Rekomendasi 3 Cara ke Labuan Cermin Paling Praktis

Sweet Couple punya rencana ke Labuan Cermin? Jika ya, maka tentu Anda ingin tahu cara ke Labuan Cermin. Mulai dari akses jalan dan transportasinya. Tanpa mengetahui hal ini, sulit rasanya untuk mewujudkan rencana tersebut.

Berlokasi di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Labuan Cermin menawarkan keindahan alam berupa danau dengan air sebening cermin. Suasananya alami karena masih dikelilingi oleh hutan.

Ada yang mengatakan bahwa akses ke tempat wisata Labuan Cermin ini sulit. Namun, ada pula yang mengatakan saat ini akses sudah jauh lebih mudah ketimbang beberapa tahun silam. Pastinya jadi makin bertanya-tanya, manakah yang benar?

Gunakan aplikasi Sweetrip Indonesia untuk membaca resep lebih mudah
Unduh

Artikel Terkait:

Daripada bertanya-tanya, yuk langsung saja simak ulasan lengkap cara ke Labuan Cermin berikut ini.

Cara ke Labuan Cermin 1: Pesawat

Cara menuju ke Danau Labuan Cermin yang termudah tentu saja menggunakan pesawat. Namun, bukan berarti sekali terbang langsung tiba di tempat tujuan ya. Ada perjuangan yang harus dilakukan sebelum tiba di destinasi wisata unggulan Kalimantan Timur tersebut.

Pertama, Sweet Couple harus naik pesawat dari kota manapun menuju Balikpapan. Selanjutnya, dari Balikpapan berganti dengan pesawat ukuran kecil tujuan Bandara Kalimarau, Berau. Untuk pilihan pesawat, cukup bervariasi terutama tujuan Balikpapan yang dilayani maskapai besar dari berbagai kota di tanah air.

Baca Juga :  Tempat Wisata dekat Hotel Seruni Puncak Gunung Gede

Setibanya di Bandara Kalimarau, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil sewaan atau travel menuju Biduk-Biduk. Perjalanan dari bandara yang berada di Tanjung Redeb ini hingga Biduk-Biduk memakan waktu selama 5 hingga 7 jam. Kondisi jalan ada yang rusak sehingga Anda harus berhati-hati.

Sesampainya di Biduk-Biduk, jangan lupa mencari tempat persewaan motor karena Anda masih harus menempuh jarak 3-4 km hingga tiba di dermaga perahu menuju Labuan Cermin.

Akhirnya, Anda akan tiba di dermaga dan menyewa perahu di sana secara perorangan maupun rombongan sesuai dengan harga yang disepakati. Biaya sewa rata-rata sebesar Rp100.000,00 per kapal. Itu semua sudah termasuk bensin, floaties, dan pengemudi perahu yang akan menunggui Anda bermain air sampai puas.

Bagaimana? Masih tertarik menuju ke sini? Tenang, walau terlihat sambung-menyambung tapi tetap seru kok. Semua akan terbayar ketika tiba di tempat tujuan.

Cara ke Labuan Cermin 2: Kapal

Mau cara ke Labuan Cermin yang beda? Sweet Couple bisa menggunakan kapal. Dari kota manapun, carilah pelayaran menuju ke Pelabuhan Tanjung Redeb. Selanjutnya, Anda perlu menyewa mobil dari sana hingga ke Biduk-Biduk.

Sesampainya di Biduk-Biduk, Anda perlu menyewa motor hingga dermaga. Di dermaga, langsung saja sewa perahu berserta pengemudinya hingga tibalah Anda di Danau Labuan Cermin.

Baca Juga :  Penginapan di Ujung Genteng yang Dekat dengan Tempat Wisata

Cara ini lebih lama tentunya ketimbang dengan pesawat sehingga direkomendasikan untuk yang memiliki waktu sangat luang. Namun, jika ingin mencoba sensasi petualangan baru, boleh banget loh dicoba.

Cara ke Labuan Cermin 3: Mobil

Adakah cara yang lebih gila untuk mencapai Labuan Cermin? Anda bisa berkendara dengan mobil untuk mencapainya. Tentunya, Anda harus memasukkan mobil ke dalam kapal yang menuju ke Balikpapan atau Tanjung Redeb terlebih dahulu. Selanjutnya, tinggal ikuti jalan menuju ke Biduk-Biduk hingga tiba di Labuan Cermin.

Pastinya perjalanan akan sangat lama apalagi melintasi kawasan Kalimantan yang masih banyak hutan dan perkebunan. Cara ini memang penuh tantangan dan menguras energi, tetapi bisa dicoba untuk Sweet Couple yang senang mencari tantangan baru.

Itulah 3 rekomendasi cara ke Labuan Cermin yang bisa Anda coba. Mau pilih yang mana nih kira-kira? Apapun itu, pertimbangkan segala kelebihan dan kekurangannya ya agar sesampainya di sana Anda tetap bisa menikmati keindahan destinasi wisata tersebut.

Selamat berwisata!

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari prawitaindah.com, dolanyok.com, mytrip.co.id, surgawisataindonesia.wordpress.com