Gapura Hits Seantero Bali: Pura Lempuyang Luhur

Bali bisa dibilang sebagai pulau seribu pura. Bagaimana tidak? Hampir setiap sudut pulau Bali terdapat pura yang digunakan oleh umat Hindu untuk beribadah. Beberapa di antaranya memiliki daya tarik tersendiri sehingga dijadikan sebagai objek wisata unggulan di Bali. Salah satunya adalah Pura Lempuyang Luhur yang sedang naik daun di media sosial. Banyak orang berbondong-bondong mengunjungi Pura Lempuyang Luhur untuk berpose dan berfoto di sana. Seperti apa sih pesona Pura Lempuyang Luhur ini? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Pura Lempuyang Luhur
Lokasi: Bunutan, Abang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80852
Koordinat klik di sini
Tempat wisata terdekat: Bukit Cinta Pangi (8,9 km), Museum Pustaka Lontar Desa Wisata Dukuh Penaban (9,4 km), Tirta Gangga (10 km), Rumah Pohon Bukit Lemped (11 km), Rumah Pohon Temega (11,4 km), Taman Soekasada Ujung Water Palace (14,4 km), Pantai Amed (15,6 km), Pantai Prasi (19,1 km), Pantai Tulamben (19,8 km), Taman Harmoni Bali Bukit Asah (21,2 km),

Bukit Asah Desa Bugbug (21,2 km), Virgin Beach Karangasem Bali (21,9 km), Taman Bunga Teratai Candidasa (23,4 km), Pantai Candidasa (23,9 km)
Jarak dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali: 88,6 km (2 jam berkendara)
Harga: Tidak ada tiket masuk. Hanya ada tarif kendaraan Rp5.000,00 per kendaraan dan sewa sarung/kain seharga Rp10.000,00

Apa itu Pura Lempuyang Luhur?

Pura Lempuyang Luhur merupakan salah satu pura tertua dan paling dihormati di Bali. Status dan kedudukan Pura Lempuyang Luhur setara dengan Pura Besakih, pura paling dihormati di Bali. FYI, Pura Lempuyang Luhur dan Pura Besakih diyakini mempunyai status dan kedudukan yang lebih tinggi daripada pura lainnya di Bali loh Sweet Couple! Jadi, jangan sembarangan ya selama berada di sini.

Baca Juga :  Kenapa Jogja begitu Istimewa untuk menjadi Tempat Honeymoon?

Lokasi Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur terletak di wilayah timur pulau Bali. Lokasinya berada di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Pura Lempuyang Luhur ini bertempat di lereng Gunung Lempuyang dan merupakan satu komplek pura yang biasa disebut sebagai Pura Penataran Agung Lempuyang. Berada di wilayah pegunungan membuat Pura Lempuyang Luhur berudara sejuk dan berhawa dingin sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati panorama alam sekaligus kesegaran udara pegunungan.

Cara Mencapai Pura Lempuyang Luhur

Bila Sweet Couple ingin mengunjungi Pura Lempuyang Luhur, ada baiknya jika menyewa kendaraan karena jaraknya yang cukup jauh dari pusat wisata seperti Kuta, Legian, Ubud, Sanur, dan Nusa Dua. Sweet Couple bisa menyewa kendaraan seperti mobil dan motor yang banyak tersedia di seluruh penjuru Bali dengan biaya sewa kisaran mulai dari Rp70.000 per hari untuk motor dan Rp300.000,00 per hari untuk mobil. Untuk mencapai Pura Lempuyang Luhur, pengunjung  harus melalui tangga curam dengan lebih dari 1.700 anak tangga. Di sepanjang tangga, terkadang ada monyet penghuni hutan sekitar yang bisa diajak berinteraksi.

Jam Operasional Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur ini memiliki jam operasional selama 24 jam. Wah, jadi bisa leluasa dong datang ke sini? Eits, alasan dibukanya Pura Lempuyang Luhur selama 24 jam ini bukan untuk mengakomodir wisatawan wara-wiri ke sini ya. Hal tersebut untuk memfasilitasi para umat Hindu yang sering melakukan mekemit (menginap) di Pura Lempuyang Luhur.

