Hidden Gems Wisata Alam Bandung

Pesona Bandung memang menarik banyak orang. Tak heran jika Bandung menjadi destinasi wisata ramai dikunjungi terutama saat akhir pekan dan libur. Dengan udaranya yang sejuk, tempat wisatanya yang kekinian, dan alamnya yang indah serta suasana romantis, bikin siapapun jatuh hati dengan Bandung.

Bandung ternyata memiliki beberapa hidden gems alias spot-spot wisata yang jarang diketahui orang-orang loh. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan hidden gems di Bandung berikut ini!

Situs Stone Garden Padalarang

Hidden Gems pertama di Bandung adalah Situs Stone Garden Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Sesuai dengan namanya, Stone Garden Padalarang menampilkan pesona alam berupa bebatuan-bebatuan di puncak gunung yang sudah ada dari zaman purbakala.

Di sini, Sweet Couple bisa mengetahui bahwa dulunya kawasan Bandung Raya merupakan danau purba dari bukti-bukti ilmiah yang ditemukan seperti adanya cangkang kerang, moluska, dan lain sebagainya. Sweet Couple juga bisa menikmati pemandangan Bandung dengan pegunungan di sekelilingnya dari sini.

Stone Garden Padalarang
Lokasi:
 Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 25,4 km (1 jam 2 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Rp3.000,00
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 08.00-17.00 WIB

Bukit Moko

Hidden Gems di Bandung berikutnya adalah Bukit Moko. Berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, Bukit Moko merupakan tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Suasana semakin romantis saat malam tiba dengan adanya cahaya lampu kota Bandung di kejauhan. Hidden Gems ini cocok untuk Sweet Couple yang ingin menikmati suasana romantis di Bandung saat malam hari.

Bukit Moko
Lokasi:
 Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40197
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 16,1 km (54 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Rp15.000,00
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 05.00-20.00 WIB

Perkebunan Teh Rancabali

Di kawasan Bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey juga terdapat hidden gems yang sangat memanjakan mata wisatawan kala berkunjung ke Bandung yaitu Perkebunan Teh Rancabali.

Baca Juga :  Things to do in Lombok: Aktivitas di Lombok

Pemandangannya indah dan sangat menyegarkan dengan hamparan kebun teh yang menghijau bagaikan permadani. Cobalah untuk melipir sejenak dan menikmati suasana perkebunan teh nan asri ini. Dijamin bikin tenang!

Perkebunan Teh Rancabali
Lokasi:
 Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 46,2 km (1 jam 40 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Rp5.000,00
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 07.00-17.00 WIB

Taman Wisata Alam Maribaya

Ingin hidden gems yang mudah dijangkau di Bandung? Cobalah ke Taman Wisata Alam Maribaya. Di sini, Sweet Couple bisa menikmati suasana Bandung yang alami dengan pesona air terjun dan pemandian air panasnya.

Tak hanya itu, tersedia juga Maribaya Resort yang bisa Sweet Couple inapi untuk menikmati suasana hidden gems ini lebih lama. Sweet Couple juga bisa berkunjung ke Tamah Hutan Raya Ir.H.Juanda yang terletak dekat hidden gems ini.

Taman Wisata Alam Maribaya
Lokasi:
 Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 15 km (56 menit berkendara)
Harga tiket masuk:  Weekdays Rp. 25.000,- /orang. Weekend Rp. 35.000,- /orang dapat benefit Mineral Botol / Pie Susu (Harus pilih salah satu). Weekdays & Weekend Wisatawan Asing (Mancanegara) Rp. 45.000,- /orang. Untuk Usia 5 tahun ke atas bayar penuh, di bawah 5 tahun gratis.
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 08.00-22.00 WIB

Situ Patenggang

Hidden Gems lainnya yang patut dikunjungi di Bandung adalah Situ Patenggang. Terletak di kawasan Rancabali, Bandung, Situ Patenggang menawarkan suasana Bandung yang alami dan asri.

Di sini, terdapat danau atau situ yang memiliki kisah cinta romantis antara Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis. Pemandangan sekelilingnya masih alami dengan pepohonan dan bukit. Oh ya, katanya bisa bertemu cinta sejati loh di sini. Tertarik untuk berkunjung ke hidden gems ini saat di Bandung?

