Garuda Wisnu Kencana, Mahakarya yang Bikin Ternganga

Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu mahakarya seni yang luar biasa di Bali. Dengan ketinggian mencapai 120 meter, tak heran jika patung Garuda Wisnu Kencana ini menjadi bangunan sekaligus monumen tertinggi di Bali.

Kemegahannya membuat siapapun terpukau dan ternganga. Kira-kira ada apa saja ya di sana? Apakah cuma patung saja? Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasannya berikut ini Sweet Couple!

Memiliki Ketinggian 120 meter

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan gabungan dari patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi kendaraan tunggangannya, yakni Garuda. Material patung monumen Garuda Wisnu Kencana merupakan campuran tembaga, kuningan, dan baja.

Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali ini memiliki ketinggian hingga 120 meter. Tak heran jika Garuda Wisnu Kencana menjadi monumen tertinggi di pulau Bali dengan segala kemegahannya.

Tak hanya itu, Garuda Wisnu Kencana bahkan termasuk dalam salah satu monumen tertinggi di dunia mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat dan Christ The Redeemer di Brazil.

Dibangun selama 28 tahun

Pembangunan Monumen Garuda Wisnu Kencana Bali ini berlangsung sangat lama yaitu selama 28 tahun. Garuda Wisnu Kencana Bali ini diprakarsai oleh Joop Ave, Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi RI pada 1989 dan pada 1993 pembangunan ini diresmikan oleh Presiden RI Soeharto.

Monumen Garuda Wisnu Kencana ini sendiri dibuat oleh seniman asa Bali, I Nyoman Nuarta dan dilanjutkan oleh PT Alam Sutera Realty,Tbk. pada 2013 hingga diresmikan pada 2018 oleh Presiden RI Joko Widodo.

Lokasi Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana berada di perbukitan kapur kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), tepatnya di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Baca Juga :  Hidden Gems Wisata Alam Bandung

Berjarak 15-20 menit dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park berada di ketinggian 236 meter di atas permukaan laut sehingga Sweet Couple bisa menikmati panorama kawasan GWK dan sekitarnya dengan leluasa.

Cara mencapai Garuda Wisnu Kencana

Jika Sweet Couple ingin menuju ke Garuda Wisnu Kencana, caranya mudah. Sweet Couple bisa menyewa kendaraan seperti mobil dan motor yang banyak tersedia di seluruh penjuru Bali dengan biaya sewa kisaran mulai dari Rp70.000 per hari untuk motor dan Rp300.000,00 per hari untuk mobil. Ingin yang lebih praktis? Langsung saja pesan ojek online atau taksi online yang banyak tersedia di kawasan Kuta dan Jimbaran.

Jam Operasional Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali ini memiliki jam operasional mulai dari pukul 08.00 WITA hingga pukul 21.00 WITA. Untuk pembelian tiket dilayani mulai pukul 08.00-20.00 WITA. Jadi jangan sampai Sweet Couple datang terlalu pagi atau terlalu malam ya!

Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana

Harga tiket masuk di kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dibanderol dengan harga Rp125.000,00 untuk orang dewasa, Rp100.000,00 untuk anak-anak usia 5-12 tahun.

Untuk anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun dan anak-anak dengan tinggi dibawah 100 cm, tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, jika ada anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun dan tinggi di atas 100 cm, maka dikenakan harga sesuai dengan anak-anak usia 5-12 tahun.

Baca Juga :  8 Alasan Jogja Sangat Istimewa untuk Dikunjungi

Jika Sweet Couple ingin memasuki monumen Garuda Wisnu Kencana maka dikenakan biaya lagi sebesar Rp200.000,00 per orang.

Fasilitas di Garuda Wisnu Kencana

Selama berada di kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, para pengunjung bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

Ada Wisnu Park tempat yang merupakan lokasi patung Wisnu dan mata air Parahyangan Somaka Giri yang tak pernah kering. Ada juga Street Theater, tempat untuk berbelanja suvenir dan menikmati santapan di sejumlah restoran yang ada.

Lalu, tersedia juga Lotus Pond yang biasa digunakan untuk konser musik dan acara berskala internasional. Oh ya, jika Sweet Couple ingin menikmati pertunjukan tari tradisional yang rutin dilakukan di GWK, tak usah membeli tiket lagi ya karena sudah termasuk dalam tiket masuk.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Garuda Wisnu Kencana

Siapa bilang di Garuda Wisnu Kencana hanya bisa melihat patung? Lebih dari itu loh Sweet Couple! Selain melihat patung monumen Garuda Wisnu Kencana yang luar biasa megahnya, di sini Sweet Couple juga bisa menyaksikan sejumlah atraksi budaya seperti tarian tradisional khas Bali yang rutin diadakan di sejumlah spot tertentu.

Tak hanya itu, Sweet Couple juga bisa berbelanja suvenir khas Bali yang tersedia di sejumlah toko suvenir di kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park. Lapar? Tinggal makan saja di salah satu restoran yang tersedia di sini. Pastinya jangan lupa berfoto dengan latar belakang monumen Garuda Wisnu Kencana ya!

Menikmati Panorama Bali dari Ketinggian di Garuda Wisnu Kencana

Yang paling fenomenal dari Monumen Garuda Wisnu Kencana Bali yaitu Sweet Couple bisa menyaksikan panorama pulau Bali bagian selatan dari ketinggian.

Baca Juga :  Indahnya Wisata Romantis Di Lombok

Pengunjung bisa memasuki monumen Garuda Wisnu Kencana sambil melihat berbagai informasi mengenai sejarah pembangunan Garuda Wisnu Kencana. Pemandangan Pulau Bali bagian selatan bisa dinikmati dengan leluasa dari monumen Garuda Wisnu Kencana karena memiliki ketinggian hingga 120 meter. Keren banget ya!

Gimana nih Sweet Couple? Siapa bilang di Garuda Wisnu Kencana cuma bisa lihat patung dan foto-foto aja? Banyak aktivitas dan hal yang bisa dilakukan selama berada di Garuda Wisnu Kencana Bali.

Pastinya kemegahan Garuda Wisnu Kencana ini luar biasa dan membuat siapapun ternganga. Penasaran? Langsung saja kunjungi sendiri ya Sweet Couple!

Garuda Wisnu Kencana
Lokasi: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364
Koordinat klik di sini
Jarak dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali: 11,9 km (20-30 menit berkendara)
Tempat wisata terdekat: Pantai Tegalwangi (5,5 km), Pantai Jimbaran (7,8 km), Pantai Dreamland (8 km), Pantai Balangan (8,3 km), Pura Luhur Uluwatu (11 km)

Harga Tiket Masuk: Rp125.000,00 (Dewasa), Rp100.000,00 (Anak-anak usia 5-12 tahun). Untuk anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun dan anak-anak dengan tinggi dibawah 100 cm, tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika ada anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun dan tinggi di atas 100 cm, maka dikenakan harga sesuai dengan anak-anak usia 5-12 tahun. Untuk memasuki monumen Garuda Wisnu Kencana dikenakan biaya Rp200.000,00 per orang
Website: https://www.gwkbali.com/
No. Telepon: +62 361 700 808

Leave a Reply