Baca Juga :  8 Alasan Jogja Sangat Istimewa untuk Dikunjungi

Tiket Masuk Pura Lempuyang Luhur

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Lempuyang Luhur, tidak ada tiket khusus seperti di tempat wisata pada umumnya. Hal ini mengingat Pura Lempuyang Luhur didesain untuk tempat peribadatan, bukan tempat wisata. Namun, wisatawan yang datang ke sini hanya akan dikenakan pungutan parkir mobil dengan tarif Rp5.000,00 per mobil.

Fasilitas di Pura Lempuyang Luhur

Di Pura Lempuyang Luhur, tersedia fasilitas standar seperti toilet/WC dan warung makanan ringan serta minuman. Namun, jika ingin menginap di penginapan, maka tidak tersedia karena Pura Lempuyang Luhur didesain sebagai tempat ibadah seutuhnya serta adanya aturan mengenai larangan pendirian tempat akomodasi wisata dalam radius tertentu dari pura-pura besar dan khusus.

Aturan Selama Mengunjungi Pura Lempuyang Luhur

Ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Pura Lempuyang Luhur, mengingat pura ini merupakan salah satu pura yang paling disakralkan di Bali yaitu:

  • Dilarang menggunakan pakaian terbuka
  • Dilarang berciuman
  • Dilarang menggunakan drone
  • Wajib menggunakan kain dengan panjang minimal selutut. Jika tidak membawa kain, maka bisa menyewa kain di pintu masuk seharga Rp10.000,00
  • Tidak diperkenankan membawa makanan
  • Dilarang masuk pura bagi wanita yang sedang haid/datang bulan

Keindahan di Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur yang sakral dan megah ini memiliki keindahan yang luar biasa. Letaknya yang berada di lereng gunung membuatnya dianugerahi pemandangan alam yang indah. Sepanjang perjalanan menuju Pura Lempuyang Luhur, Sweet Couple akan disuguhkan oleh pemandangan hutan yang masih asri dengan kawanan monyet di sekitarnya. Saat sudah berada di kawasan pura, Sweet Couple akan disajikan oleh arsitektur pura dan candi yang megah dengan ornamen tradisional khas Bali. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah Spot Candi Bentar atau Gate of Heaven yang menjadi primadona di Pura Lempuyang Luhur. Dar sini, Sweet Couple juga bisa menyaksikan pemandangan Gunung Agung loh! Keren banget ya!

Baca Juga :  3 Pulau Di Sekitar Bali Yang Patut Dikunjungi

Kekurangan dari Pura Lempuyang Luhur

Jika ditanya mengenai kekurangan dari Pura Lempuyang Luhur ini, maka rasanya sulit sekali untuk menyebutkannya karena hampir tidak ada. Semuanya terlihat indah dah menawan. Mungkin yang cukup mengganggu adalah antrian pengunjung untuk berfoto di spot Gapura Candi Bentar atau Gate of Heaven yang cukup panjang dan lama. Maklum, spot ini sangat terkenal di Instagram sehingga banyak orang yang berkunjung ke Pura Lempuyang Luhur untuk berfoto di spot Gate of Heaven. Yang paling penting, cukup bersabar saja, taati aturan, dan enjoy the moment ya Sweet Couple!

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pura Lempuyang Luhur Bali. Dengan pesona keindahan, kemegahan, dan kesakralannya, tak heran jika Pura Lempuyang Luhur menjadi salah satu destinasi yang layak dikunjungi selama di Bali. Walau demikian, tetap jaga etika dan sikap selama berkunjung ke sini karena Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu pura tempat ibadat umat Hindu yang sangat disakralkan di Bali. Wisatawan cerdas adalah wisatawan yang bisa menghormati adat istiadat dan aturan yang berlaku di setiap tempat. Bener banget kan Sweet Couple?

Leave a Reply