6 Pantai Pacitan yang Siap Dibuka untuk Umum. Catat Tempatnya!

Suka pantai? Sweet Couple wajib banget mengunjungi pantai Pacitan. Kawasan ini tak hanya terkenal dengan julukan seribu goa, tetapi kota sejuta pantai. Wajar saja karena ada banyak pantai di kawasan ini, baik yang terkenal maupun tersembunyi.

Sebelum pandemi Corona, banyak orang yang berwisata ke pantai Pacitan. Keindahannya yang luar biasa, suasananya yang alami, dan deburan ombaknya yang dahsyat membuat siapapun terpukau kala mengunjunginya. Rasanya tak cukup bila dikunjungi dalam waktu sehari saja.

Namun, di masa pandemi Corona ini ditambah lagi dengan penerapan PPKM oleh pemerintah membuat objek wisata Pantai Pacitan ini harus tutup sementara waktu. Hal ini guna mencegah adanya kerumunan wisatawan dan mengurangi risiko penularan virus Corona. Sebenarnya hal ini sungguh disayangkan karena pantai merupakan destinasi wisata unggulan di kota kelahiran mantan presiden Indonesia ke-6 ini.

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Usai PPKM yang sudah berlangsung selama beberapa bulan, akhirnya Pemerintah Kabupaten Pacitan tengah menyiapkan pembukaan destinasi wisata di kawasan tersebut seiring dengan turunnya level PPKM, termasuk wisata pantai Pacitan. Kurang lebih sudah ada 19 objek wisata yang dianggap memenuhi kriteria standar CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Hal ini menjadi angin segar untuk pelaku usaha sekaligus wisatawan di kawasan Pacitan. Pelaku usaha senang karena ada peluang bisnis dan usaha mereka bangkit kembali dengan datangnya wisatawan. Wisatawan sendiri pun juga senang karena bisa berkunjung ke destinasi wisata di kawasan tersebut, khususnya ke Pantai Pacitan.

Lantas, di mana sajakah Pantai Pacitan yang siap dibuka untuk umum? Pastinya Sweet Couple sudah tidak sabar kan untuk mengunjungi pantai-pantai tersebut? Biar tidak salah, yuk langsung saja simak 6 Pantai Pacitan yang siap dibuka untuk umum berikut ini!

1. Pantai Soge

Gambar diambil dari instagram.com/fajar_alfi_rozaq

Pantai Pacitan yang siap dibuka pertama yakni Pantai Soge. Pantai yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo ini berada sangat dekat dengan jalur lintas selatan Jawa. Dari jalan raya, Anda bisa menyaksikan pemandangan lautan biru nan luas dengan deburan ombak laut selatan yang dahsyat. Cocok banget untuk Sweet Couple yang senang road trip.

Baca Juga :  Keindahan Wisata Pantai Kesirat Yogyakarta yang Murah Meriah

Pantai Soge sendiri memiliki ombak yang tergolong ganas, terutama saat pasang. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan mematuhi setiap aturan yang ada di sini. Jangan sekali-sekali berenang di pantai ini demi keselamatan ya.

Walau tak bisa direnangi, Pantai Soge ini punya pasir pantai yang putih, bersih, dan lembut. Selain itu, di dekatnya juga terdapat muara sungai yang berkelok-kelok sehingga semakin menambah pesona keindahan tempat ini.

Jadi, kapan nih mau ke Pantai Soge?

2. Pantai Klayar

Gambar diambil dari instagram.com/bagus_mahendra

Siapa sih yang tak tahu Pantai Klayar? Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Pantai Pacitan yang wajib dikunjungi. Belum sah ke Pacitan jika belum berkunjung ke Pantai Klayar. Datanglah ke sini, maka Anda akan tahu alasannya.

Pantai Klayar memiliki pemandangan yang spektakuler. Dengan bentuk pantai berupa teluk, ditambah aneka formasi batuan menyerupai sphinx, fenomena alam seruling laut, pasirnya yang putih, dan deburan ombaknya yang besar, rasanya pantai ini merupakan definisi kesempurnaan yang sesungguhnya.

Yang lebih menarik lagi, pantai ini juga mudah diakses dan memiliki aneka fasilitas lengkap guna menunjang aktivitas wisatawan di sana. Jadi, tak ada alasan untuk tidak berkunjung ke Pantai Klayar kan?

3. Pantai Teleng Ria

Gambar diambil dari instagram.com/a.rumaya

Sweet Couple berencana ke Pacitan, tetapi malas bila harus jauh-jauh dari pusat kota Pacitan? Tak usah bingung. Anda bisa menjadikan Pantai Teleng Ria sebagai calon destinasi wisata pantai untuk dikunjungi kala berada di sana.

Pantai Teleng Ria masih berada di kawasan ibukota Kabupaten Pacitan dan hanya berjarak sekitar 5 km dari Alun-Alun Pacitan. Anda tak perlu menempuh perjalanan panjang dan lama untuk menikmati keindahan pantai. Hal ini berbeda dengan pantai lainnya di kawasan ini yang mana Anda harus naik turun gunung untuk mencapainya.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Dunia yang Terdampak Virus Corona

Walau berada dekat pusat kota, tetapi Pantai Teleng Ria ini memiliki pemandangan yang memukau. Area pasir pantainya luas, ombaknya tidak sebesar pantai selatan lainnya, dan terdapat hutan pohon cemara di sini yang membuat suasana jadi lebih sejuk.

