Candi Borobudur, Destinasi Wisata Keajaiban Dunia

Candi Borobudur merupakan Tempat Wisata di Jawa Tengah sekaligus salah satu Keajaiban Dunia (Wonders of the World). Di tengah banyaknya tempat wisata kekinian yang baru muncul, kepopuleran Borobudur tidak pernah sirna.

Sebagai salah satu Keajaiban Dunia, destinasi wisata di Magelang yang satu ini pastinya sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Banyak wisatawan yang berdatangan dari berbagai negara untuk mengeksplorasi keindahan Candi Budhha terbesar di dunia.

Sejarah

Candi Borobudur merupakan monumen warisan dari Dinasti Syailendra. Dilansir dari Borobudur Park, candi ini dibangun pada masa Dinasti Syailendra antara tahun 780 dan 840 SM.

Borobudur dibangun untuk ritual suci kepercayaaan Buddha dan tempat ziarah. Bangunan besar tersebut ditemukan oleh pihak Inggris di bawah kepemimpinan Sir Thomas Stanford Raffles pada tahun 1814.

Lokasi

Candi Borobudur berada di Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Secara geografis, tempat wisata ini sebenarnya berada di kawasan Magelang. Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa Borobudur berada di Yogyakarta.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata Jakarta Terbaik untuk Hunting Foto

Harga Tiket Candi Borobudur

Harga tiket masuk Candi Borobudur adalah Rp50.000 untuk orang dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Rombongan pelajar atau mahasiswa akan mendapatkan diskon 20 persen dengan ketentuan minimal 20 orang.

Sementara itu, wisatawan mancanegara dikenakan tarif seharga 20 dollar AS atau setara dengan harga Rp350.000 per orang (dewasa). Kalau anak-anak non-WNI dikenakan tarif 15 dollar atau Rp210.000.

Jam Operasional

Candi Borobudur dibuka setiap hari mulai pukul 06.30 sampai 16.30 WIB. Pengunjung disarankan untuk datang pada pagi hari agar terhindar dari teriknya sinar matahari.

Pilihan lainnya adalah berkunjung pada sore hati. Namun, Anda harus memastikan bahwa sekitar jam 4 sore sudah tiba di puncak stupa sebelum kawasan wisata ditutup.

Banyak juga wisatawan yang naik ke puncak Borobudur sekitar jam 3 sampai 4 sore untuk mengambil potret saat golden hour.

Pada awal Juni 2022 beredar kabar bahwa harga tiket Candi Borobudur akan naik menjadi 750.000. Wacana tersebut sebenarnya akan berlaku untuk wisatawan yang berkunjung hingga naik ke stupa candi. Namun, rencana kenaikan harga tiket masuk Borobudur belum diresmikan.

Rekomendasi Aktivitas dan Objek Wisata di Borobudur

Gambar diambil dari Pexels.com/@imageriesnap/

1. Menjelajahi Seluruh Area Candi

Luasnya kawasan Borobudur memberikan tantangan tersendiri bagi setiap wisatawan untuk mengitari setiap area. Terdapat 504 arca Buddha yang menghiasi setiap dinding candi.

Baca Juga :  Pantai Mutun, Pesona Pantai Pasir Putih di Lampung

Di bagian puncak candi, Sweet Couple akan menemukan stupa terbesar di tengah dan dikelilingi 72 stupa kecil. Pemandangan inilah yang memberikan daya tarik spesial tempat wisata ini di mata setiap wisatawan.

2. Mengabadikan Foto di Berbagai Spot Terbaik

Bukan hanya tempat wisata Instagrammable saja yang biasa digunakan untuk hunting foto. Tempat wisata bersejarah ini juga tampak indah untuk diabadikan dalam berbagai potret.

Setiap relief memiliki bentuk yang unik dan menarik. Bila berfoto di setiap spot, Sweet Couple harus berhati-hati untuk tidak menyentuh area-area yang diberikan pembatas.

3. Menyaksikan Sunset dari Puncak Borobudur

Ketinggian Candi Borobudur membuat Anda dapat menyaksikan sunset dengan jelas. Menyaksikan detik-detik terbaik terbenamnya matahari dari puncak stupa merupakan aktivitas yang paling menarik untuk dicoba.

Masih ada banyak aktivitas menarik lainnya di Borobudur, seperti menjelajahi kuliner di sekitarnya, berburu oleh-oleh, dan lain sebagainya.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini