Candi Gedong Songo, Wisata Bersejarah di Semarang

Provinsi Jawa Tengah termasuk salah satu pusat peninggalan sejarah dan budaya Hindu di Indonesia. Bukti nyatanya dapat dilihat dari berbagai kompleks candi yang kini menjadi tempat wisata.

Salah satu tempat wisata di Semarang yang merupakan peninggalan sejarah awal masuknya umat Hindu adalah Candi Gedong Songo.

Situs bersejarah ini termasuk rekomendasi destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, mulai dari harga tiket hingga objek wisata yang menarik!

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Lokasi

Candi Gedong Songo berada di Desa Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Candi ini terletak di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian mencapai 1.200 mdpl. Udara di kawasan ketinggian ini cukup sejuk.

Harga Tiket Masuk

Tarif tiket wisata di tempat ini terjangkau. Sweet Couple hanya perlu membayar 10 sampai 15 ribu rupiah. Bahkan, candi ini termasuk tempat wisata di Semarang dengan tarif tiket yang murah.

Jam Operasional

Jam buka Candi Gedong Songo dimulai dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB. Pagi dan sore hari adalah waktu yang disarankan untuk pengunjung datang ke sini untuk menghindari teriknya matahari.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Jawa Timur yang Paling Recommended untuk Liburan

Rekomendasi Aktivitas Saat Berkunjung ke Candi Gedong Songo

Gambar diambil dari Instagram.com/amazingsemarang/

Inilah beberapa rekomendasi aktivitas yangg dapat Anda lakukan saat berkunjung ke Tempat Wisata ini.

Menjelajahi Setiap Bangunan Candi

Candi Gedong Songo terdiri dari 5 gedong atau kumpulan candi. Dua candi di antaranya terletak di sisi timur bukit, 2 di utara, dan 1 lainnya di sebelah barat.

Setiap candi memiliki ketinggian dan bentuk yang berbeda. Candi I berada di ketinggian 1.208 mdpl, yang di dalamnya terdapat yoni tanpa lingga, yang merupakan simbol kejantanan dan kesuburan, dengan puncak yang sudah terlihat rusak.

Candi II berada di ketinggian 1.297 mdpl dengan bangunan yang masih utuh. Di depan candi terdapat bangunan yang diduga oleh para ahli sebagai bangunan candi perwara atau candi kecil di depan candi induk.

Candi III terdiri dari tiga candi yang masih utuh dan terdapat candi perwara. Candi ini memiliki stupa di bagian atapnya. Candi ini juga menggunakan makara atau arca berbentuk kepala gajah.

Hunting Foto

Aktivitas berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah berburu spot fotogenic. Arsitektur Candi Gedong Songo memang unik dan menarik. Sweet Couple dapat menyusuri setiap kompleks dan berpose di depan bangunan-bangunan tersebut.

Baca Juga :  Transportasi ke Karimun Jawa yang Paling Praktis

Itulah ulasan lengkap mengenai Candi Gedong Songo. Jangan lupa juga untuk mengeksplorasi keindahan destinasi wisata lainnya di kawasan Gedong Songo, yaitu Ayana Gedong Songo dan Vanaprastha Gedong Songo!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Ulasan disadur dari Kompas.com