Pemandangannya pun tak kalah bagus dengan pantai lainnya. Anda bisa menikmati deburan ombak dan laut luas serta panorama perbukitan hijau yang berada tak jauh dari pantai ini.

Hmmm… jadi makin ga sabar buat wisata ke Pantai Teleng Ria ya.

4. Pantai Srau

Gambar diambil dari instagram.com/ian_5.10

Pantai Pacitan lainnya yang siap dibuka untuk umum yakni Pantai Srau. Pantai ini termasuk salah satu pantai paling indah di wilayah ini. Lokasinya cukup terpencil, berada di Desa Srau, Kecamatan Pringkulu. Untuk mencapainya, Anda perlu berkendara melintasi perbukitan karst dari pusat kota Pacitan sejauh 20-25 km.

Sebagai hidden beach, pantai ini memiliki pesona yang tak boleh dianggap remeh. Pasirnya putih, halus. Airnya pun sangat jernih. Perbukitan di sekelilingnya pun semakin menambah pesona pantai ini. Belum lagi adanya bebatuan karang yang cocok sekali dijadikan latar belakang swafoto. Rasanya seperti bukan berada di Pacitan.

Pantai Srau ini cocok banget untuk Sweet Couple pecinta ketenangan. Pasalnya pantai ini tidak seramai Pantai Teleng Ria dan Pantai Klayar. Pas banget untuk menenangkan diri. Dijamin hati dan pikiran Anda terasa damai kala berada di sini.

5. Pantai Banyu Tibo

Gambar diambil dari instagram.com/devioctaviani87

Jika pantai Pacitan ini siap dibuka, maka Anda tak boleh melewatkannya. Ya, inilah Pantai Banyu Tibo. Pantai ini berada tak jauh dari perbatasan Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur dengan Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah. Walau jauh dari pusat kota Pacitan, tetapi pantai ini layak banget dikunjungi.

Sesuai dengan namanya, Pantai Banyu Tibo memiliki fenomena alam berupa air yang mengalir dan terjun dari bebatuan langsung ke pantainya. Hal ini membuatnya seperti air terjun cantik yang jatuh begitu saja. Oleh karena itu, pantai ini disebut banyu tibo atau air jatuh.

Pantainya sendiri memang termasuk kecil dan sempit. Di sekelilingnya terdapat tebing dan bebatuan karang. Ombaknya pun tergolong besar sehingga cukup berbahaya bila direnangi. Walau demikian, Sweet Couple tetap bisa menikmati pemandangan indah di sini. Berfoto-foto sambil menyaksikan deburan ombak saja juga sudah seru banget kok.

Baca Juga :  Pantai Pink Komodo Super Cantik Luar Dalam

6. Pantai Pancer Door

Gambar diambil dari instagram.com/elly_yk

Pantai Pacitan yang siap dibuka terakhir yakni Pantai Pancer Door. Pantai ini letaknya masih berada di kawasan kota Pacitan sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan. Tak perlu waktu berjam-jam untuk mencapai destinasi wisata ini.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan panjang sehingga cocok banget untuk Sweet Couple yang ingin berlarian di pasir, bermain pasir, atau berjalan kaki di sepanjang pesisirnya. Tak hanya itu, pantai ini juga sejuk karena terdapat jejeran pohon cemara di sekelilingnya.

Bagi pecinta olahraga selancar alias surfing, Pantai Pancer Door juga dikenal sebagai salah satu spot surfing di Pacitan. Terdapat penginapan untuk para peselancar dan kios penyewaan papan selancar di sini. Ombaknya yang cukup besar menarik minat peselancar untuk menaklukan ombak di sini.

Tertarik untuk mencobanya?

Itulah 6 destinasi wisata Pantai Pacitan yang siap dibuka untuk umum dan wisatawan. Pastinya Sweet Couple sudah tak sabar lagi untuk berwisata ke sini kan? Apalagi dengan turunnya level PPKM dan pelonggaran berbagai aktivitas serta semakin tingginya laju vaksinasi membuat Anda merasa lebih aman untuk bepergian.

Walau begitu, masih ada beberapa kendala dalam pembukaan wisata pantai di Pacitan terutama dari segi infrastruktur internet. Ada pantai yang masih sulit mendapatkan sinyal internet karena lokasinya yang terpencil. Padahal wisatawan yang berkunjung diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Oleh karena itu, pemda setempat berencana memasang wifi di beberapa lokasi guna menunjang kesiapan pembukaan destinasi wisata.

Semoga saja persiapannya lancar dan kita semua bisa kembali berwisata di Pantai-pantai Pacitan tanpa ada hambatan ya.

Stay Safe, Stay Healthy, Stay Sane Sweet Couple!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari travel.tempo.co