Keindahan Cappadocia, Destinasi Wisata Balon Udara di Turki

Cappadocia mendadak viral dan menjadi perbincangan warganet di Indonesia sejak tayangnya serial Layangan Putus yang diperankan oleh Putri Marino dan Reza Rahadian. Sweet Couple pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu dialog Kinan, “It’s my dream, Mas. Not hers!”

Adegan saat Kinan (Putri Marino) meluapkan kekesalannya pada Aris (Reza Rahadian) yang mengajak selingkuhannya berlibur ke kota impian Kinan, yaitu Cappadocia membuat penonton turut geram. Kira-kira seperti apa ya pemandangan kota tersebut?

Lokasi

Cappadocia atau Kapadokia merupakan sebuah daerah bersejarah yang terletak di Anatolia Tengah, provinsi Nevsehir, Turki. Wilayah Kapadokia sebenarnya mencakup daerah dari Pegunungan Taurus ke wilayah Euxine, dengan batas selatan rangkaian pegunungan Taurus yang memisahkannya dari daerah Kilikia, batas timur hulu Sungai Efrat dan dataran tinggi Armenia, batas utara Pontus, dan batas barat Likaonia serta bagian timur Galatia.

Sejarah Cappadocia, Daerah Cerobong Peri

Dilansir dari Daily Sabah, daerah Kapadokia terbentuk dari letusan gunung berapi, yaitu Gunung Erciyes dan Hasan sehingga membentuk lanskap yang unik. Fenomena geologis di Kapadokia membuat tempat ini dijuluki sebagai daerah Cerobong Peri.

Baca Juga :  5 Curug di Bogor dengan Keindahan yang Alami

Dilansir dari Alindrahaqeem, Kapadokia saat Masa Perunggu dikenal dengan sebutan Hatti. Wilayah tersebut pada waktu itu berada di bawah kekuasaan Hittite, tepatnya saat masa kekaisaran Hattusa.

Setelah runtuhnya kekaisaran Hittite di abad ke-6, penduduk di Kapadokia sempat mengalami perbudakan. Pada masa Kekaisaran Persia, kerajaan Kapadokia menjalani kehidupan yang makmur di bawah kekuasaan Alexander the Great.

Saat ini Cappadocia terdiri beberapa kota, termasuk Nevsehir, Aksaray, Nigde, Kayseri, dan Kersehir. Wilayah Fairy Chimneys dan wisata bersejarah yang banyak dikunjungi turis berada di kawasan yang mencakup Uchisar, Urgup, Avanos, Goreme, Derinkuyu, Kaymakli, dan Ihlara.

Wahana dan Objek Wisata

1. Wisata Balon Udara

Daya tarik utama yang membuat Cappadocia menjadi destinasi wisata global adalah wahana balon udara dengan panorama alam yang indah. Wahana ini dapat Sweet Couple temukan di Goreme National Park.

Anda akan diajak untuk menyaksikan keindahan panorama alam Kapadokia dari udara ketinggian, terutama saat matahari terbit.

2. Kastil Uchisar

Gambar diambil dari Instagram.com/friacomino/

Sweet Couple juga bisa menyaksikan detik-detik terbaik terbenamnya matahari di Kastil Uchisar. Kastil ini terbentuk dari batu-batuan dengan ketinggian 60 meter. Di tempat ini, Anda akan menemukan banyak batuan peri cerobong asap yang merupakan ciri khas dari peninggalan fenomena alam di Kapadokia.

Baca Juga :  Pantai Mutun, Pesona Pantai Pasir Putih di Lampung

3. Gerome Open Museum

Gerome Open Museum merupakan semacam kawasan atau komplek gereja kuno dan biara yang didirikan sejak abad ke-3. Cappadocia memang terkenal sebagai pusat peradaban dan wilayah bersejarah di Turki. Bangunan-bangunan tersebut memiliki gaya yang unik dan tampak kokoh.

4. Museum Guray

Gambar diambil dari Instagram.com/guraymuseum/

Objek wisata yang berikutnya adalah museum dengan koleksi tembikar, yaitu Guray Museum. Guray ternyata merupakan museum keramik pertama di dunia sekaligus satu-satunya museum keramik bawah tanah. Ruangan-ruangannya terbuat dari batu pahatan yang kokoh.

Itulah beberapa objek wisata di Cappadocia yang menarik untuk dikunjungi. Ternyata pesona Kapadokia tidak hanya berasal dari wahana naik balon udara saja. Sweet Couple dapat menikmati wisata budaya ala Turki yang paling menakjubkan. Selamat berlibur!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari Travel Detik