Baca Juga :  Gapura Hits Seantero Bali: Pura Lempuyang Luhur

Situ Patenggang
Lokasi:
 Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 49,9 km (1 jam 51 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Domestik Rp18.000,00 (Weekdays), Rp20.000,00 (Weekend dan Hari Libur) | WNA Rp 135.000 (Weekdays), Rp185.000,00 (Weekend dan Hari Libur)
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 08.00-20.00 WIB

Kampung Cai Ranca Upas

Buat Sweet Couple yang senang camping dan ingin lebih menyatu dengan alam, ada hidden gems di Bandung yang bisa dikunjungi yaitu Kampung Cai Ranca Upas.

Di sini, Sweet Couple bisa berkemah sambil menikmati dinginnya Bandung terlebih lagi kala pagi hari yang dipenuhi kabut. Suasana di sini jadi terasa begitu magis. Tak hanya itu, Sweet Couple juga bisa berinteraksi dengan rusa yang ditangkarkan di sini. Benar-benar hidden Gems di Bandung yang bikin kita menyatu dengan alam ya.

Kampung Cai Ranca Upas
Lokasi:
Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 44,2 km (1 jam 43 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Senin – Jumat: Rp10.000 | Sabtu – Minggu: Rp15.000. Bila Anda ingin menginap dan berkemah di sini, biaya sewa tenda mulai dari Rp150.000 (kapasitas 3 orang). Jika Anda membawa kendaraan, maka untuk kendaraan roda dua akan dikenai biaya Rp2.000, sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp5.000.
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam

Kawah Rengganis Ciwidey

Bosan dengan Kawah Putih dan Kawah Tangkubanperahu? Cobalah berkunjung ke Kawah Rengganis Ciwidey. Kawah Rengganis Ciwidey menjadi salah satu hidden gems di Bandung yang memiliki pesona luar biasa.

Di sini, Sweet Couple bisa merasakan sensasi berendam di kolam pemandian air panas alami ala onsen Jepang. Rasanya seperti spa yang menyatu dengan alam. Kandungan belerangnya diyakini mampu melawan dan mengobati penyakit loh. Sungguh hidden gems yang bakal bikin kita berasa lebih sehat di Bandung ya!

Baca Juga :  8 Alasan Jogja Sangat Istimewa untuk Dikunjungi

Kawah Rengganis
Lokasi:
 kp rengganis, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 53,5 km (1 jam 58 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Rp5.000,00
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 08.00-17.00 WIB

Curug Tilu

Ngomongin wisata alam di Bandung, tak lengkap rasanya kalau tidak membahas curug alias air terjun. Salah satu hidden gems air terjun atau curug di Bandung adalah Curug Tilu yang terletak di kawasan Rancabali, Bandung.

Curug Tilu ini nampak begitu cantik dengan bentuk bebatuan yang berundak-undak dan air jernih yang mengalirinya. Cocok banget untuk refreshing kala berada di Bandung.

Curug Tilu
Lokasi:
Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 47,2 km (1 jam 46 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Rp10.000,00
Jam Operasional: Setiap hari Pukul 08.00-17.00 WIB

Perkebunan Teh Cukul Pangalengan

Satu lagi perkebunan teh yang menjadi hidden gems di Bandung yakni Perkebunan Teh Cukul Pengalengan. Suasananya sangat sejuk dengan pemandangan hamparan teh yang menghijau dan membentang luas.

Rasakan deburan angin kala menyusuri perkebunan teh ini, hmmmmm nikmat sekali bukan? Tak hanya itu, terdapat pula Situ Cukul yang berada di kawasan Perkebunan Teh Cukul ini. Rasanya hidden gems di Bandung bakal bikin hati, badan, dan pikiran tenang ya Sweet Couple.

Perkebunan Teh Cukul Pengalengan
Lokasi:
Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378
Koordinat klik di sini
Jarak dari Stasiun Bandung: 56,4 km (2 jam 4 menit berkendara)
Harga tiket masuk: Rp5.000,00-10.000,00
Jam Operasional: Setiap hari

Itulah rekomendasi hidden gems wisata alam yang ada di Bandung. Semuanya cakep banget untuk dikunjungi kala berlibur di Bandung. Pastinya juga bikin kita lebih dekat dengan alam dan cocok untuk refreshing. Siap untuk menjelajahi hidden gems Bandung?

Leave a Reply