Timur yang digadang-gadang akan menjadi lokasi ibukota pemerintahan baru dari negara Indonesia juga menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terjangkit oleh virus Corona. Jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di Kalimantan, Kalimantan Timur memiliki jumlah kasus tertinggi. Total kasus virus Corona di Kalimantan Timur yakni 11 kasus. Cukup tinggi ya Sweet Couple. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menghindari bepergian ke wilayah Kalimantan Timur terlebih dahulu jika tidak darurat agar terhindar dari virus Corona. Semoga para pasien Corona di Kalimantan Timur bisa segera pulih ya.

Sulawesi Utara

Pulau Sulawesi juga tak luput dari virus Corona. Kasus Corona pertama di Sulawesi terjadi di provinsi Sulawesi Utara. Total kasus dari awal kejadian hingga saat ini masih berjumlah 1 orang. Tentunya kita berharap kasus virus Corona di Sulawesi Utara tidak bertambah ya. Buat kalian para Sweet Couple yang ada rencana untuk traveling ke Sulawesi Utara, sebaiknya ditunda dulu hingga keadaan kondusif. Jangan memaksakan diri karena bisa berakibat fatal untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan juga menjadi wilayah di Indonesia yang terjangkit virus Corona. Sulawesi Selatan juga sempat digegerkan oleh adanya acara Ijtima Ulama Sedunia yang diadakan di Kabupaten Gowa, yang sebenarnya sudah diimbau untuk tidak dilakukan oleh pihak otoritas setempat. Walau sempat berlangsung, tetapi acara tersebut akhirnya bubar dan para pesertanya kembali ke wilayah asalnya masing-masing.

Total kasus virus Corona di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu 2 orang dan tentunya semoga tidak bertambah ya kasusnya. Buat kalian yang ingin ke Sulawesi Selatan, sebaiknya ditunda dulu hingga keadaan lebih baik dan nyaman ya.

Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terjangkit oleh virus Corona. Apalagi Sulawesi Tenggara juga sempat dihebohkan oleh beredarnya video rombongan TKA asal Cina yang datang di Bandara Halu Oleo Kendari dan membuat masyarakat setempat resah karena takut adanya virus Corona. Total kasus virus Corona di Sulawesi Tenggara hingga saat ini yaitu 3 orang dan kita terus berdoa agar mereka semua bisa segera sembuh dari virus Corona.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aktivitas Honeymoon Di Rumah Selama Wabah Virus Corona

Bali

Sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia yang biasanya selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia, Bali juga menjadi salah satu wilayah yang terjangkit oleh virus Corona dan perlu diwaspadai. Total kasus virus Corona di Bali yaitu 6 orang dan sudah ada 2 orang yang meninggal, salah satunya WNA.

Buat kalian Sweet Couple yang ada rencana untuk traveling atau honeymoon ke Bali, sebaiknya ditunda dulu ya. Kalau sekarang memaksakan pergi ke Bali, tentunya akan tidak aman dan nyaman karena masih ada virus Corona. Alangkah baiknya untuk patuh mengikuti instruksi dari pemerintah agar kita aman dan nyaman ya Sweet Couple!

Maluku

Wilayah Indonesia Timur juga tak luput dari virus Corona. Salah satu wilayah di Indonesia Timur yang terjangkit oleh virus Corona adalah Maluku dengan total kasus 1 orang. Semoga saja cukup 1 orang dan tidak bertambah lagi ya kasus Corona di Maluku. Tak hanya itu, kita juga berdoa agar pasien Corona di Maluku bisa lekas sembuh dari virus Corona.

Maluku Utara

Maluku Utara menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang paling baru terjangkit kasus virus Corona. Total kasus virus Corona di Maluku Utara yakni 1 orang. Tentunya kita berharap tidak ada penambahan jumlah kasus virus Corona lagi di Maluku Utara. Cepat sembuh ya Maluku Utara!

Papua

Pulau sekaligus provinsi paling timur di Indonesia yakni Papua juga menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang terjangkit oleh virus Corona. Kasusnya ditemukan di Merauke, wilayah paling timur dari Papua sekaligus Indonesia. Hingga saat ini, ada 2 kasus virus Corona di Papua. Semoga saja virus Corona tidak meluas di Papua dan orang yang terkena virus Corona di Papua bisa lekas sembuh ya Sweet Couple.

Itulah wilayah di Indonesia yang saat ini terjangkit oleh Virus Corona. Hingga saat ini, total kasus Virus Corona di Indonesia yaitu 579 kasus. Untuk pasien meninggal berjumlah 49 orang. Walau demikian, angka kesembuhan juga cukup signifikan yakni 30 orang. Kita berharap agar angka kesembuhan semakin tinggi dan jumlah kasus Virus Corona di Indonesia bisa semakin berkurang. Untuk Sweet Couple yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut terkait Corona, bisa hubungi 119 ext.9 atau kunjungi website di covid19.go.id

Selalu jaga kesehatan dan kebersihan seperti makan makanan bergizi, berolahraga, dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Selain itu, hindari keramaian dan aktivitas luar ruangan terutama di wilayah yang terjangkit virus Corona. Jika terpaksa harus ke sana, maka jangan bersalaman/bersentuhan dengan orang lain, gunakan masker, bawa dan gunakan hand sanitizer, serta tidak lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air atau mandi usai bepergian.

Alangkah baiknya untuk patuh mengikuti imbauan dan instruksi pihak otoritas setempat agar kita lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas selama virus Corona ini. Stay safe dan jaga kesehatan ya Sweet Couple!

Leave a Reply